Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Danacita Bersinergi dengan Institut Teknologi Indonesia melalui Peluncuran Program Cicilan 0% untuk Mahasiswa Baru

2023-08-18

cicilan

Jakarta – Danacita, sebagai perusahaan finance technology yang mempunyai visi dan misi untuk membantu pelajar Indonesia dalam menggapai impiannya melalui pendidikan pada perguruan tinggi terus melakukan berbagai macam upaya untuk menjangkau lebih banyak pelajar di Indonesia agar dapat lebih mudah dalam mengakses pendidikan tinggi yang terjangkau serta tanpa membuat pelajar menghadapi kesulitan.

Akses pendidikan tinggi di Indonesia menurut penelitian yang diselenggarakan oleh Han Hill dan Thee Kian We mengatakan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia masih didominasi oleh masyarakat menengah ke atas dan masyarakat menengah kebawah hanya berpartisipasi kurang dari 3% dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Tentunya, hal itu menjadi kekhawatiran Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 apabila masih banyak masyarakat yang belum mampu mengakses pendidikan tingginya.

Untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa, Danacita meluncurkan program cicilan 0% yang diselenggarakan di Institut Teknologi Indonesia (ITI) yang terletak di kota Tangerang Selatan untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024. Hadirnya cicilan 0% dari Danacita juga merupakan bentuk respons atas pentingnya akses pendidikan tinggi bagi seluruh pelajar tanpa terkecuali serta untuk meringankan pelajar dalam membayar biaya kuliah tanpa dikenakan biaya tambahan.

Dengan adanya kerja sama antara ITI dengan Danacita, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak calon mahasiswa yang ingin mewujudkan mimpinya dengan mengakses pendidikan tinggi dengan biaya yang tidak memberatkan pelajar. Selain itu pula, hadirnya program cicilan 0% dari Danacita juga diharapkan dapat membantu pihak ITI dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi-nya serta menjaring calon mahasiswa baru lebih banyak.

Direktur Utama Danacita, Alfonsus Wibowo juga mengungkapkan bahwa setiap masyarakat Indonesia berhak memiliki kesempatan untuk lebih sejahtera, namun hal ini sangat dipengaruhi oleh akses kepada pendidikan. Sayangnya, hal ini masih sering ditemui di lingkungan sekitar.

"Danacita percaya bahwa pendidikan harus dapat diakses seluas-luasnya. Kami berharap lewat program cicilan 0% ini, bersama dengan ITI, Danacita dapat membantu lebih banyak lagi mahasiswa menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Harapan kami akan ada lebih banyak lagi lembaga pendidikan yang memberikan dukungan serupa kepada pelajar Indonesia, sehingga akan terbuka kesempatan baru dalam pembangunan dan pengurangan ketimpangan akses pendidikan di Indonesia.” ujar Alfonsus Wibowo.

Tidak hanya itu, Kepala Biro Kerjasama dan Humas Institut Teknologi Indonesia yaitu Dr. Ir. Iyus Hendrawan, M.Si., IPU., Asean Eng memberikan pendapat terkait hadirnya program cicilan 0% dari Danacita di ITI

“Dengan kerja sama ini, diharapkan mampu memberikan kesempatan seluasnya-luasnya untuk mengikuti pendidikan sampai tuntas, dan bagi mahasiswa aktif membantu untuk menyelesaikan pendidikan sarjana sampai tuntas tanpa kendala dalam pembiayaan”

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Bisnis dan Kerjasama Institut Teknologi Indonesia (ITI), Dr. Ir. Sidik Marsudi, M.Si. IPM memberikan pendapatnya terkait hadirnya program cicilan 0% Danacita

Dengan program cicilan 0% ini, kami berharap agar calon mahasiswa mendapatkan alternatif solusi biaya pendidikan yang terjangkau. Kerja sama selama lebih dari satu tahun dengan Danacita telah membuktikan bahwa banyak mahasiswa ITI yang telah terbantu lewat solusi pendanaan yang terpercaya.”

Bagi calon mahasiswa baru ITI TA 2023/2024 yang ingin merasakan manfaat dari program cicilan 0% Danacita, dapat melakukan pengajuan pendanaan pendidikan secara daring. Calon mahasiswa baru cukup menyiapkan foto KTP pelajar serta foto KTP wali, slip gaji atau mutasi rekening dari wali, maupun bukti tagihan dari ITI. Ketika pengajuan pendanaan dari calon mahasiswa baru ITI TA 2023/2024 sudah disetujui, maka biaya kuliah akan langsung ditransfer ke pihak ITI oleh Danacita sehingga dapat diterima secara aman oleh pihak kampus. Tidak hanya itu, calon mahasiswa baru ITI juga dapat memantau status pendanaan yang telah dibayarkan melalui laman ITI.

Sampai bulan Agustus 2023, Danacita sendiri sudah berhasil membantu lebih dari 20,000 pelajar di Indonesia dalam menggapai impian mereka serta sudah menyalurkan lebih dari Rp 300 Miliar ke berbagai institusi pendidikan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Tentang Institut Teknologi Indonesia

Institut Teknologi Indonesia (ITI) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Awalnya, universitas ini didirikan pada 1 Oktober 1984 oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik di Indonesia. Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) dipimpin oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie yang juga menjabat sebagai Presiden YPTI hingga tahun 2019. Visi Institut Teknologi Indonesia adalah menjadi Technology-based Entrepreneur University, ITI pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna swadaya masyarakat untuk menjawab tantangan pembangunan daerah dan nasional.

Saat ini Institut Teknologi Indonesia memiliki 11 program studi mulai, dari Teknik Elektro hingga Manajemen. Ke depannya, ITI akan menjadi universitas yang terakreditasi untuk melaksanakan Pendidikan Profesi Insinyur, menghasilkan technopreneur yang sepenuhnya diserap oleh masyarakat industri, serta mampu berswadaya baik secara fungsional dan finansial.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ITI, kunjungi https://iti.ac.id/ atau hubungi [email protected] dan Instagram @institutteknologiindonesia untuk info terbaru lainnya.

Baca juga: Informasi Jurusan Institut Teknologi Indonesia Terbaru!

Tentang Danacita

PT Inclusive Finance Group atau Danacita telah berizin dan diawasi oleh OJK sebagai platform yang memberikan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi maupun program kejuruan. Danacita percaya bahwa pendidikan dapat diakses oleh semua orang yang ingin meningkatkan kapasitas diri dengan pembiayaan pendidikan yang terjangkau.

Sejak berdiri di tahun 2018, Danacita telah berhasil memberikan solusi pendanaan bagi puluhan ribu pelajar untuk mendapatkan pendidikan di institusi pilihan mereka dengan lebih dari 140 pilihan institusi pendidikan formal maupun non formal di seluruh Indonesia.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

ITI Biaya Kuliah 0%
Default Avatar

Written By

Esa Tauran