Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Penjelasan Lengkap Fakultas Hukum Universitas Galuh dan Biayanya

2023-01-31

Fakultas-Hukum-UNIGAL-Informasi-Terbaru-dan-Biaya-Kuliah-Pakai

Daftar isi

    Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini tak lepas dari prospek kerja lulusan Fakultas Hukum yang sangat luas. Untuk kamu yang ingin berkuliah dan belajar lebih dalam seputar dunia hukum, Fakultas Hukum Universitas Galuh bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Berikut penjelasan lengkap Fakultas Hukum Universitas Galuh hingga prospek lulusannya.

    Mengenal Universitas Galuh

    Universitas Galuh atau yang biasa disebut UNIGAL adalah sebuah universitas yang berada di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Jalan R. E. Martadinata nomor 150 Ciamis 46274, Jawa Barat. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis.

    Universitas ini awalnya gabungan beberapa sekolah tinggi yang ada di Ciamis pada waktu itu, yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Galuh, Sekolah Tinggi Hukum Galuh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galuh, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Galuh.

    Seiring perkembangannya saat ini, terdapat 7 Fakultas yang ada di Universitas Galuh, salah satunya adalah Fakultas Hukum.

    Mengenal Fakultas Hukum Universitas Galuh

    Fakultas Hukum Universitas Galuh merupakan fakultas yang memiliki satu program studi yaitu Ilmu Hukum. Fakultas ini diharapkan menjadi pusat pengembangan ilmu hukum yang memberikan kontribusi dalam peningkatan kesadaran hukum masyarakat dan mendukung penegakan hukum.

    Hal ini diwujudkan melalui visinya yaitu Menjadi Program Studi Yang Unggul Dalam Bidang Ilmu Hukum Di Tingkat Nasional Menuju Persaingan Global Tahun 2030. Kemudian untuk misi yang ingin dicapai, yaitu:

    1. Menyelenggarakan sistem pendidikan hukum yang dapat meningkatkan penalaran dan keterampilan profesional dalam ilmu hukum;
    2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang ilmu hukum dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik;
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk turut serta membantu pemecahan masalah dalam bidang ilmu hukum, baik secara litigasi maupun non-litigasi;
    4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
    5. Menciptakan suasana kenyamanan kerja dan belajar dengan pendekatan humanis dan demokratis yang didasarkan pada keteguhan nilai-nilai moral dan agama.
    6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, baik tenaga pendidik (dosen) maupun tenaga kependidikan (staf administrasi) untuk memberikan pelayanan yang prima sesuai bidang keahlian dan jabatan yang diemban.
    7. Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai standar penjaminan mutu untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas.

    Sistem pendidikan yang digunakan pada Fakultas Hukum Universitas Galuh ini yaitu dengan sistem SKS (Satuan Kredit Semester) dengan beban studi 152 SKS dapat ditempuh selama 8 (delapan) semester ( 4 tahun). Dalam proses belajar mengajarnya, fakultas ini didukung oleh 21 (dua puluh satu) orang dosen tetap dan 15 orang dosen tidak tetap yang berkompeten, profesional dan berdedikasi tinggi pada bidangnya serta memiliki kualitas pendidikan S2, S3, dan Profesor lulusan perguruan tinggi terkemuka.

    Selain itu, fakultas ini juga menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajarnya, yaitu:

    1. Ruang kuliah dan Laboratorium Peradilan Semu yang representatif.
    2. Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum.
    3. Pelatihan Praktisi Hukum.
    4. Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).
    5. Perpustakaan.
    6. Majalah/ Jurnal Hukum.
    7. Sistem Administrasi Akademik & Keuangan Online.
    8. Free Hotspot Area.
    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Hukum Universitas Galuh

    1. Pengacara

    Pengacara merupakan salah satu prospek kerja sangat populer bagi lulusan Fakultas Hukum di Indonesia, termasuk Universitas Galuh. Tugas dan tanggung jawab seorang Pengacara adalah mewakili kepentingan hukum klien dalam persidangan dan berusaha menyelesaikan permasalahan hukum yang dialami klien.

    Selain itu, pengacara juga berperan sebagai konsultan agar terus menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung. Untuk menjadi seorang pengacara, kamu harus mengambil pendidikan advokat terlebih dulu.

    2. Jaksa

    Selain menjadi pengacara, lulusan Fakultas Hukum Universitas Galuh juga bisa menjadi Jaksa. Jika pengacara adalah profesi yang ada di sektor swasta, sedangkan jaksa adalah profesi dengan status Aparatur Sipil Negara (ASN).

    Pekerjaan ini sebagian besar menghabiskan waktunya di dalam ruang pengadilan. Tugas utama seorang Jaksa adalah menghadirkan bukti yang memberatkan tersangka di dalam pengadilan pidana agar persidangan dapat berjalan. Dalam proses kerjanya, seorang jaksa akan bekerja sama dengan polisi atau aparat hukum lainnya untuk bisa membawa seorang tersangka ke pengadilan.

    3. Hakim

    Profesi selanjutnya yang bisa kamu pilih sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Galuh adalah menjadi seorang Hakim. Ruang lingkup kerja Hakim ini hampir sama dengan Jaksa, yaitu di dalam ruangan persidangan. Sementara untuk tugas utamanya sendiri adalah sebagai pemimpin jalannya persidangan. Selain itu, Hakim juga bertugas membuat keputusan akhir atas kasus yang sedang berlangsung di persidangan.

    Profesi satu ini cocok untuk kamu yang ingin berkontribusi di dunia hukum dan menciptakan keadilan. Bekerja sebagai hakim tentu tidak mudah karena memang dibutuhkan kredibilitas yang tinggi sebab di tangan seorang hakim, putusan pengadilan menjadi tonggak penting dalam hukum.

    4. Staf Legal

    Profesi satu ini juga bisa dibilang merupakan salah satu profesi yang populer bagi seorang lulusan Fakultas Hukum, terutama untuk fresh graduate. Staf legal banyak dibutuhkan oleh perusahaan, bank, rumah sakit, start up, maupun lembaga-lembaga yang lain karena perannya yang sangat penting.

    Tugas dan tanggung jawab staf legal adalah segala hal yang berkaitan dengan persoalan-persoalan hukum maupun kepengurusan berbagai berkas penting seperti surat perjanjian, dokumen aset, kontrak kerja, dan lain-lain. Tujuannya kegiatan perusahaan atau lembaga harus sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku agar kegiatannya dapat berjalan tanpa kendala.

    5. Diplomat

    Untuk kamu yang bercita-cita menjadi seorang Diplomat, kamu juga bisa mewujudkannya lewat Fakultas Hukum Universitas Galuh. Sebagai diplomat kamu bisa ditempatkan bekerja di luar negeri. Banyak sekali pengalaman yang bisa kamu dapat dengan bekerja di negara lain. Sebagai diplomat kamu juga berperan penting untuk menjaga hubungan antar negara.

    Biaya Kuliah Fakultas Hukum Universitas Galuh

    Berikut biaya kuliah di Universitas Galuh:

    • Biaya Semester Min: Rp. 1.150.000
    • Biaya Semester Max: Rp. 2.000.000
    • Biaya Rata-Rata Tahunan: Rp. 3.150.000
    • Biaya Rata-Rata Keseluruhan: Rp. 15.750.000

    Bayar Biaya Kuliah Universitas Galuh dengan Mudah Lewat Danacita

    Kesempatan untuk kamu berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Galuh sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan Universitas Galuh telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di Fakultas Hukum Universitas Galuh. Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Simulasi pembiayaan bulanan Danacita untuk Mahasiswa Universitas Galuh

    Tipe Fakultas Total Biaya Pendidikan Awal Cicilan dari Kampus Cicilan Danacita 6 Bulan Cicilan Danacita 12 Bulan
    Mahasiswa Baru Fakultas Hukum 6,960,000 2,320,000 Per 3 bulan 1,285,280 Per bulan 701,800 Per bulan
    Mahasiswa Aktif Fakultas Hukum 3,200,000 1,066,660 Per 3 bulan 591,600 Per bulan 323,000 Per bulan

    Platform pinjaman pendidikan untuk mahasiswa dan peserta pelatihan ini memiliki persyaratan yang cukup mudah untuk pengajuan peminjaman. Pinjaman ini tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit seperti mewajibkan jaminan atau agunan seperti aset dan surat berharga lainnya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya, silahkan cek di sini.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!