Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Penjelasan Lengkap Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Galuh dan Biayanya

2023-01-31

Fakultas-Ilmu-Sosial-Dan-Ilmu-Politik-Universitas-Galuh-Biaya-Danacita

Daftar isi

    Memilih jurusan dan fakultas saat melanjutkan kuliah memang bukan hal yang mudah. Kamu harus memikirikan secara matang dan mempertimbangakn banyak hal sebelum memilih, salah satunya prospek kerja. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menjadi salah satu fakultas yang lulusannya memiliki prospek kerja yang sangat luas. Hal ini karena di fakultas ini mempelajari banyak hal yang sangat dibutuhkan dan berguna dalam keseharian.

    Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Galuh bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut penjelasannya.

    Mengenal Universitas Galuh

    Universitas Galuh adalah sebuah universitas yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis yang berada berdiri pada 8 April 1998. Universitas ini berada di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Jalan R. E. Martadinata nomor 150 Ciamis 46274, Jawa Barat.

    Berdiri pada 8 April 1998, Universitas Galuh lahir dari gabungan beberapa sekolah tinggi yang ada di Ciamis pada waktu itu. Sekolah tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Galuh, Sekolah Tinggi Hukum Galuh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galuh, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Galuh.

    Di awal berdirinya, Universitas Galuh hanya memiliki tiga fakultas, yakni: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangannya kemudian ada penambahan untuk Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan yang terbaru adalah Fakultas Kesehatan. Sehingga kini universitas ini terdiri dari tujuh fakultas dengan dua puluh program studi.

    Mengenal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan salah satu fakultas yang ada di lingkup Universitas Galuh dan telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Fakultas ini memiliki visi yaitu sebagai pusat pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang unggul menuju persaingan global pada tahun 2030.

    Sementara untuk misinya sendiri, yaitu:

    1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi secara profesional dalam bidang sosial dan politik melalui proses pembelajaran yang berstandar Nasional.
    2. Melaksanakan penelitian yang menunjang pengembangan disiplin ilmu dalam bidang sosial dan politik.
    3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengacu pada telaah dan kajian dalam bidang sosial dan politik.
    4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dosen maupun tenaga kependidikan yang profesional.
    5. Peningkatan sarana dan prasarana yang representatif dan penataan sistem administrasi fakultas yang akuntabel dan tertib.
    6. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan instansi/ Dinas/ Lembaga Pemerintah maupun swasta, BUMN, BUMD, dan perguruan tinggi lain baik dalam lingkup internal maupun eksternal dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang handal.
    7. Menumbuhkan kepedulian atau kepekaan di kalangan sivitas akademika dan alumni FISIP terhadap lingkungan/masyarakat.

    Dalam penyelenggaraannya, fakultas ini memiliki dua program studi, yaitu:

    1. Administrasi Publik

    Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. Untuk lulus dari prodi ini, kamu harus menyelesaikan minimal 147 SKS yang dapat ditempuh dalam waktu 8 semester.

    2. Ilmu Pemerintahan

    Visi dari program studi ini adalah menghasilkan sarjana yang unggul dalam bidang tata kelola pemerintahan daerah dan desa, berkarakter kegaluhan serta adaptif dengan literasi digital 4.0 pada tahun 2045. Hampir sama dengan Administrasi Publik, kamu juga kamu harus menyelesaikan minimal 147 SKS untuk dapat lulus dari prodi ini.

    Prospek Karir Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh

    1. Konsultan Pemerintahan

    Prospek karir pertama untuk lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh adalah menjadi seorang konsultan pemerintahan. Sebagai seorang konsultan pemerintahan, kamu akan memiliki tugas utama untuk merumuskan strategi dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Dengan kata lain, kamu diharapkan untuk mampu menciptakan sebuah strategi yang dapat diimplementasikan oleh para petinggi institusi untuk mengatasi masalah yang ada.

    2. Staff Legislatif

    Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, kamu akan belajar tentang kelembagaan seperti legislatif, yudikatif dan eksekutif. Ini menjadi bekal kamu untuk menjadi seorang staff legislatif. Sebagai seorang staff legislatif kamu akan bertugas untuk membuat kebijakan yang berkaitan dengan publik. Bidang pekerjaan ini juga nantinya akan memungkinkan kamu untuk terjun dalam dunia politik.

    3. Aparat Negara

    Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bisa dibilang menjadi salah satu lulusan yang memiliki kesempatan besar untuk menjadi aparat negara atau PNS. Hal ini karena lulusan fakultas ini bisa ditempatkan di bidang apa saja. Mulai dari bagian administrasi, SDM, hingga pemangku kebijakan.

    4. Aktivis LSM

    Untuk kamu yang tidak ingin terjun ke pemerintahan, juga memiliki kesempatan bekerja selain di pemerintahan. Misalnya menjadi aktivis LSM. Tugas utamanyanya mengadvokasi atau mendampingi masyarakat terkait isu terkini yang sedang diangkat

    5. Jurnalis atau Wartawan

    Untuk kamu yang senang dengan dunia jurnalistik juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai jurnalis ataupun wartawan. Pemahaman kamu tentang ilmu politik dan pemerintahan bisa menjadi modal utama, terutama menjadi seorang jurnalis politik. Dengan begini, kamu memiliki tanggungjawab untuk mengawasi kebijakan pemerintah dengan membahas isu-isu terkini.

    Biaya Kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh

    Berikut biaya kuliah di Universitas Galuh:

    • Biaya Semester Min: Rp. 1.150.000
    • Biaya Semester Max: Rp. 2.000.000
    • Biaya Rata-Rata Tahunan: Rp. 3.150.000
    • Biaya Rata-Rata Keseluruhan: Rp. 15.750.000

    Bayar Biaya Kuliah Universitas Galuh dengan Mudah Lewat Danacita

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 90+ institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Saat ini Danacita telah bekerjasama dengan Universitas Galuh untuk membantu kamu meringankan biaya kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

    Tipe Fakultas Total Biaya Pendidikan Awal Cicilan dari Kampus Cicilan Danacita 6 Bulan Cicilan Danacita 12 Bulan
    Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 6,960,000 2,320,000 Per 3 bulan 1,285,280 Per bulan 701,800 Per bulan
    Mahasiswa Aktif Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 3,200,000 1,066,660 Per 3 bulan 591,600 Per bulan 323,000 Per bulan
    • Mahasiswa Baru: Sudah termasuk BPU, BPP/SPP, BSK, BAMBA, Jaket Almamater, Kemahasiswaan, dan Akses IT maupun Perpustakaan
    • Mahasiswa Aktif: Sudah termasuk Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP) dan Biaya Satuan Kredit (BSK)
    • Cicilan bulanan termasuk biaya platform (biaya platform bulanan 1.3%, 1.5%, dan 3% biaya pengajuan)
    • Besar pengajuan dapat menyesuaikan nominal yang diajaukan mahasiswa (sesuai tagihan kampus yang tersedia)

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan Universitas Galuh ini adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan dengan persyaratan yang sangat mudah. Selain itu juga dijamin aman karena Danacita telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya, silahkan cek di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!