Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Rekomendasi Self Reward yang Hemat Untuk Mahasiswa

2022-02-23

Daftar isi

    Bagi kamu para mahasiswa yang sudah sibuk dengan banyaknya tugas, ulangan, sampai kerja kelompok yang menumpuk, keinginan untuk memanjakan diri sendiri akan meningkat. Sudah sewajarnya kamu melakukan itu sebagai bentuk apresiasi atau self reward atas apa yang sudah dilakukan supaya bisa meningkatkan motivasi.

    Sayangnya, kita terkadang bingung untuk mencari kegiatan apa yang worth it tapi tidak menguras kantong sebagai self reward. Bahkan seringkali kita berpikir apakah self reward yang terlalu sering memang benar-benar self reward atau bahkan sudah menjadi rasa impulsif. Untuk kamu yang kebingungan, kamu bisa ambil contoh self reward berikut ini yang irit tapi tetap worth it!

    A day off untuk disconnect

    Rekomendasi pertama ini yang paling mudah untuk dilakukan mahasiswa. Setelah belajar full dalam seminggu, tenaga dan pikiran bisa terkuras habis. Dengan menjadwalkan satu hari untuk disconnect, kamu bisa membuat diri menjadi lebih relax dan untuk recharging juga. Tidak perlu pusing-pusing untuk menghitung budget untuk melakukan self reward ini.

    Kamu bisa menyisihkan satu hari, misalnya hari Sabtu untuk membebaskan dirimu bangun siang, bebas untuk bersantai atau bermalas-malasan di rumah, dan kamu bisa juga melakukan bonding atau quality time dengan keluarga atau bahkan hewan peliharaan. Jangan lupa untuk mematikan notifikasi di hp-mu, supaya bayang-bayang tugas tidak merusak day off ini.

    Lupakan sejenak urusan kuliah dan masalah lain dengan disconnect dari hal tersebut agar pikiran dan tubuh kamu menjadi lebih nyaman untuk beristirahat.

    Pergi keluar rumah

    Source image: Pexels/Charlotte May

    Dengan kondisi sekarang yang masih mengharuskan kegiatan belajar jarak jauh, banyak mahasiswa yang merasa penat karena terus-menerus di rumah. Hal ini bisa menambah beban pikiran dan bikin stress juga, loh! Sebagai self reward, kamu bisa sesekali pergi keluar di sekitar rumah mencari angin segar untuk me-refresh pikiran atau untuk menaikkan mood juga.

    Kalau lingkungan rumahmu kurang menghibur, kamu bisa pergi main dengan mengajak teman-teman. Tidak perlu pergi ke tempat yang berpotensi menguras kantong, kamu bisa simply pergi main ke rumah teman yang jaraknya tidak jauh dari rumah. Dengan begitu, kamu bisa berinteraksi dengan orang selain keluarga sambil catch up dengan teman kamu.

    Movie marathon

    Jika tugas kuliah sudah kamu selesaikan, tidak ada salahnya untuk melanjutkan marathon film-film atau serial yang sudah menjadi waiting list sebagai self reward kamu. Sekarang sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk menonton, seperti netflix, disney+, viu, iflix dan yang lainnya. Kamu bisa mencari tontonan yang seru dan ringan untuk menyegarkan otak dan bisa mengalihkan sejenak pikiran tentang masalah perkuliahan.

    Supaya marathon-nya makin lengkap, kamu bisa menyediakan berbagai camilan atau snack dan minuman sebagai pendamping. Kalau ingin lebih extra, bisa juga ditambah dengan menyalakan scented candles agar bukan hanya indra visual kamu saja yang terhibur, tetapi indra penciuman juga dimanjakan. Bagi kamu yang menyukai film bertema coding, bisa baca 4 Film Seru Tentang Coding yang Wajib Ditonton Calon Programmer

    Makan makanan favorit

    Source image: Pexels/Dana Tentis

    Salah satu tips yang bisa membuat perasaan menjadi lebih baik adalah dengan makan makanan favorit. Apalagi jika kamu suka memasak, ini bisa menjadi ajang penyaluran hobi buat kamu mahasiswa yang selalu sibuk karena tugas. Kamu bisa mengeksplor berbagai macam resep makanan favorit dari blog-blog atau youtube, mulai dari yang simple sampai yang advance.

    Buat kamu yang tidak bisa memasak, tidak ada salahnya untuk membeli langsung atau via online makanan yang sedang ingin dimakan. Tetapi kamu masih harus ingat untuk tidak membeli makanan berlebihan karena bisa saja itu adalah rasa impulsif yang sedang mempengaruhi pikiran.

    Self treatment

    Rekomendasi self reward lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan self treatment. Kamu bisa melakukan perawatan kulit seperti memakai masker DIY atau masker yang sudah dibeli sebelumnya. Masker-masker alami yang terbuat dari timun atau tomat bisa menjadi referensi bahan untuk merawat kulit wajah.

    Bagi kamu yang mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya untuk sesekali pergi ke salon. Mungkin hal ini bisa menjadi self reward saat kamu menyelesaikan sesuatu yang besar, seperti ujian semester. Dengan pergi ke salon, treatment untuk rambut, wajah atau badan bisa dilakukan dan membuat diri menjadi senang serta puas.

    5 rekomendasi self reward di atas bisa dijadikan referensi untuk kamu lakukan, baik itu di sela-sela kegiatan kuliah atau saat hari libur. Mendapatkan self reward merupakan hak setiap orang dan sebagai bentuk cinta kepada diri sendiri yang harus mulai ditanamkan dari sekarang.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri