Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mengenal Apa Itu Python dalam Data Science

2022-10-21

python-dalam-data-science

Source: Toward Data Science

Data science merupakan bidang ilmu yang bertugas untuk mengelola data. Orang yang melakukan pengelolaan data disebut data scientist.

Seorang data scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis kumpulan data hingga mendapatkan pandangan atau insight untuk menentukan pengambilan keputusan pada suatu perusahaan.

Selanjutnya mari kita bahas secara lebih serius lagi mengenai data science. Pada artikel ini kita juga akan membahas Python dalam data science dan mengenal Python dalam data science. Simak artikel ini sampai selesai agar kamu jadi lebih paham.

Mengenal Python dalam data science

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa masing-masing bahasa pemrograman berbeda-beda layaknya bahasa manusia. Tak terkecuali Python. Mari kita mengenal Python dalam data science terlebih dahulu.

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Python menjadi semakin populer seiring dengan meningkatnya kepopuleran data science. Sebab, bahasa pemrograman yang satu ini merupakan bahasa pemrograman yang paling umum digunakan dalam data science.

Berdasarkan ciri khasnya, Python adalah bahasa pemrograman yang terinterpretasi, object oriented, dan high level. Konsep Python sebenarnya sama dengan bahasa pemrograman lainnya seperti C++, Java, R, dan lain sebagainya.

Untuk mengenal Python dalam data science, sebaiknya kita ketahui dulu sejarahnya. Python diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990.

Python diusung sebagai bahasa pemrograman yang betsifat open source. Sejak saat itulah Python dalam data science menjadi bahasa pemrograman paling penting di dunia karena komunitasnya yang cukup besar.

Kegunaan Python

Selanjutnya untuk mengenal Python dalam data science lebih jauh lagi, apa kegunaan Python bagi seorang data scientist? Ada beberapa kegunaan yang dimiliki Python yang dilansir dari blog Digitalskola, antara lain:

Pengumpulan dan pembersihan data

Seorang data scientist bisa menggunakan hampir semua jenis data yang tersedia dalam berbagai format seperti CSV (Comma-separated value), TSV (Tab-separated value), maupun Jason. Python juga bisa digunakan untuk impor table langsung dari SQL ke website code scrapping.

Eksplorasi Data

Setelah memiliki data bersih, seorang data scientist harus menemukan pertanyaan bisnis untuk dijawab yang kemudian dikonversikan pada pertanyaan data science. Untuk melakukan proses ini, seorang data scientist membutuhkan Python untuk mengidentifikasi properti mereka dan memisahkan data berdasarkan tipenya seperti numerik, ordinal, nominal, atau kategori untuk menyiapkan treatment yang dibutuhkan.

Visualisasi dan Interpretasi Data

Python memiliki banyak paket visualisasi data. Matplotlib menjadi library yang paling sering digunakan oleh data scientist untuk meng-generate grafik dasar dan diagram. Untuk membuat visualisasi data yang estetik, data scientist dapat menggunakan library Python lainnya yakni, Plotly.

Data Modelling

Sekarang kita sudah masuk di fase yang sangat krusial dalam proses kerja data science. Dalam tahap ini, seorang data scientist harus berjuang untuk memperkecil dimensionality dari dataset.

Dalam proses ini, data scientist dapat menggunakan Python yang memiliki banyak library canggih yang dapat membantu proses machine learning untuk melaksanakan perintah yang terkait dengan data modelling.

Deploying

Proses deployment merupakan proses mengubah model pada bahasa yang bermakna dan dapat dipahami oleh sistem maupun end user. Salah satu framework yang paling sering digunakan dalam proses ini adalah Flask.

Baca juga: 5 Rekomendasi Library Python yang Paling Populer

Mengapa Python?

Untuk mengenal Python dalam data science selanjutnya, perlu diketahui mengapa harus Python? Python merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak populer digunakan belakangan ini seiring meningkatnya popularitas data science.

Ada beberapa alasan kenapa Python begitu populer. Berikut alasannya yang dilansir dari Algorit.ma:

  1. Python memiliki syntax yang mudah diingat dan mudah dimengerti.
  2. Python bisa digunakan untuk berbagai hal, baik itu pengolahan data maupun pembuatan website baru.
  3. Python bersifat open-source, alias dibuka gratis untuk publik. Ini juga artinya ada banyak sekali fitur dan kode buatan kreator yang semakin memperluas kapabilitas Python.

Baca juga: Apa Itu Data Visualization dalam Data Science

Rekomendasi kursus untuk belajar Python dalam data science

Supaya kamu bisa mengenal Python dalam data science lebih dalam lagi, sebaiknya ikuti lembaga kursus untuk belajar Python dalam data science. Berikut rekomendasinya:

Hacktiv8

Mengenal Python dalam data science pertama bisa kamu lakukan dengan mengikuti Hacktiv8. Hacktiv8 itu sendiri merupakan lembaga bootcamp yang sukses menghasilkan lebih dari 1500 talenta digital.

Hacktiv8 membuka kelas data science yang bisa kamu ikuti selama 12 minggu. Berikut benefit yang bisa diberikan:

  • Kurikulum terupdate
  • Growth mindset
  • Instruktur profesional
  • 350+ hiring partners

Algoritma Data Science School

Pilihan selanjutnya untuk mengenal Python dalam data science adalah Algoritma Data Science Shool. Algoritma sendiri telah berhasil mencetak lebih dari 24 ribu lulusan bertalenta digital.

Algoritma Data Science School secara konsisten membuka kelas data science yang bisa kamu ikuti selama 3 sampai 4 bulan lamanya. Berikut benefit yang kamu dapatkan:

  • Lifetime learning membership
  • Cutting edge curriculum
  • Project-oriented learning
  • In-class teaching assistant
  • Mentoring sessions
  • Recap sessions
  • Career preparation service
  • Certification of completions
  • Quality learning environment
  • Engaging community

DigitalSkola

Pilihan terakhir untuk mengenal Python dalam data science adalah DigitalSkola. DigitalSkola membuka program SkolaClass Data Science selama 3 bulan dengan portofolio, program magang, dan persiapan karier terbaik.

Berikut benefit yang bisa kamu dapatkan di DigitalSkola:

  • Kurikulum berbasis industri
  • 1 end-to-end project implementation
  • Akses materi & rekaman selamanya
  • Fokus pada praktik
  • Career Coaching & Mentoring
  • 6 Mini Projects
  • Class Manager
  • Pilihan cicilan 0%
  • Pengembangan portofolio
  • Dibantu Professional Branding
  • Konsultasi dengan tutor di luar jam kelas
  • Connecting the Jobs
  • Online-remote Internship Program
  • “Second Chance”, bisa ulang kelas GRATIS!

Capai impian mengenal Python dalam Data Science dengan Danacita

Itu dia cara mengenal Python dalam data science yang harus kamu ketahui untuk menjadi seorang data scientists. Tertarik untuk menjadi seorang data scientists namun memiliki kendala terkait biaya? Danacita solusinya.

Ada kabar gembira untuk kamu yang ingin mengambil kelas data science. Sebab Danacita telah bekerja sama dengan Hacktiv8, Algoritma, dan DigitalSkola.

Kamu bisa bayar biaya kursus dengan cara dicicil. Danacita memberikan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita telah memperoleh izin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya.

Tunggu apa lagi? Jadilah seorang data scientists bersama Danacita. Kunjungi Danacita untuk informasi lengkapnya.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!