Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Business Intelligence Analyst: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill dan Gaji

2022-04-01

BI.jpeg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Saat ini, kebutuhan perusahaan akan tenaga profesional yang memiliki kemampuan untuk mengukur performa atau metric bisnis secara akurat menjadi semakin krusial. Disinilah peran business intelligence (BI) analyst yang akan membantu perusahaan dalam mengukur performa dan metrik bisnis untuk menentukan strategi perusahaan berdasarkan data yang akurat. Nah, kali ini Danacita akan memberikan penjelasan lengkap mengenai business intelligence (BI) analyst, mulai dari pengertian, peran atau tugas, skil yang dibutuhkan, gaji hingga bagaimana caranya untuk menjadi seorang profesional business intelligence yang dibutuhkan oleh industri. Simak dibawah ini!


    Baca juga: Berkarir Menjadi Seorang Data Scientist: Pengertian hingga Gaji Data Science 2022


    Mengenal Peran Penting Business Intelligence (BI) Analyst

    Business Intelligence (BI) analyst adalah sebuah profesi di dalam perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan analisa informasi untuk menghasilkan keputusan strategi bisnis berdasarkan data (data-driven decision making) yang berhubungan dengan performa dan metrik bisnis suatu perusahaan.

    Data-driven decision making adalah sebuah proses pengambilan keputusan yang dilakukan suatu perusahaan berdasarkan fakta yang dihasilkan oleh data yang aktual daripada intuisi atau pengamatan saja. Hal inilah yang menjadikan business intelligence (BI) analyst memiliki perananya yang sangat penting di dalam perusahaan.

    Dilansir dari website resmi Tableau, business intelligence (BI) analyst dapat membantu perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan yang lebih baik dengan menunjukkan data saat ini dan historis atau masa lampau dalam konteks bisnis perusahaan. Hasil analisa yang dilakukan business intelligence (BI) analyst dapat dimanfaatkan untuk memberikan performa dan tolok ukur agar membuat perusahaan dapat berjalan lebih lancar dan lebih efisien. Contoh sederhana hasil analisa yang dilakukan business intelligence (BI) analyst dengan melihat performa dan tren pasar untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan.

    Tanggung Jawab Business Intelligence (BI) Analyst

    Nah, di atas telah dijelaskan peran penting yang dimiliki oleh business intelligence (BI) analyst untuk perusahaan. Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang dilakukan oleh business intelligence (BI) analyst di dalam sebuah perusahaan untuk membantu dalam membuat keputusan bisnis yang berdasarkan data yang aktual:

    1. Melakukan identifikasi bagaimana cara untuk meningkatkan performa dan metrik perusahaan melalui insight yang dihasilkan dari data yang telah diolah
    2. Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber
    3. Melakukan analisa customer behavior
    4. Melakukan riset tren pasar dan membandingkan data dengan pesaing
    5. Mengukur performa dan metrik bisnis dalam kurun waktu tertentu

    Gaji Business Intelligence (BI) Analyst

    Kita sudah membicarakan peranan penting business intelligence (BI) analyst dan juga day-to-day dari seorang business intelligence (BI) analyst, maka kali ini kita akan membahas seberapa besar gaji Business Intelligence (BI) Analyst.

    Dilansir dari laporan Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 yang dilakukan oleh Glints, berikut adalah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang business intelligence (BI) analyst:

    Business Intelligence (BI) Analyst: IDR 8.000.000 - IDR 15.000.000

    Skill Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Business Intelligence (BI) Analyst

    Untuk menjadi seorang profesional yang bekerja di sebagai business intelligence (BI) analyst, kamu nggak hanya harus memiliki hard skills tapi juga soft skills lho. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki jika kamu ingin memulai karir menjadi seorang business intelligence (BI) analyst:

    Microsoft Excel (MS Excel)

    Microsoft Excel adalah program perangkat lunak spreadsheet terkemuka di industri yang digunakan untuk melakukan pengolahan dan analisa data hingga visualisasi data. Dengan menguasai Microsoft Excel, kamu dapat memanfaatkan spreadsheet untuk menyimpan, mengatur, dan melacak kumpulan data dengan berbagai formulas dan functions yang telah disediakan untuk memudahkan proses pengolahan, analisa data dan visualisasi data.

    Pemrograman SQL (Structured Query Language)

    Pekerjaan sebagai seorang business intelligence (BI) analyst nantinya akan memiliki hubungan yang erat dengan pengolahan data. Di level yang lebih kompleks dengan data banyak, kamu akan menggunakan SQL. Mengutip dari IBM, Structured Query Language atau SQL adalah sebuah bahasa di dalam pemrograman yang sudah berstandar untuk mendefinisikan dan memanipulasi data dalam database relasional (relational database). Nah, dengan SQL, kamu dapat untuk melakukan berbagai manipulasi data mulai dari membuat, membaca, mengedit, dan menghapus data lho.

    Kemampuan Komunikasi

    Kemampuan komunikasi akan menjadi kemampuan atau skill yang sangat penting bagi kamu yang ingin bekerja sebagai business intelligence (BI) analyst. Hal ini dikarenakan kamu akan dituntut untuk dapat menginformasikan dan mengkomunikasikan hasil dari analisa yang telah dilakukan dengan berbagai pihak atau stakeholder yang memiliki kepentingan dari hasil analisis tersebut.

    Kemampuan Untuk Melakukan Riset

    Skill berikut nya adalah kemampuan untuk melakukan riset. Seorang business intelligence (BI) analyst harus dapat melakukan riset agar dapat memulai sebuah analisa data untuk mengetahui masalah yang terjadi dan tren pasar terkini untuk memberikan rekomendasi solusi yang tepat dan solutif.

    Bagaimana Caranya Menjadi Business Intelligence (BI) Analyst

    Jika kamu membaca sampai titik ini, maka kamu sudah sangat tertarik untuk menjadi seorang Business Intelligence (BI) Analyst. Ada dua cara yang bisa kamu tempuh. Pertama kamu bisa belajar secara otodidak dengan memanfaatkan tutorial online. Dimana cara ini akan memakan waktu yang lama serta tidak jelas arahnya. Atau dengan cara kedua yang lebih mudah, dimana kamu bisa belajar langsung bersama seorang mentor yang telah berpengalaman dibidangnya, dengan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri, dan juga akan mendapatkan penawaran kerja langsung setelah lulus.

    Jika kamu memilih cara kedua maka Danacita akan menyarankan kamu untuk mengikuti pelatihan / bootcamp / kursus yang sudah teruji kualitasnya, dan juga merupakan partner resmi Danacita.

    Binar Academy

    Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang memiliki tujuan untuk menghasilkan talenta digital yang berkompetensi. Lembaga ini berdiri pada tahun 2016 di Jakarta oleh Dita Aisyah, Alamanda Shantika dan Seto Loreno. Kini Binar Academy berlokasi di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang.

    Ketiga pendiri Binar Academy melihat bahwa talenta digital Indonesia masih kalah bersaing jika dibandingkan dengan tenaga kerja digital dari luar negeri. Sehingga banyak perusahaan digital Indonesia harus merekrut talenta digital dari luar negeri. Kenyataan ini membuat mereka bertiga berinisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan dengan tujuan untuk mencetak talenta digital berkompetensi yang mampu memberikan kontribusi tidak hanya di dalam negeri tapi juga di dunia internasional.

    Keuntungan yang kamu dapatkan jika ikut bootcamp Business Intelligence (BI) Analyst di Binar Academy adalah:

    • Jadwal yang fleksibel. Selama masa pandemi, Bootcamp Binar Academy dilakukan secara online.
    • Mendapatkan fasilitas Job Connect untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan
    • Mengerjakan project yang nantinya bisa menjadi portofolio kamu untuk melamar pekerjaan
    • Bebas mengakses materi belajar yang tersedia di aplikasi Binar Academy.
    • Binar Academy akan mengajarkan kamu mulai dari tingkat dasar sampai tingkat profesional.
    • Pembayaran bisa dicicil dengan Danacita

    Baca juga: Biaya Kursus atau Bootcamp di Binar Academy 2022! Tersedia Cicilan Juga Lh

    Dibimbing

    Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital. Dibimbing.id telah berdiri lebih dari satu tahun, Dibimbing.id telah membantu serta mendukung penuh para tenaga kerja di Indonesia yang memiliki growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya.

    Hingga saat ini, Dibimbing.id telah berhasil membantu menyukseskan 70% siswa ke dunia kerja. Visi dibimbing.id adalah untuk menjadi mesin pencetak talenta digital tanpa batas. Fun, inclusive, dan affordable adalah nilai yang selalu kami pegang untuk para student yang ingin belajar di Dibimbing.id

    Keuntungan yang kamu dapatkan jika ikut bootcamp Business Intelligence (BI) Analyst di Dibimbing.id adalah:

    • Pengajar yang ahli dan berpengalaman dibidangnya
    • Kelas diadakan secara online, jadi kamu nggak perlu khawatir untuk keluar rumah
    • Belajar dengan kasus-kasus yang terjadi di dunia nyata
    • Materi tambahan english for business bersertifikat untuk persiapan kerja
    • Konsultasi pribadi bersama mentor ahli berpengalaman
    • Program graduation dan penyaluran kerja

    Baca juga: Bingung Ikut Bootcamp Dimana? Kenali 4 Keunggulan Bootcamp di Dibimbing.id

    Purwadhika

    Purwadhika adalah salah satu pionir lembaga pendidikan di Indonesia yang memiliki fokus di dunia pendidikan teknologi digital. Dengan belajar di Purwadhika, kamu akan langsung belajar melalui professional yang sudah berpengalaman di industri teknologi sehingga kamu dapat menjadi digital talent yang memiliki daya saing untuk dapat berkontribusi di Indonesia dan di kancah internasional.

    Nah, Purwadhika memiliki banyak keunggulan sebagai pionir lembaga pendidikan, seperti:

    • Akses menuju 500+ hiring partner yang sudah bekerja sama dengan Purwadhika
    • Mentoring dengan praktisi terkemuka
    • Mendapatkan sertifikasi yang akan ditandatangani oleh praktisi berpengalaman

    Baca juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Bootcamp di Purwadhika 2022

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!