Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Kuliah Di FEB UGM? Pelajari Fakultas dan Jurusannya

2022-08-31

Mengenal-FEB-UGM.jpg

Gedung FEB UGM. Source: ugm.ac.id

Siapa sih yang ngga kenal sama Universitas Gajah Mada? Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 1949. Kampus dengan almamater cokelat ini memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan. Hingga saat ini UGM terus menduduki peringkat teratas kampus terbaik yang ada di Indonesia. Selain itu, tahukah kamu bahwa di Universitas Gadjah Mada terdapat Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang telah berdiri sejak tahun 1955. Berikut informasinya.


1. Latar Belakang FEB UGM

Sebelum kita masuk ke jurusan yang tersedia di FEB UGM, ada baiknya kita pelajari dulu latar belakangnya. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada sebelumnya bernama Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada yang telah berdiri tertanggal 19 September 1955. FEB UGM merupakan fakultas ekonomi negeri ketiga yang ada di Indonesia. Perubahan nama Fakultas Ekonomi UGM menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM didasari atas pandangan fakultas tentang penggunaan istilah yang berlaku secara internasional. Sekaligus hal tersebut dapat memudahkan UGM dalam beradaptasi dengan komunitas Ekonomi dan Bisnis internasional demi menggapai tujuan Go International.

Bersamaan dengan tujuan tersebut, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada terus melakukan misi dalam meningkatkan standar mutu pendidikan dan penelitian dengan cara mengikutsertakan diri menjadi anggota sekolah bisnis tingkat dunia. Dalam merealisasikan tujuannya, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM telah terdaftar dalam keanggotaan AACSB International atau The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) pada 10 Maret 2006. Hingga pada akhirnya, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM berhasil meraih akreditasi AACSB International dan menjadi sekolah bisnis yang terakreditasi pertama di Indonesia pada 12 Mei 2014.


2. Lokasi Kampus, Dan Sejarah

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada memiliki perjalanan panjang sebelum akhirnya berpusat di Jalan Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur, Yogyakarta.

Pada awalnya, pendidikan dan pengajaran ekonomi di Universitas Gadjah Mada dilaksanakan oleh Jurusan Ekonomi yang dikoordinasi oleh Bagian Hukum, Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (Fakultas HESP).

Kemudian pada tahun 1952/1953 turun Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 29512/Kab., mengenai status “Jurusan” untuk pengajaran ekonomi telah ditingkatkan menjadi “Bagian” pada Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (Fakultas HESP).

Mengikuti perkembangan selanjutnya, Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (HESP) akhirnya dipecah menjadi tiga fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Sosial dan Politik yang masing-masing menempati Pagelaran Keraton Yogyakarta mulai tahun akademi 1955/1956.

Bertahun-tahun sudah Fakultas Ekonomi UGM menempati Pagelaran Keraton sampai pada akhirnya mulai tahun 1958, Fakultas Ekonomi UGM pindah ke Bulaksumur dan menempati sebagian Gedung Pusat Tata Usaha Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya pada bulan Januari 1989, Fakultas Ekonomi UGM dipindahkan untuk menempati gedung baru di Jalan Humaniora yang terus digunakan hingga saat ini.


3. Jurusan Yang Tersedia Di FEB UGM

Sejak pertama kali didirikan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM memiliki program studi atau jurusan yang masih dipertahankan hingga saat ini. Selain itu, FEB UGM memiliki berbagai pilihan jenjang seperti Sarjana, Magister, dan Doktor. Penasaran apa saja pilihan program studi yang ada di FEB UGM? Berikut daftar jurusan FEB UGM.

Jurusan FEB UGM Jenjang Sarjana (S-1)

  • Program Studi Akuntansi (Sarjana Ekonomi/S.E.)
  • Program Studi Ilmu Ekonomi (Sarjana Ekonomi/S.E.)
  • Program Studi Manajemen (Sarjana Ekonomi/S.E.)

Jurusan FEB UGM Jenjang Magister (S-2)

  • Program Studi Magister Sains Akuntansi, Magister Sains Ilmu Ekonomi, Magister Sains Manajemen (M.Sc.)
  • Program Studi Magister Akuntansi (M.Acc.)
  • Program Studi Magister Manajemen (M.B.A.)
  • Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan (M.Ec.Dev.)

Jurusan FEB UGM Jenjang Doktor (S-3)

  • Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi (Dr.)
  • Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (Dr.)
  • Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (Dr.)

4. Mata Kuliah FEB UGM

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada tentunya memiliki mata kuliah terkait ekonomi dan bisnis. Beberapa di antaranya merupakan mata kuliah yang wajib dipelajari di setiap jurusan atau program studi yang terdapat di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Mata kuliah tersebut antara lain seperti Akuntansi Pengantar, Bisnis Pengantar, Ekonomi Pengantar, Matematika Ekonomi, Statistika Ekonomi, Manajemen, dan masih banyak lainnya.

Adapun mata kuliah khusus yang telah ditetapkan sesuai dengan jurusan atau program studi seperti Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi dan Inovasi, Manajemen Strategi, yang dikhususkan untuk jurusan Manajemen.

Selanjutnya mata kuliah yang dikhususkan untuk jurusan Akuntansi seperti Akuntansi Menengah, Akuntansi Lanjutan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Pengauditan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pemerintahan, dan sebagainya.

Selain mata kuliah kejuruan, adapula mata kuliah pilihan yang disebut Mata Kuliah Lintas Disiplin (MKLD) di antaranya seperti Akuntansi Manajemen, Ekonomika Makro, Matematika Ekonomi, Ekonometrika, Bahasa Inggris, Filsafat Dasar, Psikologi Dasar, Antropologi Dasar, Hukum Bisnis, Sosiologi dan Politik, dan masih banyak lagi.

Itu dia informasi seputar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, mulai dari sejarah berdirinya, mata kuliah yang dipelajari, hingga jurusan FEB UGM. Jika kamu memiliki kendala terkait beban biaya kuliah, Danacita menawarkan solusi yang bisa meringankan beban tersebut agar kamu dapat terus melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Informasi selengkapnya klik di sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

jurusan-febugm febugm
Default Avatar

Written By

Esa Tauran