Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Penjelasan, Prospek Kerja dan Biaya Fakultas Psikologi UMBY

2022-11-15

Blog-Danacita-Penjelasan-Prospek-Kerja-dan-Biaya-Fakultas-Psikologi-UMBY

Daftar isi

    Di era digital ini, Fakultas Psikologi UMBY masih menjadi bidang ilmu yang paling diminati. Hal ini dikarenakan banyak orang yang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental. Di tengah-tengah padatnya pekerjaan dan tuntutan kehidupan, memiliki dampingan di bidang psikologis menjadi sebuah kebutuhan. Bukan hanya itu, ilmu psikologi juga merupakan salah satu ilmu yang bisa diterapkan di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, dunia kerja, bisnis, hingga pengelolaan sumber daya manusia.

    Di kuliah nanti, kamu akan mendalami karakter diri sendiri, orang lain, dan juga hal yang terjadi di sekitarnya. Seru banget, kan? Nah, jika kamu tertarik dengan jurusan ini, mari simak penjelasan lengkap mengenai Fakultas Psikologi UMBY hingga prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi UMBY berikut.

    Apa Itu UMBY

    Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Fakultas Psikologi UMBY hingga prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi UMBY, sebaiknya berkenalan terlebih dahulu dengan Universitas Mercu Buana Yogyakarta itu sendiri.

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB Yogya) yang dahulu berdiri dengan nama IPW (Institut Pertanian Wangsa Manggala) pada tahun 1984, yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) di tahun 1986 dan berubah nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada tahun 2008.

    Sebagai salah satu kampus swasta yang telah lama berdiri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta selalu berupaya untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal ini bisa dilihat dengan kepercayaan masyarakat yang diberikan kepada UMBY untuk bisa berbenah diri dengan menata kinerjanya agar dapat menyongsong era global pada milenium ketiga ini.

    Untuk mengantisipasi pesatnya perkembangan IPTEK, maka pada tahun 2008 mulai dibuka Program Studi baru seperti : Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Matematika. Program Studi ini semakin melengkapi Program Studi yang sudah ada sebelumnya yaitu: S2 Psikologi, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Agroteknologi (Agronomi), Industri Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian.

    Fakultas Psikologi UMBY beserta Prodinya

    Di bagian ini akan dibahas mengenai prodi yang ada di Fakultas Psikologi UMBY dan prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi UMBY baru akan dijelaskan selanjutnya.

    Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta berdiri sejak tahun 1993 dan telah meluluskan ribuan Sarjana Psikologi yang tersebar di berbagai bidang dan industri di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, Fakultas Psikologi UMBY telah tiga kali berturut-turut mendapatkan status Akreditasi A dari BAN PT.

    Adapun visi dari fakultas ini adalah menjadi Fakultas Psikologi yang unggul dan adaptif dalam pengelolaan pengembangan keilmuan psikologi berbasis komunitas melalui lulusan berwatak sociopreneur yang bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis masyarakat serta berkiprah di kancah Internasional pada tahun 2029.

    Fakultas Psikologi UMBY menyelenggarakan program pendidikan Strata 1 Psikologi (S1), Magister Profesi Psikologi (S2), dan Magister Psikologi Sains (S2)

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Fakultas Psikologi UMBY

    Setelah mengetahui apa saja prodi yang disediakan, di bagian ini akan membahas prospek pekerjaan Fakultas Psikologi UMBY dan biayanya baru akan dirinci selanjutnya.

    Sebagian besar prospek pekerjaan Fakultas Psikologi UMBY bisa berkarir dalam bidang konseling atau sejenisnya. Mulai dari pekerjaan seperti psikolog klinis sampai dengan psikolog perusahaan, terdapat beragam jenjang karir yang tersedia bagi para lulusan dengan nilai yang memuaskan, baik pada sektor swasta maupun pemerintah.

    Selain itu, masuk pada bidang pelaksanaan hukum merupakan pilihan pekerjaan bagi sebagian lulusan jurusan psikologi. Psikolog forensik seringkali dibutuhkan dalam kesatuan polisi untuk mengerti pikiran para kriminal, dan mereka kerap kali membantu dalam memecahkan kasus kejahatan.

    Pekerjaan di luar psikologi juga dapat menjadi pilihan. Karena keahlian analisa dan pengalaman dalam mengerti orang beserta perilakunya yang didapatkan selama kuliah psikologi, para lulusa bisa bekerja di bidang seperti manajemen ritel dan peran sumber daya manusia, sampai dengan kegiatan sosial. Pilihan pekerjaan bagi lulusan psikologi tidak terbatas.

    Biaya Kuliah di Fakultas Psikologi UMBY

    Biaya awal Fakultas Psikologi UMBY sebesar Rp 1.500.000 dan biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp 990.000 per bulan, sudah termasuk semuanya (Cicilan Uang Pangkal, Cicilan Uang Kuliah Semester, Uang SKS, Uang Ujian, Uang Praktikum/Praktek) dengan rinciannya sebagai berikut:

    Uang Pangkal: Rp 16.900.000.

    • Uang Pangkal ini dapat diangsur maksimal 48 kali dalam waktu 48 bulan
    • Pembayaran Pertama Minimal Rp 1.500.000
    • Uang pangkal ini hanya sekali selama masa studi

    Uang Kuliah per Semester: Rp 3.960.000

    • Uang Kuliah sudah termasuk uang SKS untuk 18 SKS (Rp 220.000 per SKS), uang ujian, dan praktikum
    • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan)

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Psikologi UMBY Menggunakan Danacita

    Itu dia informasi seputar Fakultas Psikologi UMBY, prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi UMBY, dan biayanya. Jika kamu memiliki kendala terkait biaya, tenang saja. Sebab, Danacita telah bekerja sama dengan Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai solusi biaya pendidikan. Jangan sampai biaya pendidikan menjadi penghambat kamu dalam meraih masa depan.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang sudah berizin dan diawasi OJK. Dengan mengajukan ke Danacita, biaya kuliahmu bisa dibayar secara bertahap mulai 6 hingga 24 bulan sehingga bisa lebih ringan. Danacita pun sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Proses pengajuan ke Danacita cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya. Dengan begitu, kamu bisa terus melanjutkan mimpimu tanpa terhalang akan biaya dengan Danacita.

    Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Danacita atau ajukan pembiayaan langsung di aplikasi Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!