Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

PMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta Selengkapnya

2023-04-06

Daftar isi

    Selepas kelulusan dari sekolah menengah, banyak pelajar yang masih bingung untuk mencari kampus maupun jurusan selanjutnya. Di Indonesia sendiri, banyak perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta yang berkualitas. Salah satu kota yang memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas adalah Yogyakarta.

    Yogyakarta masih menjadi salah satu kota incaran pelajar yang ingin menimba ilmu. Selain karena dikenal dengan kota pelajar, kota ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Untuk urusan kampus, terdapat salah satu kampus swasta terbaik yang bisa menjadi incaran kamu, yaitu Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

    Penasaran seperti apa kampus ini? Simak artikel berikut yang akan membahas informasinya mulai dari profil hingga PMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

    Mengenal Universitas Atma Jaya Yogyakarta

    Sebelum membahas lebih jauh bagaimana PMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yuk kenalan dulu dengan kampus ini!

    Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 27 September 1965. Kampus ini didirikan oleh umat awam dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah naungan Santo Albertus Magnus dengan tujuan untuk ikut mencerdaskan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi lokal dan berorientasi global.

    Sejak 31 Agustus 1973, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di Yogyakarta memisahkan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di Jakarta dan berdiri sebagai Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

    Nama “Atma Jaya” diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti jiwa, Jaya berarti unggul. Jadi, Atma Jaya berarti jiwa yang unggul. Oleh karena itu, cita-cita UAJY sejak awal adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang akademik dan pendidikan yang bermoral tinggi.

    Fakultas dan Program Studi yang Ada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

    Hal yang tak kalah penting untuk diketahui sebelum sampai pada pembahasan PMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah tentang program yang tersedia di kampus ini.

    1. Fakultas Ekonomi

    Fakultas Ekonomi merupakan salah satu dari dua fakultas tertua di Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang yang resmi berdiri pada tanggal 27 September 1965 bersamaan dengan berdirinya Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

    Sejak awal berdirinya, fakultas ini selalu berfokus pada pelayanan dan mengakomodir berbagai kebutuhan masyarakat. Dengan mengutamakan penerapan ilmu berbasis riset dan mendukung perkembangan digitalisasi, fakultas ini berjanji akan selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswa, masyarakat, dan negara Indonesia.

    Terdapat dua program studi yang ada di fakultas ini, yaitu:

    1. Akuntansi

    Program studi ini memiliki visi menjadi program studi akuntansi unggulan di Indonesia yang berjiwa unggul, inklusif, dan humanis serta mampu memberikan kontribusi untuk kualitas hidup yang lebih baik dalam terang kebenaran.

    2. Manajemen

    Program studi Manajemen berfokus pada penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian melalui penerapan ilmu manajemen berkelanjutan berbasis teknologi digital dan berwawasan global agar setelah lulus nanti, kamu siap berkarir di lingkungan kerja yang profesional.

    3. Ekonomi Pembangunan

    Program studi Ekonomi Pembangunan bertujuan untuk membekali kamu berbagai pengetahuan dan keterampilan agar dapat menjadi lulusan yang berintegritas, berjiwa unggul, inklusif, dan berwawasan kemanusiaan, serta mampu berkontribusi pada kualitas hidup yang lebih baik melalui pelayanan yang berwawasan kebenaran berdasarkan penguasaan teori, alat analisis, dan keterampilan dalam kajian ekonomi, dan soft skill.

    2. Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum juga merupakan salah satu fakultas yang telah ada sejak Universitas Atma Jaya Yogyakarta berdiri, tepatnya tanggal 27 September 1965. Pada saat itu, pelaksanaan perkuliahan diselenggarakan di IKIP Sanata Dharma (sekarang Universitas Sanata Dharma) karena fasilitas di UAJY belum memadai untuk menyelenggarakan perkuliahan.

    Barulah pada tanggal 3 Oktober 1973 dilakukan pembangunan Kampus Universitas Katolik Atma Jaya Cabang Yogyakarta yang terletak di Jalan Demangan Baru 28 Yogyakarta. Pada tanggal 31 Desember 1973, Universitas Katolik Atma Jaya Cabang Yogyakarta berdiri sendiri dengan nama Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada tahun 1976, Fakultas Hukum menempati gedung baru yang terletak di Jl. Demangan Baru 28.

    Dengan menyelenggarakan satu program studi, yaitu Ilmu Hukum, Fakultas ini pun kemudian memiliki visi yaitu menjadi Pendidikan Tinggi yang Profesional dan Unggul di Bidang Hukum yang dijiwai Semangat Pelayanan dalam Terang Kebenaran.

    3. Fakultas Teknik

    Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan pada tahun 1967, dua tahun setelah Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan pada tanggal 27 September 1965. Fakultas ini didirikan oleh “Lima Serangkai” dari Ikatan Sarjana Katolik (ISKAT) Cabang Yogyakarta: Prof. R.A. Soehardi, S.H., Drs. A.J. Liem Sioe Siet, A. Sutijoso, S.H., Prof. Drs. Oey Liang Lee, dan Dr. Leo Soekoto, S.J.

    Berikut program studi Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta:

    1. Arsitektur

    Program studi Arsitektur selalu berusaha menanggapi tantangan perubahan. Hal ini dapat dilihat dengan Rencana Strategis 2021-2025 dan Kurikulum 2021 yang dibuat serta diharapkan mampu melihat permasalahan dan masalah dengan cara pandang dan pikir segar serta menghasilkan rumusan yang tepat.

    2. Teknik Sipil

    Program Studi Teknik Sipil didirikan pada tahun 1967 sebagai bagian dari Fakultas Teknik. Visi dari program studi ini adalah menjadi lembaga pendidikan unggul yang menghasilkan sarjana Teknik Sipil yang handal, berwawasan global, kreatif, menghargai keanekaragaman hidup atas dasar cinta kasih, dan berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    4. Fakultas Teknobiologi

    Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya merupakan fakultas yang lahir dari oleh Yayasan Slamet Riyadi pada tahun 1990. Sebelumnya, fakultas ini bernama Fakultas Biologi saja. Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 2007, fakultas ini kemudian berganti nama menjadi Fakultas Teknobiologi.

    Saat ini Fakultas Teknobiologi mengembangkan 3 peminatan atau program studi, yaitu:

    1. Biologi
    2. Teknologi Pangan
    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan pada bulan Juli 1991 dengan surat Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor 082/0/1992 tentang status terdaftar bagi Jurusan Ilmu Komunikasi. Dua tahun kemudian disusul dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud nomor 266/DIKTI/Kep/1994 tentang status terdaftar bagi Jurusan Sosiologi pada tahun 1994.

    Seiring dengan perubahan pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, fakultas ini pun berkembang dengan senantiasa melakukan pembaharuan baik dari sisi tujuan pendidikan, kurikulum, sumber daya manusia, dan fasilitas kependidikan termasuk status kelembagaannya.

    Berikut program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    1. Komunikasi

    Program Studi Ilmu Komunikasi adalah sebuah program yang berupaya menghasilkan lulusan terbaik sebagai pelaku profesional pada bidang komunikasi dengan spesialisasi di bidang Komunikasi Strategis serta Komunikasi Massa dan Digital.

    2. Sosiologi

    Program studi Sosiologi merupakan yang terdepan dalam mengembangkan kajian sosiologi bisnis dan media sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat transformatif dan berkontribusi pada peletakan fondasi terbentuknya masyarakat sejahtera yang berkeadilan, demokratis, dan berkelanjutan (sustainable).

    6. Fakultas Teknologi Industri

    Fakultas Teknologi Industri (FTI) adalah bagian dari UAJY yang didirikan pada tahun 1990. Di awal berdirinya FTI hanya menyelenggarakan program strata satu (S1) atau Sarjana yaitu Program Studi (Prodi) Teknik Industri.

    Seiring berjalannya waktu, kini FTI memiliki 3 program studi, yaitu

    1. Teknik Industri

    Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) didirikan sejak tahun 1990, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0584/0/1990.

    Hingga saat ini, prodi Teknik Industri sudah menghasilkan kurang lebih 2500 lulusan yang sebagian besar bekerja pada sektor industri swasta. Selain itu, terdapat alumni yang juga berwirausaha maupun pekerja pada sektor pemerintahan dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

    2. Informatika

    FTI membuka Program Studi Teknik Informatika pada tahun 1993 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 131/Dikti/Kep/1993. Sesuai dengan peraturan pemerintah maka Prodi Teknik Informatika berubah nama menjadi Prodi Informatika pada tahun 2020.

    3. Sistem Informasi

    Pada tahun 2016, FTI membuka Program Studi Sistem Informasi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 41/KPT/I/2016.

    Visi dari prodi ini yaitu menjadi komunitas Program Studi Sistem Informasi yang profesional, kreatif, kompetitif, berintegritas, inklusif, dan humanis dengan keunggulan kompetensi dalam bidang Manajemen Sistem Informasi pada tingkat nasional.

    PMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta

    Untuk menjadi mahasiswa di salah satu program studi Atma Jaya, kamu harus mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru terlebih dahulu. Terdapat berbagai jalur PMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang bisa kamu pilih. Berikut penjelasannya:

    1. Program Seleksi Onsite

    Program ini merupakan program penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi ujian berbasis komputer. Materi ujian meliputi tes kemampuan belajar (kemampuan verbal, kemampuan penalaran, kemampuan kuantitatif) dan bahasa Inggris.

    2. Program Seleksi Online

    Program ini merupakan program penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi ujian berbasis komputer. Materi ujian meliputi tes kemampuan belajar (kemampuan verbal, kemampuan penalaran, kemampuan kuantitatif) dan bahasa Inggris.

    3. Program Unggulan Prestasi Non Akademik

    Jalur Unggulan merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang seleksi penerimaannya didasarkan nilai rapor kelas X-XI dan prestasi non akademik yang diraih oleh calon mahasiswa ketika masih duduk di bangku SMA atau SMK.

    4. Program Unggulan Rangking

    Jalur Unggulan Ranking merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang seleksi penerimaannya didasarkan nilai rapor kelas X-XI dan ranking kelas yang diraih oleh calon mahasiswa ketika masih duduk di bangku SMA atau SMK.

    5. Program Unggulan Raport

    Jalur Unggulan Raport merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang seleksi penerimaannya didasarkan nilai rapor kelas X-XI yang diraih oleh calon mahasiswa ketika masih duduk di bangku SMA atau SMK.

    Untuk informasi lengkap seputar syarat dan detail dari masing-masing jalur PMB, kamu bisa cek di sini.

    Saatnya Berkuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Bersama Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai PMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di salah satu prodi di UAJY tapi terkendala biaya, tidak usah khawatir. Danacita siap membantu kamu dengan bantuan biaya pendidikan yang dapat dicicil.

    Simulasi Rincian Biaya Pendidikan S1 - Mahasiswa Baru

    Berdasarkan Nominal Biaya Kuliah

    Biaya Pendidikan: 30% SPU Seluruh Program Studi

    Biaya Kuliah Cicilan Reguler 6 Bulan Cicilan Regular 12 bulan Cicilan Regular 24 bulan
    4,950,000 914,100 499,100 296,580
    6,150,000 1,135,700 620,120 368,480
    6,300,000 1,163,400 635,250 377,470
    6,600,000 1,218,800 665,500 395,450
    6,750,000 1,246,500 680,620 404,430
    6,900,000 1,274,200 695,750 413,420
    7,050,000 7,312,800 1,301,900 710,870

    Simulasi Rincian Biaya Pendidikan S1 - Mahasiswa Baru

    Berdasarkan Nominal Biaya Kuliah

    Biaya Pendidikan: SPP Tetap, Total SPP Variabel Smt 1, SPU, Kemahasiswaan, Uang Buku

    Program Studi Biaya Kuliah Cicilan Reguler 6 Bulan Cicilan Regular 12 bulan Cicilan Regular 24 bulan
    Sosiologi 30,250,000 5,586,160 3,050,200 1,812,470
    Teknik Sipil 35,750,000 6,601,830 3,604,790 2,142,020
    Arsitektur 36,000,000 6,648,000 3,630,000 2,157,000
    Hukum 36,250,000 6,694,160 3,655,200 2,171,970
    Sistem Informasi 36,950,000 6,823,430 3,725,790 2,213,920
    Biologi, Ilmu Komunikasi 37,000,000 6,832,660 3,730,830 2,216,910
    Informatika 39,600,000 7,312,800 3,993,000 2,372,700
    Teknik Industri 40,600,000 7,497,460 4,093,830 2,432,610
    Teknik Sipil Inter 41,075,000 7,585,180 4,141,720 2,461,070
    Ilkom Inter, EP, Akuntansi 43,000,000 7,940,660 4,335,830 2,576,410
    Manajemen 44,500,000 8,217,660 4,487,080 2,666,290
    Teknik Industri Inter 45,250,000 8,356,160 4,562,700 2,711,220
    Manajemen Inter, Akuntansi Inter 48,325,000 8,924,010 4,872,770 2,895,470

    Simulasi Rincian Biaya Pendidikan S2 - Mahasiswa Baru

    Berdasarkan Nominal Biaya Kuliah

    Biaya Pendidikan: Registrasi, Buku/Pendukung Studi, Martikulasi, Program

    Program Studi Biaya Kuliah Cicilan Reguler 6 Bulan Cicilan Regular 12 bulan Cicilan Regular 24 bulan
    Teknik Sipil 27,450,000 5,069,100 2,767,870 1,644,710
    Hukum 27,950,000 5,161,430 2,818,290 1,674,670
    Arsitektur 31,100,000 5,743,130 3,135,910 1,863,400
    Informatika 33,450,000 6,177,100 3,372,870 2,004,210
    Ilmu Komunikasi 36,700,000 6,777,260 3,700,580 2,198,940
    Teknik Industri 36,750,000 6,786,500 3,705,620 2,201,930
    Manajemen 36,825,000 6,800,350 3,713,180 2,206,430

    Note:

    * Simulasi termasuk biaya platform bulanan (1,3% untuk 6 bulan, 1,5% untuk 12 bulan, dan 1,7% untuk 24 bulan serta biaya pengajuan 3% dikenakan sekali pada setiap tahap pengajuan

    * Untuk informasi selengkapnya, konsultasi langsung dengan team Customer Success Danacita melalui: danacita.co.id/s/jadwalkansesi atau di nomor telepon 087739909071

    Danacita merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pembiayaan pendidikan secara bertahap untuk mahasiswa perguruan tinggi serta peserta pelatihan. Platform ini hadir untuk membantu biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan pembiayaan pendidikan sehingga menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia.

    Kamu bisa mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita dan memilih tenor mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Prosesnya yang cepat, mudah secara online dan tidak memerlukan biaya DP, jaminan maupun biaya lainnya.

    Danacita juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001, jadi dijamin aman.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    uajy pmb universitas atma jaya yogyakarta
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri