Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Kuliah Di Poltek TEDC? Pelajari Fakultas dan Jurusannya

2022-08-31

TEDC-Bandung.jpg

Gedung Politeknik TEDC Bandung. Source: poltektedc.ac.id/

Kamu lulusan SMK dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Politeknik TEDC Bandung tempatnya! Tidak hanya lulusan SMK, Poltek TEDC Bandung terbuka untuk semua lulusan khususnya mereka yang menyukai pendidikan vokasi. Apa saja jurusan TEDC Bandung? Simak informasinya berikut ini.


1. Latar belakang Poltek TEDC Bandung


Politeknik TEDC Bandung merupakan perguruan tinggi jalur profesional unggulan dalam bidang rekayasa dan bisnis yang bernaung di bawah Yayasan Daya Juang Bangsa. Politeknik TEDC Bandung berdiri atas Dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 73/D/O/2002 dan SK Dikti Nomor 1995/O/7/2002 sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli di bidang vokasi khususnya di dunia industri. Juga memenuhi kebutuhan perusahaan nasional maupun internasional, instansi pemerintahan maupun swasta dalam menunjang revolusi industri 4.0.

Poltek TEDC Bandung memiliki visi menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi pilihan, yang dikelola berdasarkan sistem penjaminan mutu dan wawasan global 2021. Poltek TEDC Bandung bertujuan untuk mengembangkan program studi yang lebih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta diminati masyarakat.

Politeknik TEDC Bandung hingga saat ini telah memiliki 7 (tujuh) program studi Diploma III (D3) dan 5 (lima) program studi Diploma IV (D4) atau yang dikenal dengan Sarjana Terapan. Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di bidang vokasional, Kampus vokasi ini bertujuan untuk melahirkan lulusan yang dapat berperan aktif dalam menjalankan tugas-tugas operasional di dunia industri. Sebab pada dasarnya, yang dibidik oleh Politeknik TEDC Bandung adalah industri dalam bidang bisnis jasa pendidikan Teknik dan Kesehatan.


2. Lokasi Kampus, Dan Sejarah


Politeknik TEDC Bandung berlokasi tepat di Jalan Pesantren, No. 2, Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Kampus ini telah berdiri sejak tanggal 05 Mei 2001 dengan berfokus pada pendidikan bidang vokasi. Ada dua alasan mengapa Poltek TEDC Bandung berfokus pada bidang Jasa pendidikan Teknik dan Kesehatan.

Alasan pertama yaitu berdasarkan pengelola dari Yayasan Daya Juang Bangsa, yang salah satu kajian utamanya adalah mendidik calon Ahli Madya dan Sarjana Sains Terapan. Alasan kedua yaitu melihat pertumbuhan industri bisnis teknologi dan kesehatan yang sangat pesat baik di tingkat regional, nasional, dan internasional. Pertumbuhan tersebut membutuhkan perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM).


3. Fakultas Yang Tersedia Di Poltek TEDC


Telah disebutkan sebelumnya bahwa Poltek TEDC Bandung memiliki dua kelompok program studi yaitu Program Studi Diploma III (D3) dan Program Studi Diploma IV (D4), berikut daftar Jurusan TEDC Bandung:

Jurusan TEDC Program Studi Diploma III (D3)

  1. D3 Akuntansi

Ingin menjadi seorang akuntan yang di percaya? maka Jurusan D3 Akuntansi ini bisa menjadi pilihan utamamu. Jurusan Akuntansi Politeknik TEDC Bandung mempunyai tujuan untuk mempersiapkan kamu menjadi tenaga profesional yang ahli dan terampil di bidang Akuntansi.

2. D3 Mesin Otomotif

Sedang mencari tempat jurusan perkuliahan yang berhubungan dengan otomotif? Maka jurusan Mesin Otomotif TEDC adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Disini, kamu akan dibimbing hingga menjadi Ahli Madya (AMd) di bidang mesin otomotif. Jadi ketika kamu sudah lulus dari sini, kamu sudah langsung siap masuk ke dunia kerja lho.

3. D3 Teknik Elektronika

Kalau kamu suka dengan dunia elektronik, maka jurusan Teknik Elektronika TEDC adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Ketika kamu masuk ke jurusan ini maka kamu akan mampu untuk memilih, merencanakan dan membuat sistem dalam bidang elektronika di berbagai industri

4. D3 Teknik Kimia Industri

Apakah kamu suka dengan berbagai jenis unsur kimia? maka kamu harus masuk ke Teknik Kimia Industri TEDC. Teknik Kimia Industri adalah jurusan TEDC yang memiliki visi untuk menghasilkan lulusan Ahli Madya Teknik Kimia yang kompeten, profesional dan berwawasan global.

5. D3 Teknik Komputer

Teknik komputer TEDC adalah jurusan yang tepat untuk kamu jika kamu mempunyai passion di dunia yang berhubungan dengan komputer. Visi utama dari Jurusan Teknik Komputer TEDC adalah menjadi jurusan Teknik Komputer Pilihan di bidang Hardware Engineering, Control serta Instrumentasi Berbasis Komputer di Indonesia. Tentunya dengan samanya visi dan passion yang kamu miliki, jurusan teknik komputer TEDC ini sangat cocok untuk kamu.

6. D3 Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin TEDC adalah salah satu pendidikan tinggi yang diharapkan menjadi posisi terdepan. Selain itu bisa menjadi pelopor pembaharuan dan juga rujukan dalam disiplin ilmu Teknik Mesin

7. D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan

Jurusan Rekam Medik dan Informasi Kesehatan TEDC, adalah program pendidikan yang membantu kamu untuk menjadi tenaga kerja kesehatan secara profesional, dan memiliki fokus pada kebutuhan informasi kesehatan bagi pemberi layanan kesehatan, administrator dan juga manajemen sarana pelayanan kesehatan.

Jurusan TEDC Program Studi Diploma IV (D4)

  1. D4 Komputerisasi Akuntansi
  2. D4 Konstruksi Bangunan
  3. D4 Mekanik Industri dan Desain
  4. D4 Teknik Informatika
  5. D4 Teknik Otomasi

4. Mata Kuliah Poltek TEDC

Penasaran dengan apa yang akan kamu pelajari selama berkuliah di Poltek TEDC Bandung? Apakah mata kuliah yang dipelajari sama dengan mata pelajaran yang kamu pelajari di sekolah? Berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di kurikulum Teknik Komputer, berikut daftarnya:

  • Semester 1
  1. Pendidikan Pancasila
  2. Pendidikan Agama
  3. Bahasa Inggris
  4. Kalkulus
  5. Fisika
  6. Office Tools
  7. Dasar Elektronika
  8. Algoritma dan Pemrograman
  9. Introduction Computer Engineering
  • Semester 2
  1. Bahasa Asing
  2. Character Building 1
  3. Komunikasi Bisnis
  4. Basis Data
  5. Rangkaian Analog
  6. Struktur Data
  7. Arsitektur dan Organisasi Komputer
  8. Lingkungan/K3LH
  • Semester 3
  1. Kewarganegaraan
  2. Bahasa Indonesia
  3. Matematika Diskrit
  4. Sistem Operasi
  5. Rangkaian Digital
  6. Pemrograman Web
  7. Pemrograman Visual
  8. Bahasa Rakitan
  • Semester 4
  1. Statistik dan Probabilitas
  2. Etika Profesi
  3. Sistem Mikroprosesor
  4. Jaringan Komputer
  5. Antarmuka dan Periferal Komputer
  6. Pemodelan dan Simulasi
  7. Troubleshooting 1
  8. Cyberpreneurship
  • Semester 5
  1. Mikrokontroler
  2. Sistem Tertanam
  3. Troubleshooting 2
  4. Administrasi dan Keamanan Jaringan
  5. Kecerdasan Buatan (AI)
  6. Kerja Proyek dan Seminar
  7. Character Building 2
  • Semester 6
  1. Praktek Kerja Lapangan (PKL)
  2. Skripsi

Itu dia informasi seputar Jurusan TEDC Bandung yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan memilih program studi yang ingin kamu ambil. Gunakan Danacita sebagai solusi pembayaran kuliah yang telah dipakai oleh sebagian mahasiswa di seluruh Indonesia. Informasi selengkapnya kunjungi website Danacita di sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

politeknik tedc bandung tedc
Default Avatar

Written By

Esa Tauran