Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Penjelasan, Prospek Kerja dan Biaya Fakultas Hukum UNIKOM

2022-11-15

Blog-Danacita-Prospek-Kerja-Fakultas-Hukum-UNIKOM

Gedung Kampus UNIKOM

Daftar isi

    Fakultas hukum UNIKOM masih menjadi salah satu program studi yang banyak diincar calon mahasiswa karena luasnya lapangan pekerjaan untuk jurusan ini. Secara garis besar, fakultas hukum UNIKOM mempelajari lebih rinci mengenai suatu aturan atau hukum yang diterapkan dalam masyarakat. Selain itu, subjek utama pada jurusan hukum adalah ilmu sosial dan kemanusiaan. Buat kamu yang jago menganalisis, mampu memecahkan berbagai macam masalah dengan baik, ataupun berpengetahuan luas, mungkin jurusan ini cocok.

    Jika kamu tertarik masuk jurusan hukum di Universitas Komputer Indonesia, simak penjelasan mengenai fakultas hukum UNIKOM dan prospek pekerjaan lulusan fakultas hukum UNIKOM di bawah ini.

    Apa Itu UNIKOM

    Sebelum mengetahui lebih lanjutnya mengenai fakultas hukum UNIKOM dan prospek pekerjaan lulusan fakultas hukum UNIKOM, kamu juga perlu tahu tentang Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).Unikom (Universitas Komputer Indonesia) sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi swasta ternama yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya, di Jalan Dipatiukur No. 112-114. Universitas dengan motto quality is our tradition ini berdiri pada 8 Agustus 2000, sejalan dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 126/D/0/2000.

    Universitas Komputer Indonesia berdiri tahun 1994 dengan nama LPKIG (Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman). Sejak resmi bernama Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), secara berkelanjutan universitas ini menerima kurang lebih 2000 mahasiswa baru setiap tahunnya. Hingga kini, UNIKOM memiliki 6 fakultas dengan 23 program studi.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Hukum UNIKOM beserta Prodinya

    Pembahasan selanjutnya, yaitu penjelasan mengenai fakultas hukum UNIKOM, dan prospek pekerjaan lulusan fakultas hukum UNIKOM akan dijelaskan di bagian setelahnya. Fakultas hukum UNIKOM menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum melalui kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder di masyarakat saat ini. Selain itu, bahan ajarnya juga selalu mengikuti perkembangan, termasuk termasuk beberapa mata kuliah yang berbasis teknologi informasi sebagai mata kuliah wajib.

    Terdapat satu program studi S1 Ilmu Hukum di UNIKOM, yang para lulusannya ini diharapkan dapat menjadi Sarjana Hukum yang memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah hukum di era globalisasi saat ini.

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Fakultas Hukum UNIKOM

    Mahasiswa lulusan Fakultas hukum UNIKOM akan dibekali berbagai kemampuan untuk menunjang kebutuhan perusahaan. Untuk itu, kamu tak perlu khawatir mengenai prospek pekerjaan lulusan fakultas hukum UNIKOM.

    1. Pengacara

    Pengacara adalah salah satu prospek pekerjaan lulusan fakultas hukum UNIKOM yang cukup populer. Tugas dan tanggung jawabnya adalah mewakili kepentingan hukum klien dan berusaha menyelesaikan perselisihan dengan seefektif mungkin. Tidak hanya itu, sebagai seorang pengacara kamu juga berperan sebagai konsultan dan terus menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung. Jika memilih prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus mengambil pendidikan advokat terlebih dulu. Hal ini bersifat wajib, ya!

    2. Jaksa

    Apabila ingin berperan di ruang pengadilan, prospek kerja lulusan fakultas hukum UNIKOM yang dapat ditekuni adalah sebagai seorang jaksa. Bagi kamu yang belum tahu, jaksa merupakan perwakilan hukum dari pemerintah yang bertanggung jawab untuk menghadirkan bukti terhadap tersangka di pengadilan pidana.

    Mereka bekerja dengan petugas polisi atau aparat penegak hukum lainnya untuk membawa seorang penjahat ke pengadilan. Dikarenakan tanggung jawabnya yang cukup besar, perilaku dan keputusan seorang jaksa dapat menentukan tingkat keamanan masyarakat pada sebuah daerah.

    3. Konsultan Hukum

    Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan hukum setelah lulus dari fakultas hukum UNIKOM. Tugasnya antara lain sebagai seorang konsultan adalah memberikan pandangan atau arahan terkait dengan kelengkapan dokumen saat menghadapi sidang.

    Sebagai konsultan, kamu bisa bergabung dengan perusahaan atau lembaga tertentu. Prospek kerja lulusan fakultas hukum UNIKOM yang satu ini sangat menarik karena kamu bisa mendapat gaji yang besar bahkan mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

    4. Dosen

    Dosen juga merupakan salah satu prospek kerja lulusan fakultas hukum UNIKOM yang bisa kamu pilih. Sama seperti dosen pada umumnya, tugas dosen hukum antara lain membentuk kurikulum, memberikan mata kuliah, dan menyampaikan ilmu hukum. Namun, sebelum kamu bisa melamar prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus menempuh pendidikan S2 terlebih dulu. Sebab, gelar sarjana S1 hukum tidaklah cukup untuk menjadi seorang dosen.

    5. Staf HRD

    Ternyata bagian personalia atau HRD tak hanya berisikan lulusan Psikologi. Lulusan fakultas hukum UNIKOM juga dibutuhkan di HRD, apapun perusahaannya. Peran mereka dibutuhkan terutama dalam membuat dan melakukan evaluasi peraturan ketenagakerjaan hingga kontrak kerja karyawan.

    Biaya Kuliah di Fakultas Hukum UNIKOM

    Setelah mengetahui informasi di atas, berikut penjelasan biaya kuliah di fakultas hukum UNIKOM.

    1. Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP)

    Ilmu Hukum (S1) Rp6.000.000

    2. Biaya Kuliah Semester I Ganjil dan Semester II Genap Tahun Ajaran 2021/2022

    Ilmu Hukum (S1)

    • Rp3.000.000 (angsuran 1)
    • Rp2.500.000 (angsuran 2)
    • Rp5.500.000 (angsuran 3)

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Hukum UNIKOM Menggunakan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar fakultas hukum UNIKOM dan prospek pekerjaan lulusan fakultas hukum UNIKOM. Jika kamu kesulitan dalam hal biaya saat masa pembayaran berlangsung, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah Danacita. Dengan begitu, pembayaran biaya kuliahmu di fakultas hukum UNIKOM bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia yang menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional dan sudah berizin OJK.

    Mudahkan masa kuliahmu selama di fakultas hukum UNIKOM dengan menggunakan

    Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klikdi sini!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!