Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Penjelasan, Prospek Kerja dan Biaya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

2022-11-15

Blog-Danacita-Ilmu-Komunikasi-Universitas-Pancasila-Dan-Prospek-Kerjanya-v2

Daftar isi

    Ilmu komunikasi (ILKOM) menjadi salah satu jurusan ilmu sosial yang ada di Universitas Pancasila. Bagi kamu yang tertarik bekerja di televisi, radio, media, dan humas, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila bisa menjadi pilihan.

    Secara umum ilmu komunikasi adalah proses mempelajari penyampaian pesan secara efektif dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Penyampaian pesan ini bisa dilakukan menggunakan berbagai media.

    Sayangnya, masih banyak calon mahasiswa yang belum memahami bidang ini. Pertanyaan tentang Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila kerap kali muncul. Bagi kamu yang tertarik mengambil jurusan ini, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

    Apa Itu Universitas Pancasila

    Sebelum membahas Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, berikut akan dijelaskan singkat tentang UP. Universitas Pancasila (UP) merupakan universitas swasta yang sudah berdiri sejak 28 Oktober 1966.

    Nama “Pancasila” memberikan kedalaman arti yang juga sejalan dengan salah satu misi yang ingin diwujudkan oleh universitas ini yaitu untuk ikut berperan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat yang berPancasila, seperti yang tertulis di dalam Pembukaan UUD 1945.

    Inilah mengapa Universitas Pancasila berkomitmen untuk mencetak sarjana-sarjana yang tak hanya kompeten di bidangnya, namun juga memiliki jiwa Pancasila. UP juga berkomitmen untuk menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi dalam pengetahuan dan keterampilan yang nantinya akan berguna untuk menunjang pembangunan Indonesia. Saat ini, UP sudah berkembang menjadi salah satu universitas swasta yang paling bergengsi di Jakarta. UP memiliki berbagai program dan fakultas untuk jenjang D3, S1, S2, dan S3.

    Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila beserta Prodinya

    Di bagian ini akan dibahas mengenai prodi yang ada di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila dan prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila akan dijelaskan selanjutnya. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila memiliki metode dan sistem pembelajaran yang berbeda dari yang lainnya. Yakni dengan sistem pembelajaran Major-Minor, dimana Major merupakan mata kuliah utama yang berkaitan dengan ilmu komunikasi. Sedangkan Minor merupakan mata kuliah pilihan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu selain ilmu komunikasi.

    Informasi yang perlu kamu tahu, bahwa fakultas ini berdiri pada tanggal 20 April 2007. Meskipun fakultas ini belum terlalu lama berdiri, tetapi jurusan ilmu komunikasi Universitas Pancasila meraih akreditasi A pada tahun 2016.

    Pada Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila terdapat program studi S1 Ilmu Komunikasi dengan penjurusan diantaranya:

    • Pengantar Ilmu Komunikasi
    • Teori Komunikasi
    • Psikologi Komunikasi
    • Pengantar Public Relation
    • Desain Grafis
    • Komunikasi Digital
    • Ekonomi Politik Media
    • Komunikasi Strategis
    • Metodologi Penelitian Komunikasi
    • Manajemen Media

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

    Setelah mengetahui apa saja prodi yang disediakan, di bagian ini akan membahas prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. Alasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila menjadi salah satu jurusan yang paling diminati adalah karena prospek kerjanya yang beragam. Berikut beberapa prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila:

    1. Public Relation

    Seperti namanya, public relation bertugas menghubungkan perusahaan atau instansi dengan masyarakat luas atau instansi lain. Public relation berperan penting untuk membuat perusahaan semakin dikenal. Lulusan prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila berprospek besar dalam posisi pekerjaan ini.

    2. Content Writer

    Prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila adalah sebagai content writer. Content writer adalah para penulis profesional yang bertugas untuk memproduksi konten-konten menarik di media online. Tulisan yang mereka rancang umumnya berbentuk artikel dalam blog, post di sosial media, atau apa pun yang ditulis dalam platform online perusahaan. Selain menulis, mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kualitas desain, gambar, serta tulisan yang diciptakan agar selaras dan berkaitan dengan visi perusahaan.

    3. Social Media Manager

    Pesatnya kemajuan teknologi membuat pekerjaan di bidang industri semakin berkembang, salah satunya posisi social media manager. Pekerjaan ini cocok untuk lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. Seorang social media manager harus mempunyai kemampuan menulis yang baik untuk menarik pengguna di media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter.

    4. Reporter

    Reporter merupakan salah satu prospek kerja yang sering menjadi incaran bagi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. Reporter merupakan para spesialis yang bertugas untuk mencari berita dan mendeskripsikannya dalam media seperti koran, majalah, radio, atau televisi. Mereka juga bertugas untuk melakukan peliputan berita di lapangan dan kemudian melaporkannya kepada publik melalui live report di TV atau media streaming lainnya.

    Biaya Kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

    Besaran biaya kuliah Universitas Pancasila ditentukan berdasarkan sistem kuliah yang diambil. Mahasiswa boleh memilih kelas reguler atau kelas karyawan. Kelas reguler ditujukan bagi mahasiswa dengan program pembelajaran seperti perkuliahan pada umumnya. Sementara, kelas karyawan dapat menjadi pilihan alternatif bagi mahasiswa yang memutuskan untuk bekerja sambil berkuliah.

    Berikut rincian biaya kuliah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila:

    • Program Reguler
      S1 Ilmu Komunikasi: Rp93,55 juta
    • Program Kelas Karyawan
      S1 Ilmu Komunikasi: Rp101,2 juta
      S1 Ilmu Komunikasi (Pindahan dari D3): Rp49,838 juta

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila menggunakan Danacita

    Itu dia penjelasan mengenai Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila dan prospek pekerjaan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. UP telah bekerja sama dengan Danacita sebagai platform alternatif untuk memberikan pembiayaan pendidikan. Jika kamu mengalami kendala terkait pembiayaan pendidikan, Danacita siap membantu meringankan beban tersebut.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain dengan ketiga lembaga di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terpercaya.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya pendidikanmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Jika kamu tertarik untuk mengajukan, bisa langsung klik di sini

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!