Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Penjelasan Lengkap Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh dan Biayanya

2023-01-30

Blog-Danacita-UNIGAL-Info-danBiaya-UNIGAL-Terbaru

Daftar isi

    Ilmu Kesehatan merupakan salah satu bidang ilmu yang selalu berkembang dan tidak akan pernah hilang dimakan zaman. Sebab seluruh manusia membutuhkan kesehatan. Tak heran jika Fakultas Ilmu Kesehatan masih menjadi salah satu favorit untuk calon mahasiswa baru melanjutkan perkuliahan, termasuk kamu.

    Berikut penjelasan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk berkuliah.

    Mengenal Universitas Galuh

    Universitas Galuh adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Kabupaten Ciamis, tepatnya di di Jalan R. E. Martadinata nomor 150 Ciamis 46274, Jawa Barat. Perguruan tinggi ini merupakan hasil gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang ada di Ciamis pada April 1998. Sekolah tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Galuh, Sekolah Tinggi Hukum Galuh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galuh, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Galuh.

    Visi dari Universitas Galuh adalah Menjadi Universitas Unggul serta berwawasan Global pada Tahun 2045. Sedangkan untuk misinya adalah:

    1. Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam meningkatkan mutu manajemen internal Perguruan tinggi dan pada gilirannya akan meningkatkan citra institusi dimata stakeholders.
    2. Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam mendorong dan mengembangkan unggulan dan inovasi Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang secara langsung dapat membantu peningkatan daya saing daerah dan pembangunan nasional.
    3. Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam mengembangkan program unggulan Perguruan Tinggi seperti peningkatan jumlah publikasi ilmiah,pertukaran dosen/mahasiswa, kerja sama serta perolehan status akreditasi yang kesemuanya bertaraf internasional untuk meningkatkan wawasan global.
    4. Menyelenggarakan Pendidikan berbasi teknologi dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan berwawasan global.
    5. Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam menjalin kerja sama akademik dan/atau non akademik dengan perguruan tinggi lain, atau institusi lain, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

    Mengenal Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh

    Fakultas Ilmu Kesehatan merupakan salah satu dari fakultas yang lahir dari gabungan 5 sekolah tinggi swasta di lingkungan Yayasan Pendidikan Galuh di Ciamis, yang kini dikenal sebagai Universitas Galuh di Ciamis. Fakultas ini berada dibawah Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis yang berdiri berdasarkan Akta Notaris Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis Nomor 49 Tahun 1977 jo. Nomor 18 tahun 1995.

    Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh mendapat ijin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional melalui Surat Keputusan Nomor 929/D/T/2007, tentang penyelenggaraan Fakultas Ilmu Kesehatan. Hal ini diperoleh setelah mendapat rekomendasi BPPSDM Depkes RI nomor HK 03. 2.4.1.00225, tentang penyelenggaraan Prodi Kebidanan (D3) dan rekomendasi Pengurus Pusat PPNI no 059/PP.PPNI/K/I/2007 serta rekomendasi BPPSDM Depkes RI nomor HK.03.2.4.1.05221, tentang penyelenggaran Prodi Keperawatan (S1).

    Keberadaan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh ini mendapat persetujuan dan dukungan penuh dari pemerintah daerah Kabupaten Ciamis, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Visi dari fakultas ini ialah untuk menjadi Fakultas Kesehatan unggul mengedepankan kesehatan berbasis komunitas dan berdaya saing global pada tahun 2030. Sementara itu untuk misinya sendiri antara lain:

    1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran inovatif bidang kesehatan dengan mengikuti perkembangan kompetensi global yang berorientasi pada pengembangan kualitas sumber daya manusia yang profesional dengan keunggulan pelayanan kesehatan berbasis komunitas
    2. Melaksanakan penelitian ilmiah dalam bidang kesehatan khususnya pelayanan kesehatan berbasis komunitas
    3. Melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai bentuk kepedulian insan akademik terhadap kondisi kesehatan, pendidikan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat, khususnya pelayanan kesehatan berbasis komunitas
    4. Melaksanakan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri dalam bidang tri dharma perguruan tinggi
    5. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan agar mampu berdaya saing global
    6. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana untuk mendukung proses pendidikan.

    Pada tahap awal Fakultas Ilmu Kesehatan UNIGAL membuka 2 Program Studi yaitu Program Studi Kebidanan (D3) dan Keperawatan (S1). Seiring berjalannya waktu, fakultas ini juga mendapat izin untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Ners.

    Prospek Karir Lulusan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh

    1. Perawat

    Prospek karir untuk lulusan Fakultas Ilmu Kesehatan, khususnya Ilmu Keperawatan adalah menjadi seorang perawat. Baik diploma maupun sarjana dari ilmu keperawatan tidak hanya berpeluang untuk menjadi perawat di rumah sakit. Prospek kerjanya sendiri ternyata sangat luas dan pilihan profesinya pun cukup beragam. Mulai dari perawat di klinik kecantikan, di homecare, dan lain sebagainya. Profesi perawat ini cocok untuk kamu yang punya rasa empati yang tinggi dan ingin menolong banyak orang.

    2. Bidan

    Profesi Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan sangat berperan penting dalam melayani masyarakat, khususnya untuk ibu dan anak bayi. Tugas utama seorang bidang ialah memberikan pelayanan kesehatan untuk para ibu hamil, dalam membantu, memimpin, melakukan pemeriksaan kehamilan, serta memantau perkembangan janin di setiap fasenya.

    Selain itu, seorang Bidan juga bertugas merawat dan memberikan asuhan kepada pasien, terutama untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan.

    3. Medical Representative

    Prospek karir selanjutnya untuk lulusan Fakultas Ilmu Kesehatan adalah menjadi medical representative. Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka bekerja terus di dalam ruangan, karena profesi ini akan akan membuat kamu sering berkeliling dari satu instansi kesehatan ke instansi lainnya.

    Tugas utamanya adalah mempromosikan produk baik obat maupun alat kesehatan ke rumah sakit, klinik, maupun puskesmas. Apabila memiliki kemampuan marketing dan komunikasi yang baik maka profesi ini cocok untuk ditekuni.

    4. Penulis

    Untuk kamu yang ingin berkuliah di Fakultas Ilmu Kesehatan dan punya hobi atau passion dalam dunia kepenulisan juga bisa menjadi seorang penulis. Kamu tentunya menjadi seorang penulis buku kesehatan agar ilmu yang didapat selama kuliah tetap terpakai dan bermanfaat secara luas.

    Biaya Kuliah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh

    Berikut biaya kuliah di Universitas Galuh:

    • Biaya Semester Min: Rp. 1.150.000
    • Biaya Semester Max: Rp. 2.000.000
    • Biaya Rata-Rata Tahunan: Rp. 3.150.000
    • Biaya Rata-Rata Keseluruhan: Rp. 15.750.000

    Bayar Biaya Kuliah Universitas Galuh Dengan Mudah Lewat Danacita

    Untuk kamu yang ingin berkuliah di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh namun memiliki kendala dengan biaya, tak perlu khawatir lagi karena Danacita siap membantu untuk mewujudkan mimpi pendidikanmu. Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Simulasi pembiayaan bulanan Danacita untuk Mahasiswa Universitas Galuh

    Tipe Fakultas Total Biaya Pendidikan Awal Cicilan dari Kampus Cicilan Danacita 6 Bulan Cicilan Danacita 12 Bulan
    Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Kesehatan 7,790,000 2,320,000 Per 3 bulan 1,438,550 Per bulan 785,490 Per bulan
    Mahasiswa Aktif Fakultas Ilmu Kesehatan 3,950,000 1,316,660 Per 3 bulan 729,430 Per bulan 398,290 Per bulan
    • Mahasiswa Baru: Sudah termasuk BPU, BPP/SPP, BSK, BAMBA, Jaket Almamater, Kemahasiswaan, dan Akses IT maupun Perpustakaan
    • Mahasiswa Aktif: Sudah termasuk Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP) dan Biaya Satuan Kredit (BSK)
    • Cicilan bulanan termasuk biaya platform (biaya platform bulanan 1.3%, 1.5%, dan 3% biaya pengajuan)
    • Besar pengajuan dapat menyesuaikan nominal yang diajaukan mahasiswa (sesuai tagihan kampus yang tersedia)

    Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 90+ institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, salah satunya Universitas Galuh. Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program pembiayaan pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara per bulan hingga 24 bulan.

    Persyaratannya sangat mudah dan telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001, sehingga dijamin aman. Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!