Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran

2022-01-31

Daftar isi

    Tentang Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD

    Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran atau yang juga dikenal sebagai FKG UNPAD adalah fakultas kedokteran gigi yang didirikan atas dasar pemikiran jika tenaga kesehatan dokter gigi di Indonesia pada tahun 1956-1957 masih relatif sedikit dan pendidikan dokter gigi pada tahun itu masih tergabung ke dalam fakultas kedokteran. Hal ini lah yang mendorong Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di antaranya Prof. Drg. Soeria Soemantri, MPH dan Prof. Dr. RM Soelarko untuk mendirikan fakultas-fakultas kedokteran gigi baru sesuai cita-cita PDGI.

    Selanjutnya pada tanggal 1 September 1959, FKG UNPAD resmi terbentuk sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 85633/S. Dan sejak tahun 2003, FKG UNPAD telah membuka kelas internasional dengan menerapkan student active learning dengan metode pembelajaran problem based learning. Pada tahun 2003 ini juga, FKG UNPAD telah memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di kampus Sekeloa yang merupakan pengembangan dari klinik kerja mahasiswa.

    Selain itu dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), FKG UNPAD juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan pembelajaran bagi mahasiswa di FKG UNPAD, diantaranya adalah:

    • Laboratorium, seperti Laboratorium Komputer dan Laboratorium Penelitian Terpadu
    • Fasilitas Mahasiswa, seperti Kantin, Student center, Unit Kegiatan Mahasiswa, Learning Online System, laboratorium penelitian dan laboratorium praktikum

    Program Pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD

    Jika kamu ingin berkuliah di FKG UNPAD, kamu dapat memilih berbagai program studi unggulan di bidang pariwisata jurusan. Berikut adalah daftar 3 program studi unggulan yang dapat kamu pilih di FKG UNPAD:

    1. Sarjana:
      1. Kedokteran Gigi
    2. Pascasarjana:
      1. Profesi: Pendidikan Profesi Dokter Gigi
      2. Spesialis:
        1. Bedah Mulut
        2. Prostodonsia
        3. Ortodonsia
        4. Ilmu Kesehatan Gigi Anak
        5. Periodonsia
        6. Ilmu Konservasi Gigi
        7. Ilmu Penyakit Mulut
        8. Radiologi Kedokteran Gigi

    Baca juga: FKG Unpad Resmi Jalin Kerja Sama Dengan Danacita


    Prosedur Pendaftaran di Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD 2022/2023

    Saat kamu telah menentukan karir masa depanmu untuk menjadi seorang dokter gigi maka pemilihan perguruan tinggi mempunyai peran yang sangat penting untuk dapat membuka peluang di masa depan. Nah, berikut informasi tentang tata cara pendaftaran untuk dapat mengikuti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) FKG UNPAD yang dapat kamu jadikan sebagai acuan jika kalian telah menjadikan FKG UNPAD sebagai pilihan untuk menempuh pendidikan tinggi yang berfokus di bidang kedokteran gigi:

    1. Melengkapi biodata dan unggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/
    2. Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa (termasuk pendaftar KIP-Kuliah)
    3. Calon mahasiswa dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ dan harus melakukan pembayaran uang kuliah melalui bank yang ditunjuk
    4. Setelah pembayaran diterima, Universitas Padjadjaran akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan KTM digital ke masing-masing mahasiswa baru

    Selain itu, ada beberap dokumen yang harus calon mahasiswa baru siapkan sebelum melakukan mendaftarkan diri di FKG UNPAD, diantaranya adalah:

    1. Kartu Peserta SNMPTN (asli)
    2. KTP/Kartu Siswa (asli)
    3. Kartu Keluarga (asli)
    4. Akte Kelahiran (asli)
    5. Ijazah Asli atau Surat Keterangan Lulus SMA/MA/SMK/setara
    6. Rapor Asli SMA/MA/SMK/setara (Halaman depan yang tertera nama calon mahasiswa serta halaman penilaian semester 1 s.d. 5 atau semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun)
    7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
    8. Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa
    9. Surat Keterangan Bebas Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif
    10. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
    11. Rekening Listrik Terbaru (3 bulan terakhir) atau Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Terbaru (3 tahun terakhir)
    12. Foto tempat tinggal tampak depan
    13. Kartu BPJS atau Asuransi Kesehatan yang dimiliki
    14. Formulir Hasil Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000
    15. Formulir Hasil Pengisian Biodata Orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah di tanda tangani di atas materai Rp. 10.000
    16. Bagi peserta bukan penerima KIP Kuliah, harus mengunggah bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank
    17. Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.10.000 (format dapat diunduh)
    18. File foto berformat JPG atau PDF maksimum berukuran 1MB, dengan latar belakang warna putih dan menggunakan kemeja dengan blazer berwarna gelap

    *Untuk informasi lengkapnya, kamu dapat mengunjungi website resmi FKG UNPAD disini

    [SEO]

    Klik banner di atas untuk Ajukan Sekarang di Danacita!

    Danacita: Solusi Pembayaran Biaya Kuliah di Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD 2022/2023

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial, yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan secara bertahap untuk mahasiswa dan tenaga profesional. Danacita dan FKG UNPAD telah bekerja sama untuk memberikan solusi pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi mahasiswa FKG UNPAD untuk membiayai studi mereka.

    Kerjasama yang diadakan Danacita dan FKG UNPAD adalah dengan mengadakan program cicilan secara bulanan dengan masa cicilan mulai dari 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan untuk calon mahasiswa di penerimaan mahasiswa baru (PMB) FKG UNPAD khusus untuk Program Mandiri dan Program Adaptasi. Nah, jika kamu calon mahasiswa baru yang nggak mengikuti program mandiri dan program adaptasi atau kamu adalah mahasiswa aktif, program cicilan yang dapat kamu pilih mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan lho.

    Dengan mengikuti program ini, calon mahasiswa FKG UNPAD dapat melakukan pembayaran biaya kuliah per semester dengan mencicil setiap bulannya sesuai dengan durasi yang dipilih oleh mahasiswa.

    Program cicilan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh calon mahasiswa dan mahasiswa aktif FKG UNPAD.

    Berikut adalah simulasi pembiayaan melalui Danacita untuk mahasiswa baru di FKG UNPAD:

    Sarjana Jalur Mandiri dan Program Adaptasi

    FKG-mandiri dan adaptasi.png

    Sarjana Jalur Mandiri dan Program Adaptasi (UKT/BPP/Semester)

    FKG-UKT-BPP-Semester.png

    Program S1 Golongan III - VIII (UKT/Semester)

    FKG-III-VIII.png

    Program Studi Spesialis (BPP/Semester)

    FKG-Spesialis.png

    Program Studi S2 dan S3 (BPP/Semester)

    FKG-S2-s3.png

    Cara pengajuan biaya kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD dengan Danacita

    1. Buka website Danacita, atau klik Daftar Disini
    2. Klik ajukan jumlah biaya pendidikan kamu
    3. Siapkan seluruh dokumen yang diperlukan seperti, bukti tagihan dari FKG UNPAD, Slip Gaji, dan juga rekening wali selama 1 bulan terakhir
    4. Pastikan nomor handphone yang kamu daftarkan (baik itu pelajar ataupun wali), dapat dihubungi oleh tim verifikator Danacita
    5. Cek status pengajuan-mu di akun Danacita-mu

    Nah, sekarang untuk menjadi dapat berkuliah di FKG UNPAD bukan lagi hanya sekedar mimpi karena Danacita hadir untuk memberikan solusi cerdas untuk pembiayaan pendidikan kamu di FKG UNPAD. Yuk, bikin kuliahmu di FKG UNPAD semakin terjangkau dengan banyaknya keunggulan yang diberikan Danacita.

    📞 Jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    SEO-KontakDanacita-CS.jpg

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    FKG UNPAD PMB FKG UNPAD
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria