Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Peran Pilihan Cicilan Biaya Kuliah Bagi Mahasiswa, Pemerintah dan Perguruan Tinggi

2022-03-10

Daftar isi

    Pada dasarnya, mendapatkan pendidikan merupakan salah satu hak bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Tetapi, sayangnya masih banyak warga yang belum bisa mendapatkan pendidikan yang layak atau hanya mendapat pendidikan di tingkat sekolah menengah saja. Salah satu hal yang menjadi hambatan dalam hal ini adalah karena biaya perguruan tinggi yang mahal. Di Indonesia, mayoritas biaya pendidikan mahasiswa masih ditanggung oleh orang tuanya. Karena biaya kuliah yang masih lebih tinggi dibanding pendapatan para orang tua kemudian mengakibatkan banyak lulusan sekolah menengah tidak melanjutkan pendidikannya.

    Meskipun begitu, masih banyak orang tua yang memperjuangkan agar bisa menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi. Biasanya, mereka sudah mempersiapkan dari jauh hari khusus untuk pendidikan anak mereka. Tetapi ada juga yang sudah melakukan hal itu dan masih mendapati jumlah uang tabungan masih belum mencukupi. Tidak hanya untuk para orang tua, ternyata cicilan biaya kuliah juga memiliki peran bagi mahasiswa pemerintah dan perguruan tinggi, berikut penjelasannya:

    Peran Pilihan Cicilan Bagi Mahasiswa

    Tidak dipungkiri bahwa pada kenyataannya, kualitas sumber daya manusia di Indonesia memang masih rendah. Hal ini masih dikarenakan banyak penduduk Indonesia yang belum diberikan kemudahan untuk meraih pendidikan tinggi. Hal ini berakhibat pada kesulitan untuk bersaing di dunia kerja.

    Jika kamu sebagai mahasiswa memutuskan untuk mengajukan cicilan biaya kuliah, maka tentunya kamu ikut berperan dalam meningkatkan persentase kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Kamu juga bisa terus melanjutkan pendidikanmu dan memilih jurusan atau kampus yang memang kamu inginkan terlepas dari kondisi ekonomi. Dengan berusaha untuk melanjutkan pendidikan dan berkuliah, bisa menjadi investasi diri bagi mahasiswa untuk menghadapi hal-hal yang masih menjadi permasalahan tersebut.

    Bisa baca juga: Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang

    Peran Pilihan Cicilan Bagi Pemerintah

    Jika semakin banyak penduduk yang mendapatkan pendidikan tinggi maka mereka juga akan semakin bisa untuk mempersiapkan diri di dunia kerja. Semakin meningkatnya jumlah penduduk yang mendapatkan pekerjaan maka otomatis kondisi perekonomian di Indonesia pun akan mulai membaik. Dengan adanya pilihan mengajukan cicilan kuliah dari pemerintah, maka hal ini akan membantu pemerintah dalam usaha untuk meningkatkan standar dan kualitas pendidikan di Indonesia. Maksudnya, yaitu Indonesia juga bisa bersaing dengan negara-negara lain dan tidak kalah kualitas dan jumlah penduduk yang bisa berkuliah.

    Lebih jauhnya, pemerintah Indonesia kemudian bisa memenuhi kewajiban mereka dalam memberikan hak bagi warga Indonesia, yaitu untuk mendapatkan pendidikan. Keputusan pemerintah dalam memberikan pilihan cicilan kuliah ini memungkinkan seluruh masyarakat yang memang menginginkannya bisa mendapat pendidikan tinggi tanpa terkecuali.

    Baca juga artikel ini: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil Cicilan Biaya Kuliah

    Peran Pilihan Cicilan Bagi Perguruan Tinggi

    Source: Pexels.com/Pixabay

    Biaya perguruan tinggi memang selalu mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan banyak faktor untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan. Kebutuhan tersebut diantaranya yaitu untuk perihal gaji atau upah tenaga pengajar atau dosen, perlengkapan untuk laboratorium, fasilitas yang ada di kampus, akses ke jurnal internasional bagi para mahasiswa, dan masih banyak lainnya. Dengan adanya pilihan cicilan biaya kuliah akan semakin banyak mahasiswa yang berkuliah dan akan membantu kampus tersebut untuk meningkatkan kualitas kebutuhan perkuliahan.

    Setelah suatu kampus berhasil untuk meningkatkan kualitas untuk kebutuhan perkuliahan, maka otomatis nilai kampus tersebut juga akan ikut meningkat dibandingkan dengan kampus-kampus lain. Hal inilah yang membuat adanya akreditasi di tiap-tiap kampus.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri