Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Penjelasan, Prospek Kerja dan Biaya Fakultas Psikologi Universitas Pancasila

2022-11-21

fakultas-psikologi-universitas-pancasila

Daftar isi

    Suka membaca karakter dan sifat seseorang? Atau sering dijadikan tempat curhat oleh orang-orang sekitar? Mungkin Fakultas Psikologi tempat yang pas untuk kamu mengasah kemampuan.

    Saat ini, lulusan psikologi paling dicari oleh banyak perusahaan dan institusi pemerintahan. Banyak peran-peran penting dalam pekerjaan yang bisa diisi oleh mahasiswa lulusan psikologi.

    Salah satu kampus dengan pendidikan psikologi berkualitas adalah Universitas Pancasila. Lantas apa saja prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila? Ketahui jawabannya dengan baca artikel ini sampai selesai.

    Apa Itu Universitas Pancasila

    Universitas Pancasila merupakan salah satu perguruan tinggi tertua yang ada di Indonesia. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1963. Kemudian mengalami penggabungan dengan Universitas Bung Karno sejak tanggal 28 Oktober 1966 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-38.

    Kampus ini bertempat di Jagakarsa, Jakarta Selatan ini, sejak awal berdirinya hanya memiliki 6 Fakultas. Di antaranya adalah Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Geografi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Sosial Politik.

    Seiring bergulirnya waktu, sampai saat ini, Universitas Pancasila telah menyelenggarakan beberapa Fakultas dan Program Studi baru untuk mendukung dunia pendidikan dalam menyesuaikan zaman. Salah satunya adalah Prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Beserta Prodinya

    Program Studi Psikologi, khususnya Fakultas Psikologi Universitas Pancasila telah berdiri sejak tahun 2006 yang diprakarsai oleh Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si sebagai Rektor Universitas Pancasila kala itu.

    Berdirinya Program Studi Psikologi merupakan respon terhadap kebutuhan masyarakat akan mutu jasa profesi psikologi yang berstandar nasional dan internasional dalam memantapkan perannya di sektor industri, pemerintahan, kemasyarakatan, serta pendidikan di Indonesia.

    Itulah yang menjadi alasan mengapa prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila sangat bagus. Selain banyak dibutuhkan, mahasiswa jurusan ini akan dilatih untuk mampu berpikir kritis dan memiliki kemampuan analisis yang baik.

    Prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila hanya memiliki satu program studi yaitu Program Studi S1 Psikologi dengan peringkat akreditasi A dari BAN-PT.

    Hal itu tertuang dalam SK BAN PT Nomor 4616/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2019 yang berlaku hingga 20 November 2024.

    Dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar, Fakultas Psikologi Universitas Pancasila dilengkapi dengan beberapa fasilitas-fasilitas pendukung seperti:

    • Ruang kelas dilengkapi AC
    • Sekretariat pelayanan administrasi
    • Staf pengajar berkompetensi
    • Perpustakaan lengkap
    • Internet WiFi
    • Laboratorium penunjang pembelajaran

    Prospek Pekerjaan Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila

    Prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila semakin luas karena beberapa sebab. Saat bidang ilmu Psikologi tidak hanya diterapkan untuk kebutuhan masyarakat saja.

    Akan tetapi, perusahaan dan institusi pemerintahan juga membutuhkan seorang lulusan Psikologi untuk urusan bisnis dan lain sebagainya. Beberapa prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila antara lain:

    • Personalia perusahaan (HRD)
    • Psikolog
    • Konsultan Karier
    • Konsultan Pendidikan
    • Psikolog klinis
    • Perawat kesehatan mental
    • Research and development
    • Management trainee
    • Penulis konten seputar kesehatan mental

    Itu dia prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Cukup beragam bukan? Semakin tertarik dengan Fakultas Psikologi?

    Biaya Kuliah Di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila

    Berdasarkan prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang beragam. Berapakah besaran biaya untuk menjadi mahasiswa Psikologi di Universitas Pancasila?

    Universitas Pancasila menerapkan sistem pembayaran bertahap. Kamu akan membayar dengan biaya lebih besar pada semester awal dan biaya tersebut akan berkurang pada semester-semester berikutnya. Berikut rinciannya:

    S1 Psikologi

    • Semester 1-2 sebesar Rp26.197.500
    • Semester 3-4 sebesar Rp17.447.500
    • Semester 5-8 sebesar Rp12.097.500

    Pembayaran Kuliah Di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Menggunakan Danacita

    Itulah mengapa prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila paling dicari. Jika kamu tertarik untuk belajar psikologi manusia dan berkeinginan untuk menjadi seorang Psikolog, maka ada kabar gembira yang menantimu.

    Universitas Pancasila telah bekerja sama dengan Danacita sebagai salah satu metode pembayaran yang bisa jadi solusi bagi kamu yang sedang kesulitan ekonomi.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Danacita tercatat telah memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 120 mitra pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan

    Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.

    • Persyaratan mudah

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    • Proses pengajuan mudah berbasis online

    Kamu bisa mulai melakukan pengajuan di mana pun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.

    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu dia beberapa kemudahan yang diberikan Danacita untuk membantu kamu meraih mimpi prospek pekerjaan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Segera kunjungi website Danacita dan aplikasi Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!