Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Ingin Kuliah di UTDI? Ini Dia Daftar Program Studinya

2022-09-10

program-studi-utdi.jpeg

Mahasiswa berprestasi UTDI. Source: utdi.ac.id

Tentang UTDI

Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di D. I. Yogyakarta. Kampus ini merupakan perubahan bentuk dari STMIK Akademi Aplikasi Komputer (AKAKOM) yang telah berdiri sejak tahun 1979. Kemudian berkembang menjadi AMIK Akakom pada tahun 1985, selanjutnya menjadi STMIK Akakom pada tahun 1992, dan sekarang menjadi UTDI mulai tahun 2021. Saat ini lokasi kampus UTDI berada di Jalan Raya Janti (Majapahit) No. 143, Karang Jambe, Banguntapan, Bantul. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dari segala arah

Sejak berdiri, UTDI telah menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan menghasilkan banyak lulusan yang berkontribusi di berbagai bidang, khususnya industri teknologi informasi. Saat ini, UTDI memiliki 9 program studi, yaitu : S2-Teknologi Informasi, S1-Informatika, S1-Sistem Informasi, S1-Teknik Komputer, S1-Manajemen Ritel, S1-Bisnis Digital, D3-Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi, D3-Teknologi Komputer, dan D3-Sistem Informasi Akuntansi.

Kenapa Kamu Harus Kuliah di UTDI?

1. Fasilitas Lengkap

Sebagai salah satu kampus terbaik di Yogyakarta, UTDI menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar para mahasiswanya dengan nyaman. Fasilitas tersebut antara lain ruang kelas, berbagai laboratorium penunjang praktek (lab aplikasi, lab perangkat lunak, lab komputer, dll), ruang perpustakaan, klinik mahasiswa, student lounge, koperasi, masjid, lapangan olah raga (basket, volly & futsal), auditorium Ruang Presentasi dan Bale Lantip.

2. Bekerja Sama dengan Banyak Lembaga

Sebagai upaya untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikannya, UTDI telah berkolaborasi dengan banyak sekali pihak, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Seperti NIIT, Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI),[2] SEAMOLEC, National Taipei University of Technology (Taipei Tech), PT. Asuransi Sinarmas, PT. Gamatechno, Refractory, PT. Sebangsa Bersama, Dilo, PT. CBN, PT. Indonesia Indicator, Software Seni, dan berbagai perusahaan IT. Selain itu, juga bekerjasama dengan lembaga sertifikasi seperti Cisco Networking Academy, Oracle Academy, MyOB dan Cloud Academy.

3. Menawarkan Banyak Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu daya tarik bagi mahasiswa untuk berkuliah. Beasiswa terbagi atas dua, yaitu beasiswa prestasi dan beasiswa kurang mampu. Di UTDI sendiri menyediakan kedua beasiswa tersebut. Beasiswa yang ada di UTDI antara lain Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Yayasan, dan yang lainnya.

4. Memiliki Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan merupakan sebuah wadah dan saran untuk para mahasiswa menyalurkan bakat dan minatnya pada kegiatan ekstrakurikuler. UTDI memiliki organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Lembaga Keuangan Mahasiswa, dan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa di berbagai bidang.

5. Mudah Dijangkau

Lokasi kampus UTDI yang berada di Jalan Raya Janti (Majapahit) No. 143, Karang Jambe, Banguntapan,i ini sangat mudah dijangkau dari segala arah. Kampus UTDI dekat dengan bermacam-macam fasilitas umum seperti Bandar Udara Internasional Adisutjipto, terminal bus, pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta, pusat kegiatan pameran (Jogja Expo Center-JEC) dan akses ke luar kota yang mudah. Meski dikelilingi oleh fasilitas umum, lingkungan kampus UTDI sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar karena tidak berada di tepi jalan utama.

Daftar Program Studi di UTDI

1. Sistem Informasi Akuntansi (D3)

Sistem informasi Akuntansi merupakan prodi yang menggabungkan dua bidang ilmu yaitu Sistem Informasi dan Akuntansi. Di prodi ini kamu akan belajar banyak mengenai sistem untuk mengumpulkan, menyimpan, maupun mengolah data-data yang berkaitan dengan akuntansi atau keuangan. Sistem ini dirancang untuk mengumpulkan dan menampilkan informasi akuntansi sehingga akuntan dan eksekutif perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat.

Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi UTDI mendidik mahasiswanya untuk memiliki pola pikir sebagai pengembang sistem informasi akuntansi, sehingga mahasiswa mampu mengembangkan sistem informasi akuntansi sendiri, serta mengetahui bagaimana seharusnya suatu software akuntansi bekerja. Dengan begini, lulusan dari program studi Sistem Informasi Akuntansi UTDI tidak akan mengalami kesulitan menggunakan berbagai software akuntansi.

2. Teknologi Komputer (D3)

Jika kamu senang atau ingin tahu lebih dalam bagaimana merakit perangkat lunak maupun keras, prodi ini sangat cocok untuk kamu. Kurikulum Teknologi Komputer UTDI menggabungkan kegiatan tori dan kegiatan praktek dengan menggunakan peranti hi-tech measurement dan device programming, sehingga kamu akan dituntut tekun dan berlatih mengembangkan logika.

Karena prodi ini berfokus pada perancangan dan membangun sistem dengan basis komputer, maka kamu akan menemui mata kuliah dengan konsentrasi seperti sistem komunikasi, instrumentasi, Future Control, hingga jaringan komputer, dan lain sebagainya.

3. Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi (D3)

Prodi Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi UTDI memiliki konsentrasi di sistem informasi bisnis berbasis desktop dan multimedia. Di prodi ini kamu diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk mewujudkan kebutuhan tenaga-tenaga siap pakai pada semua bidang TI. Dalam mewujudkan harapan tersebut maka jurusan/program studi Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi membuat kurikulum yang berbasis kompetensi.

Saat ini, lulusan prodi ini dibutuhkan di hampir industri, sebab lulusan ini bertugas untuk membuat program berupa perangkat lunak yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk menjalankan fungsi maupun struktur tertentu.

4. Sistem Informasi (S1)

Program studi Sistem Informasi UTDI menekankan pada arti dan nilai strategis dari informasi sebagai salah satu sumber daya penting bagi organisasi. Visi dari prodi ini adalah menjadi rujukan di tingkat nasional dan regional dalam penerapan Sistem Informasi di bidang data engineering untuk business intelligence di tahun 2025.

Di sini kamu akan mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi di lingkup organisasi.

5. Informatika (S1)

Prodi Informatika UTDI memiliki visi menjadi Program Studi yang unggul dan mampu bersaing di tingkat internasional pada tahun 2024 di bidang Big Data yang berfokus pada Data Engineering, yang bersifat adaptif serta berlandaskan nilai-nilai luhur Budaya Bangsa.

Dengan visi tersebut, prodi ini menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dan penelitian dengan standar kompetensi dalam bidang Big Data yang berfokus pada Data Engineering yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki kompetensi di bidang IT.

6. Teknik Komputer (S1)

Teknik Komputer adalah salah satu dari daftar prodi di UTDI yang berkaitan dengan Ilmu Komputer. Prodi ini merupakan disiplin Ilmu Rekayasa Komputasi (Computer Engineering) yang mengkombinasikan Ilmu Komputer (Computer Science) dengan Ilmu Teknik Elektro (Electrical Engineering).

Dengan gabungan ketiga konsentrasi tersebut, kemudian diaplikasikan untuk merancang perangkat lunak, perangkat keras, jaringan, dan instrumen atau peralatan terkomputerisasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan teknis serta bisa diterapkan pada berbagai area.

7. Manajemen Retail (S1)

Prodi Manajemen Retail merupakan program studi dengan konsentrasi kurikulum pada pengembangan wirausaha di bidang retail dengan menggabungkan penguasaan teknologi sehingga dapat memenuhi kebutuhan zaman.

Prodi ini akan memberikan kamu keterampilan dan pengetahuan yang digunakan untuk memulai sejumlah jalur karir yang berbeda di industri ritel, termasuk manajemen toko ritel, pemasaran, pembelian, dan posisi pengawas di tingkat korporasi

8. Bisnis Digital (S1)

Siapa yang bercita-cita ingin menjadi pebisnis? Prodi Bisnis Digital UTDI ini bisa menjadi pilihan untuk memulai impianmu. Di prodi ini kamu mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Ilmu yang akan diperoleh merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di industri mana saja pada level manajerial, mulai dari perbankan, keuangan, hingga start up. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang Technopreneur atau wirausaha di bidang teknologi.

9. Magister Teknologi Informasi (S2)

Kamu ingin mengembangkan wawasan kamu mengenai teknologi informasi ke jenjang yang lebih tinggi? Prodi Magister Teknologi Informasi UTDI bisa menjadi pilihan. Di sini kamu akan diarahkan untuk mempunyai kompetensi yang kuat di bidang teknologi perangkat lunak dan data.

Calon lulusan merupakan profesional yang kompeten dalam merancang arsitektur data untuk suatu organisasi serta mampu menggunakan berbagai macam perangkat pengembangan untuk merekayasa data serta melakukan pemrosesan menggunakan berbagai algoritma untuk mengubah data menjadi insights serta menerapkan hasilnya untuk keperluan sistem smart. Setelah lulus nanti, kamu bisa berkarir Chief Data Officer / Chief Information Officer, Data Engineer, Data scientist, Big Data Analysis, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui berbagai keunggulan dan daftar prodi di UTDI, prodi mana yang ingin kamu pilih?

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

utdi universitas teknologi digital indonesia
Default Avatar

Written By

Esa Tauran