Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Informasi Kuliah Terbaru dan Prospek Kerja Program Studi Matematika 2022

2022-01-26

BlogBanner_Math.png

Daftar isi

    Kuliah Program Studi matematika memang secara umum dikenal dengan kerumitannya. Terkadang membuat bosan dan pusing karena harus menghitung terus menerus.

    Tidak hanya menghitung angka perkalian atau pembagian saja. Namun juga fokus mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam, seperti aljabar, geometri, dan matematika diskrit.

    Program studi Matematika sangat cocok untuk kamu yang memang suka dan gemar berhitung serta mempelajari angka. Selain itu, cocok juga untuk kamu yang suka teka-teki.

    Karena Program Studi matematika hampir sama dengan teka-teki, kamu harus memecahkan masalah dengan rumus yang ada supaya mendapatkan jawaban yang benar dan tepat.

    Ya, bener banget! Matematika emang dikenal oleh rumus-rumus. Namun sebenarnya studi Program Studi matematika tidak sepenuhnya tentang rumus-rumus.

    Walaupun kadang membuat kepala pusing, sebenarnya kamu wajib loh untuk mempelajari matematika.

    Karena pada dasarnya ilmu matematika sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung keuangan contohnya.

    Untuk kamu yang emang suka dengan dunia hitung menghitung, kamu bisa nih melanjutkan studi di Program Studi matematika.

    Berikut beberapa informasi mengenai Program Studi matematika yang wajib kamu ketahui.

    Program Studi Matematika

    Program Studi matematika fokus mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam.

    Pada Program Studi ini kamu akan membahas aljabar, kalkulus, statistika, geometri, komputasi, dan analisis matematika.

    Mahasiswa juga akan dilatih seputar keterampilan pemodelan matematika. Logika sangat berperan di sini.

    Selain itu, akan dipelajari ilmu untuk mengutak-atik dan membuktikan teorema-teorema atau sebuah pernyataan yang dapat dibuktikan atas dasar asumsi yang dinyatakan secara eksplisit maupun yang sebelumnya disetujui.

    Matematika juga berguna dalam perkembangan sebuah teknologi. Karena terdapat konsentrasi peminatan juga loh dalam Program Studi matematika ini.

    Bidang peminatan Program Studi ini, yakni: Matematika Murni Statistika, Komputasi atau Ilmu Komputer, Aktuaria, dan Riset Operasi.

    Mata Kuliah Program Studi Matematika

    Untuk mengetahui lebih dalam apa saja yang dipelajari pada studi Program Studi matematika ini.

    Berikut ini informasi beberapa mata kuliah dasar yang akan dipelajari.

    • Dasar-Dasar Matematika, tentu saja untuk mempelajari sesuatu memang harus dimulai dari dasar-dasarnya. Contohnya eksponen, logaritma, aljabar, aritmetika, akar dan pangkat.
    • Kalkulus, mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar kalkulus mengenai bilangan real, limit, turunan dan integral.
    • Metode Numerik, metode ini digunakan untuk menyelesaikan pencarian akar-akar persamaan, sistem persamaan linier, sistem persamaan non linier, diferensial dan integrasi numerik serta pencocokan kurva,
    • Algoritma dan Pemrograman, kamu akan mempelajari pembuatan algoritma yang dipergunakan terutama untuk pembuatan program.
    • Aljabar Linier, mencakup pengkajian himpunan pembentang, bebas linier dan basis, dimensi, jumlahan langsung.

    Kompetensi yang Akan Dimiliki Mahasiswa Program Studi Matematika

    Berikut adalah beberapa kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa program studi matematika:

    • Kemampuan untuk mengikuti perkembangan matematika
    • Kemampuan untuk merancang, menganalisis dan menyelesaikan masalah matematika dan terapannya
    • Kemampuan untuk menjelaskan konsep dasar statistika
    • Kemampuan untuk menganalisis permasalahan dunia nyata dan memodelkannya ke dalam bentuk matematis
    • Kemampuan untuk mengidentifikasi teori matematika pada perkembangan teknologi dan sains

    Gelar untuk Program Studi Matematika

    Gelar apa sih yang akan kamu dapetin kalau sudah berhasil namatin S1 Program Studi matematika?

    Kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Matematika (S.Mat), sebelum diubah oleh kemendikti gelarnya adalah (S.Si).

    Prospek Kerja Program Studi Matematika

    Sarjana lulusan Program Studi matematika mempunyai banyak peluang dalam kariernya loh.

    Karena ilmu yang diajarkan saat kuliah sangat aplikatif dan terampil. Lulusan dari Program Studi matematika juga memiliki nilai jual yang tinggi loh, ga heran kalau banyak banget jenjang karier yang ditawarkan.

    Nah ini beberapa karier yang bisa kamu geluti, seperti auditor, data analis, data scientist, aktuaris, software engineer, blogger atau youtuber untuk membahas teori-teori matematika, research scientist.

    Banyak banget kan? jadi nanti setelah lulus kamu ga perlu khawatir lagi ingin melanjutkan karier di mana, karena sudah banyak pilihannya tuh.

    Alasan Harus Masuk Program Studi Matematika

    Setelah melihat peluang karirnya atau prospek kerja yang banyak, tentu membuat kamu semakin yakin untuk masuk kan?

    Selain karena gemar menghitung, berikut beberapa alasan buat kamu supaya makin yakin untuk melanjutkan studi di Program Studi matematika.

    Dengan belajar matematika secara tidak langsung kamu juga mampu berpikir logis dan sistematis loh seperti sebab akibat sebuah masalah, karena kamu tidak harus selalu menghafal rumus-rumus yang sulit.

    Membuat kamu menjadi pandai menganalisa, kamu akan lebih pandai menganalisa segala sesuatu sehingga bisa melihat sebuah masalah dari segala sisi.

    Program Studi matematika juga berpengaruh pada pendirian kamu loh, kamu akan lebih gampang dalam mengambil keputusan. Menjadi pribadi yang lebih gigih, sikap seperti ini terbentuk karena kamu akan terbiasa untuk mencari dan sabar dalam memecahkan soal-soal.

    Berguna juga untuk keseharian kamu, misalnya mengelola keuangan kamu,

    Selain itu, buat kamu yang memang suka mengajar. Kamu bisa banget nih ambil Program Studi matematika, karena kamu bisa saja menjadi guru bahkan dosen dari lulusan ini.

    Peluang kerjanya juga cukup luas, kalau ingin menjadi PNS, atau staf perusahaan juga bisa banget nih.

    Nah itu beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan lebih lanjut.

    Butuh tempat untuk melatih ilmu matematika, maka ini adalah kampus untukmu.

    Danacita punya beberapa rekomendasi lho untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Diantaranya adalah:

    Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    Ingin berkuliah di Program Studi matematika di kota Bandung? Maka UNISBA adalah pilihan yang paling tepat. UNISBA memiliki beberapa keunggulan yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan pendidikan. diantaranya adalah akreditasi, umur, serta reputasi. UNISBA saat ini sudah mendapatkan akreditasi A lho dari BAN PT. Selain itu umur UNISBA juga sudah cukup matang untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tidak lupa, reputasi yang tidak perlu diragukan lagi.


    Baca juga: Biaya kuliah UNISBA 2022/2023 Dengan Danacita


    Sampoerna University

    Siapa yang ga tahu Sampoerna University? Ya kampus ini adalah bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk mengambil Program Studi matematika lho. Sistem belajar di Sampoerna University menggunakan sistem belajar yang setara dengan Amerika Serikat. Dimana metode pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematic). Selain itu lulusan dari Sampoerna University bisa mendapatkan gelar double degree, jadi kamu akan mendapatkan gelar dari Sampoerna University, dan juga University of Arizona. Menarik bukan?


    Baca juga: Informasi Terbaru PMB Sampoerna University 2022/2023


    Gimana? setelah membaca semua penjelasan tentang Program Studi matematika di atas, kamu jadi makin ingin kuliah studi di Program Studi tersebut kan?

    Gausah khawatir tentang pembiayaan kuliah, dengan Danacita kamu bisa melanjutkan kuliah dengan sistem pembayaran dicicil. Yuk yuk! Tunggu apa lagi?

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo