Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Bingung Pilih Kuliah di Politeknik Dimana? Temukan Rekomendasi Kuliah di Politeknik Terbaru Disini?

2022-04-03

politeknik.jpg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Saat kamu akan lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), kamu mungkin akan dihadapkan dengan banyak pilihan, seperti kuliah di Politeknik atau Universitas? Kamu mungkin masih bingung dengan perbedaan antara kuliah di Politeknik dan kuliah di Universitas. Nah, sebelum tambah bingung, di bawah ini akan dijelaskan perbedaan antara Universitas dengan Politeknik. Yuk simak disini

    Mengenal Perbedaan Politeknik dan Universitas

    Politeknik merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan program studi yang berfokus pada program studi kejuruan atau vokasi dan ilmu-ilmu terapan. Umumnya, politeknik hanya menyediakan jenjang pendidikan vokasi dan teknik yang terdiri dari D3 dan D4.

    Menurut KBBI, universitas adalah perguruan tinggi yang terdiri dari berbagai fakultas yang menawarkan program studi pendidikan dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu. Umumnya, universitas menyediakan berbagai jenjang pendidikan mulai dari diploma, sarjana, pasca sarjana hingga doktor

    Keunggulan Kuliah di Politeknik

    Tentunya politeknik dan universitas memiliki keunggulannya masing-masing sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Seperti yang telah diinformasikan diatas, Politeknik umumnya menawarkan program studi yang bersifat kejuruan atau vokasi dan ilmu-ilmu terapan. Berikut adalah beberapa keunggulan yang kamu dapatkan dengan berkuliah di politeknik:

    1. Berfokus pada praktik dibandingkan teori

    Dengan berkuliah di politeknik, kamu akan lebih banyak melakukan praktik melalui teori-teori yang sebelumnya sudah kamu pelajari.

    1. Lebih Matang Menghadapi Dunia Kerja

    Karena proses perkuliahan yang lebih banyak melakukan praktik ini, kamu akan langsung mengenal bagaimana untuk mempraktekan ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah secara profesional.

    1. Berorientasi pada dunia industri

    Pendidikan politeknik telah dikembagkan oleh pemerintah pada era tahun 1980-an. Lulusan politeknik diharapkan memiliki pengetahuan praktis dan keahlian yang dibutuhkan oleh industri baik industri jasa, dagang dan manufaktur. Selain itu, lulusan politeknik dibekali untuk memiliki jiwa wirausaha, berbudaya, berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

    Rekomendasi Politeknik Terbaru

    Politeknik Pariwisata Prima Internasional

    Rekomendasi Polteknik yang pertama adalah Politeknik Pariwisata Prima Internasional (Poltekparprima) Politeknik Pariwisata Prima International atau yang biasa dikenal juga sebagai Poltekpar Prima adalah kampus pariwisata yang didirikan oleh Yayasan Prima Ardian Tana yang berfokus di bidang pariwisata. Sebagai politeknik pariwisata swasta pertama di Jawa Barat, tentu Poltekpar Prima memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan kepada generasi muda yang ingin mulai berkarir di bidang pariwisata, diantaranya adalah:

    1. Kurikulum Berbasis KKNI & telah memenuhi ASEAN MRA (Mutual recognition Arrangement)
    2. PRAKERIN atau Bekerja di Luar Negeri
    3. Memiliki Kerjasama Nasional dan Internasional

    Nah, jika kamu ingin berkuliah di Poltekpar Prima, kamu dapat memilih berbagai program studi unggulan di bidang pariwisata jurusan. Berikut adalah daftar 3 program studi unggulan yang dapat kamu pilih di Poltekpar Prima:

    1. Sarjana Terapan (D4) Pengelolaan Perhotelan
    2. Sarjana Terapan (D4) Pengelolaan Konvensi dan Acara (MICE)
    3. Diploma Tiga (D3) Perhotelan

    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Poltekpar Prima

    Politeknik Internasional Bali

    Rekomendasi politeknik kedua adalah Politeknik Internasional Bali (PIB). Politeknik Internasional Bali (PIB) merupakan lembaga pendidikan tinggi Tourismpreneur pertama di Indonesia. Pendirian Politeknik Internasional Bali (PIB) ini didasarkan akan kebutuhan pertumbuhan industri yang membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan, pengetahuan, karakter dan kreativitas daya saing yang unggul. Oleh karena itu, Politeknik Internasional Bali (PIB) memiliki visi untuk “Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi yang berkualitas, berkarakter, dan terpercaya”.

    Sebagai kampus pariwisata, Politeknik Internasional Bali menyediakan program studi unggulan yang sangat berperan penting di era industri 4.0, antara lain adalah:

    1. D3, Culinary Arts
    2. D4, Hotel Management
    3. D4, Event Management

    Politeknik TEDC Bandung

    Rekomendasi ke tiga adalah Politeknik TEDC Bandung. Politeknik TEDC Bandung merupakan perguruan tinggi vokasi yang profesional dalam bidang rekayasa dan bisnis sebagai upaya memenuhi tuntutan masyarakat akan tenaga ahli madya professional yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri, perusahaan nasional maupun internasional baik instansi pemerintahan maupun swasta, dalam menyongsong era globalisasi. Dengan visi untuk “Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi Pilihan, Yang DiKelola Berdasarkan Sistem Penjaminan Mutu dan Wawasan Global 2021”, Politeknik TEDC Bandung menawarkan berbagai program studi, yaitu

    1. D3, Akuntansi
    2. D3, Teknik Komputer
    3. D3, Teknik Kimia Industri
    4. D3, Teknik Mesin Industri
    5. D3, Teknik Elektronika
    6. D3, Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
    7. D3, Mesin Otomotif
    8. D4, Komputerisasi Akuntansi
    9. D4, Teknik Informatika
    10. D4, Konstruksi Bangunan
    11. D4, Teknik Otomasi Industri
    12. D4, Mekanik Industri dan Desain

    Nah, itu tadi merupakan perbedaan antara politeknik dan universitas serta rekomendasi politeknik terbaru untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di politeknik yang telah bekerjasama dengan Danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Rekomendasi Politeknik politeknik
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria