Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Jadi Perawat? Cuma Universitas Binawan Tempatnya!

2022-08-31

binawan-alasan-kuliah.jpg

Gedung Universitas Binawan. Source: binawan.ac.id

Jangan salah dalam memilih perguruan tinggi tempat kamu melanjutkan pendidikan. Sebab, hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas pendidikan yang akan kamu jalani apalagi untuk menjadi seorang perawat yang berkualitas. Memilih perguruan tinggi yang berkualitas adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Berkualitas ini dapat dilihat dari aspek fasilitas sarana dan prasarana, kualitas akademik, tenaga pendidik, dan lain sebagainya.

Salah satu perguruan tinggi berkualitas yang sejak lama telah menyelenggarakan pendidikan di bidang kesehatan adalah Universitas Binawan. Kenapa kuliah di Binawan? Berikut penjelasannya.

Apa itu Universitas Binawan serta sejarahnya

Sebelum kamu masuk ke kenapa kamu harus kuliah di Binawan, ada baiknya kamu tahu dulu tentang kampus satu ini. Pada awalnya, Universitas Binawan didirikan oleh Yayasan Binawan pada tahun 2000. Selanjutnya, Yayasan Binawan mendirikan atau menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan rumpun ilmu terapan dan sains serta sekolah-sekolah pendidikan kejuruan dan kursus-kursus keahlian di bidang kesehatan. Sebelumnya Universitas Binawan bernama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Binawan yang selanjutnya berubah menjadi Universitas Binawan karena memiliki berbagai bidang keilmuan di dalamnya.

Pada awal berdirinya, Universitas Binawan merupakan perguruan tinggi yang berfokus di bidang pendidikan kesehatan seperti keperawatan dan kebidanan. Namun seiring berjalannya waktu, Universitas Binawan menambah program studi dan fakultas di luar bidang kesehatan seperti Program Studi Manajemen dan Bisnis Digital yang diwadahi ke dalam Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial.

Meskipun demikian, hal tersebut masih termasuk ke dalam satu kesatuan. Sebab, dalam dunia kesehatan juga diperlukan kemampuan manajerial yang baik serta pemahaman bisnis digital guna mengikuti perkembangan teknologi untuk menghindari ketertinggalan khususnya di bidang teknologi kesehatan.

Perguruan tinggi yang telah berdiri sejak dua dekade yang lalu ini sukses melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas, termasuk di antaranya telah bekerja di berbagai perusahaan dan instansi internasional. Kesuksesan tersebut juga dibuktikan dengan konsistensi Universitas Binawan dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi hingga saat ini.

Fasilitas Universitas Binawan

Alasan pertama kenapa kuliah di Binawan adalah karena fasilitas yang disediakan. Salah satu aspek penting perguruan tinggi yang berkualitas adalah aset fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang tersedia dapat membantu mahasiswa dalam mengasah keterampilannya terutama di bidang kesehatan. Universitas Binawan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas kesehatan yang terbilang cukup canggih. Di antaranya adalah laboratorium medis atau klinik tempat mahasiswa melakukan diagnostik.

Dengan mempelajari dan mempraktikkan setiap fasilitas yang disediakan, mahasiswa pastinya telah siap untuk turun langsung menghadapi pekerjaan sebagai tenaga kesehatan pasca lulus pendidikan.

Selain fasilitas praktikum, Universitas Binawan juga memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap. Sehingga hal ini dapat memudahkan mahasiswa dalam menambah pengetahuan sesuai dengan bidang studinya.

Keuntungan Berkuliah di Universitas Binawan

Alasan kedua kenapa kamu kuliah di Universitas Binawan adalah karena berbagai keuntungan yang diterima. Adapun keuntungan yang diberikan Universitas Binawan tidak bisa kamu dapatkan di perguruan tinggi lain seperti sarana dan prasarana serta koneksi internasional. Berikut daftar keuntungan yang akan kamu dapatkan:

Metode belajar modern

Kenapa kuliah di Binawan? Sebab metode pembelajaran menerapkan metode belajar modern. Universitas Binawan terus mengikuti perkembangan teknologi khususnya dalam kegiatan belajar-mengajar. Kamu bisa mengikuti kelas secara online dengan menerapkan sistem e-learning. Metode ini dapat mempermudah mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara daring.

Selain memudahkan, metode belajar yang satu ini terkesan lebih praktis dan efisien terutama untuk menghindari virus. Sebab, mahasiswa tidak perlu datang ke kampus. Hanya perlu membuka laptop atau smartphone, maka kamu sudah bisa menjalankan perkuliahan dengan sistem daring.

Program studi unggulan dan bervariatif

Sejak awal berdirinya sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes), Universitas Binawan memiliki program studi unggulan di bidang kesehatan. Program studi tersebut antara lain S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan, S1 Gizi, S1 Farmasi, dan masih banyak lainnya.

Selain program studi unggulan di bidang kesehatan, Universitas Binawan juga menyelenggarakan pendidikan di bidang Bisnis dan Ilmu Sosial yang diwadahi ke dalam Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial. Fakultas tersebut memiliki empat pilihan program studi yakni S1 Manajemen, S1 Bisnis Digital, S1 Kesejahteraan Sosial, dan S1 Psikologi.

Memiliki Partner Kerja Sama Internasional

Mahasiswa Universitas Binawan tidak hanya mendapatkan pengalaman di dalam kampus saja. Karena Binawan menerapkan kurikulum internasional, hal itu juga memperluas network dan koneksi Binawan dengan kampus-kampus dan instansi yang ada di penjuru dunia.

Kerjasama tersebut seperti mendatangkan dosen tamu internasional, memberikan kesempatan mahasiswa untuk bisa magang dan bekerja di luar negeri. Dengan demikian, materi yang didapat tidak hanya bertaraf nasional, tetapi juga internasional. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak mahasiswa kuliah di Universitas Binawan.

Memungkinkan berkarier di kancah internasional

Salah satu alasan utama kuliah di Universitas Binawan adalah adanya kesempatan untuk berkarir di kancah internasional. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Universitas Binawan telah bekerja sama dengan partner international. Hal ini membuka peluang bagi kamu yang berkeinginan untuk meniti karier di dunia internasional. Universitas Binawan memiliki visi untuk dapat bersaing di kancah global sehingga kamu benar-benar dipersiapkan untuk itu.

Ditambah, kebutuhan tenaga kesehatan begitu besar dalam skala internasional. Beruntungnya, Indonesia adalah salah satu negara dengan tenaga kesehatan terbaik. Sehingga, kamu dapat dengan mudah berkompetisi dalam dunia global di bidang kesehatan.

Itu dia pentingnya kenapa kuliah di Binawan. Selain fasilitasnya yang lengkap, Universitas Binawan menawarkan sederet keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan di kampus lain. Apabila kamu mengalami kendala dari segi pembiayaan, Danacita menawarkan solusi untuk mempermudah dan meringankan beban tersebut. Informasi selengkapnya klik di sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

universitas binawan alasan kuliah di universitas binawan binawan
Default Avatar

Written By

Esa Tauran