Default Avatar

Written By

Rudi Patria

4 Rekomendasi Terbaru untuk Kursus Digital Marketing 2022

2022-01-20

Digital

Daftar isi

    Kamu pernah dong mendapatkan iklan atau yang lebih dikenal dengan ads saat menggunakan social media seperti Instagram, YouTube atau Facebook! Terus penasaran kenapa kamu bisa mendapatkan ads tersebut? Tenang tenang, ads tersebut adalah salah satu pekerjaan dari seorang digital marketing lho.

    Nah, digital marketing adalah salah satu profesi yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Apalagi dengan adanya pandemi seperti saat ini, digital marketing menjadi suatu strategi yang wajib dilakukan agar dapat membangun, meningkatkan dan mempertahankan reputasi dari suatu brand.

    Kalau kamu baca blog ini, berarti kamu sedang mencari rekomendasi tempat kursus digital marketing. Tenang, Danacita sudah merangkum beberapa rekomendasi tempat kursus digital marketing terbaik khusus untuk kamu dan pastinya bisa pembayarannya bisa dicicil menggunakan Danacita.

    Kenapa Digital Marketing?

    Sebelum kita masuk ke rekomendasi Bootcamp Digital Marketing, kita bahas dulu yuk kenapa kita harus mengambil bootcamp Digital Marketing.

    Secara definisi, Digital marketing adalah sebuah komponen dari proses marketing yang menggunakan internet dan teknologi berbasis digital seperti komputer, ponsel pintar, ataupun media digital yang bertujuan untuk memasarkan servis ataupun produk.

    ada beberapa alasan kenapa kamu harus mengambil kursus bootcamp Digital Marketing. Diantaranya adalah:

    Terus Mengikuti Perubahan Tren

    Menjadi seorang digital marketer artinya mengharuskan kamu untuk selalu update terhadap isu terbaru. Apalagi di masa seperti sekarang ini, dimana orang lebih sering berinteraksi melalui media sosial. Artinya kalau kamu ingin menjadi seorang digital marketer, maka kamu wajib mengetahui cara kerja iklan di media sosial.

    Agar kamu selalu mendapatkan informasi terbaru dan paling update, ikut kursus digital marketing adalah langkah paling tepat untuk belajar.

    Biaya Yang Terjangkau

    Hal ini adalah salah satu alasan kenapa kamu harus mengambil kursus digital marketing. Selain kamu dapat mempelajari hal yang sama seperti sekolah atau kuliah fisik, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya yang cukup rendah, bahkan bisa gratis.

    Selain itu ada juga platform online yang menyediakan pilihan biaya secara tahunan. Jadi ini membantu kamu untuk mengakses semua kursus yang tersedia. Hal ini juga membuat waktu belajarmu lebih efisien karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya.

    Belajar Sesuai Dengan Ritmemu

    Semua orang memiliki ritme belajar yang berbeda, ada yang bisa memahami materi dengan sangat cepat, ada juga yang memerlukan waktu. Hal ini akan jarang terjadi ketika kamu mengambil kursus bootcamp digital marketing secara online. Kamu bisa belajar secara mandiri dan fokus kepada modul materi tanpa harus membebani orang lain.

    Saat ini, tersedia kursus online digital marketing yang bisa kamu akses selama satu tahun penuh. Jadi kamu bisa akses modul yang tersedia kapan saja. Dan kalau kamu memerlukan waktu lebih untuk memahami materi yang tersedia, kamu bisa mengulangnya terus-menerus sampai kamu paham.

    Tidak memerlukan syarat yang sulit

    Saat ini ada banyak kursus digital marketing yang tidak membutuhkan syarat apapun untuk mengikuti kelasnya. Kalaupun ada, syarat yang diperlukan hanyalah memiliki laptop atau komputer dan sambungan internet saja. Bahkan untuk mengikuti kursus digital marketing, kamu tidak perlu memiliki latar belakang lulusan marketing kok.

    Kamu bisa belajar topik apapun tanpa batas, dengan kemampuan yang sudah kamu miliki. Kursus digital marketing ini bisa membantu kamu menambah kemampuan dan keterampilan.

    Mendapat sertifikat sebagai pembuktian

    Pada umumnya, kursus digital marketing yang kamu ikuti akan memberikan sertifikat setelah kamu berhasil menyelesaikan modul materi, dan juga lulus dari ujian yang sudah disediakan. Memiliki sertifikat dari lembaga kursus digital marketing yang terpercaya seperti rekomendasi di bawah ini bisa menjadi nilai tambah kamu lho!

    Rekomendasi Kursus Digital Marketing Online

    Berikut adalah beberapa rekomendasi kursus Digital Marketing Online yang bisa kamu ambil secara gratis

    Google Digital Garage

    Google Digital Garage adalah kursus online yang diluncurkan oleh Google demi membantu kebutuhan pengguna yang ingin meningkatkan kempauan digita tanpa membayar sepeserpun. Kalau kamu ingin melatih kemampuan di bidang digital marketing, kamu bisa mengambil 26 modul dari kelas Fundamental Digital Marketing secara gratis lho! Selain itu kursus digital marketing yang sudah disediakan oleh Google Digital Garage ini sudah memiliki akreditasi dari The Open University, dan juga Interactive Advertising Bureau Europe.

    Kursus ini cocok untuk kamu yang sedang ingin belajar digital marketing, dan juga pemula yang baru saja memasuki dunia digital marketing. Setelah seluruh modul materi selesai, kamu juga akan mendapatkan sertifikat di akhir kursus online ini.

    Google Analytics Academy

    Untuk menjadi Digital Marketer yang handal, kamu wajib mempelajari Google Analytics. Pasalnya, Google Analytics adalah tools yang sangat penting untuk menarik data dan bisa membantu kamu untuk menentukan langkah selanjutnya.

    Nah, kamu bisa melatih kemampuan menggunakan tools Google Analytics dengan mengikuti Google Analytics Academy ini. Selain kursus ini gratis, kelebihan lainnya adalah kamu dapat memilih tipe kursus berdasarkan level. Mulai dari pemula hingga profesional. Di setiap materi, terdapat video dengan transkrip teks jadi dapat lebih memudahkanmu dalam belajar.

    Setelah mengikuti kursus ini, kamu bisa mengambil langkah selanjutnya yaitu Google Analytics Certification. Jadi kalau kamu bisa lulus ujian sertifikasi ini, bisa menjadi nilai tambah untuk kamu.

    Facebook Blueprint (Meta Blueprint)

    Facebook Blueprint adalah wadah untuk kamu yang ingin mempelajari digital marketing melalui Facebook. Facebook blueprint (yang sekarang berubah nama menjadi Meta Blueprint) adalah, kursus gratis yang menawarkan lebih dari 90 kursus dalam berbagai topik seperti memulai iklan Facebook, cara mengevaluasi iklan facebookmu, Optimasi iklan Facebook, meningkatkan penjualan secara online, media buying, leads generation, dan lain-lain.

    Meta Blueprint juga menyediakan ujian sertifikasi ini dapat diikuti mulai dai 15 hingga 50 menit. Tapi, untuk ujian sertifikasinya berbayar ya.

    SEMRush Academy

    SEMRUSH adalah perusahaan perusahaan penyedia tools SEO (search engine optimization) yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset keyword, mengamati keyword yang dipakai oleh kompetitor, audit website secara SEO, pengaturan backlink, dan sebagainya. Demi meningkatkan pelayanan bagi para pengguna SEMRush, perusahaan ini membuat sebuah akademi dengan tujuan agar dapat membatu melatih para Digital Marketer dalam SEO. Ada banyak pilihan kelas di kursus SEMRush Academy, seperti konsep dan dasar-dasar SEO, Content Marketing, dasar-dasar PPC, affiliate marketing dan social media marketing.

    Selain topik diatas, ada juga kelas tentang cara menggunakan SEMRush. Materi kursus dibuat dalam bentuk video dengan teks yang diajarkan langsung oleh profesional di bidang digital marketing. Estimasi waktu perkelasnya beragam. Mulai dari 30 menit hingga 5 jam, dan terdapat 34 modul yang dapat kamu pilih.

    Kursus ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Pendaftarannya gratis dan jika kamu telah menyelesaikan semua materi kursus beserta ujiannya, kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu pakai untuk menambah nilai jual.

    HubSpot Academy

    Rekomendasi selanjutnya adalah Inbound Digital Marketing di HubSpot Academy. Sesuai dengan namanya, di sini kamu dapat belajar tentang inbound marketing. Inbound marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan pemasaran konten, pemasaran media sosial, SEO dan branding kohesif dengan tujuan menarik pelanggan secara organik.

    Kursus ini mempunyai 11 modul dengan format video dan teks. Durasi pembelajarannya adalah 4,5 jam. Setelah kursus ini selesai, kamu akan mendapatkan sertifikat dari HubSpot.

    Oh iya, selain inbound marketing kamu juga mengikuti kelas digital marketing yang berbeda di HubSpot Academy lho!

    Bootcamp Digital Marketing Di Indonesia

    Nah kita sudah ngobrolin tempat kursus bootcamp Digital Marketing yang gratis, tapi yang perlu kamu tahu, kursus diatas itu bukan berasal dari Indonesia, jadi kamu diwajibkan untuk melatih terlebih dahulu bahasa inggris kamu.

    Kalau yang tidak bisa bahasa inggris gimana? Nggak perlu khawatir, ternyata di Indonesia juga punya lembaga kursus bootcamp Digital Marketing yang terpercaya lho.

    Keuntungan kursus Bootcamp Digital Marketing Indonesia

    Kalau kamu mempunyai kemauan untuk lebih tinggi lagi untuk menjadi seorang Digital Marketer, maka kamu wajib untuk mengikuti kursus bootcamp Digital Markerting yang ada di Indonesia, selain bahasa-nya disesuaikan ke bahasa Indonesia, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan dari para mentor yang terpilih dan berpengalaman di Digital Marketing.

    Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah, materi yang diberikan adalah materi yang disesuaikan untuk semua kalangan. Jadi kamu tidak perlu mempunyai latar belakang pendidikan marketing untuk mengikuti kursus bootcamp Digital Marketing. Oh iya, karena kursus ini ditujukan untuk semua orang (baik itu fresh graduate, ataupun kalangan profesional yang ingin shifting career), waktu belajarnya sangat fleksible lho! Jadi kamu ngga perlu khawatir dengan jadwal kamu yang padat

    Selain itu, ketika kamu sudah lulus ada kamu juga akan mempunyai kesempatan untuk disalurkan kerja ke perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan jasa digital marketing. Tentu ini sangat menarik bukan? Berikut adalah rekomendasi-rekomendasi kursus bootcamp Digital Marketing di Indonesia yang bisa kamu ikuti.

    RevoU

    Revou merupakan salah satu edutech yang menawarkan program belajar digital marketing dan merupakan gabungan dari dua lembaga pendidikan di Tiongkok dan Amerika Serikat. Kursus atau bootcamp digital marketing yang diadakan oleh RevoU biasanya berdurasi kurang lebih 3 bulan, dan dilanjutkan dengan program pelatihan dan pendampingan pencarian kerja selama 3 bulan berikutnya.

    RevoU menawarkan program REFUND untuk biaya kursus hingga 100%, jika kamu tidak mendapat pekerjaan setelah lulus program ini. Selain dari program REFUND, RevoU juga memiliki banyak keunggulan lainnya diantaranya adalah:

    • Metode Pembayaran Flexible melalui opsi metode cicilan ringan bulanan hingga kamu berhasil lulus dengan Danacita
    • Menguasai ilmu yang relevan dan diminati Industri melalui kerjasam sama yang dilakukan RevoU
    • Kelas yang langsung dipimpin Industri yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan top di Asia Tenggara dengan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

    Jika kamu memilih kursus bootcamp Digital Marketing RevoU, maka biaya yang perlu kamu investasikan untuk kelas Full Stack Digital Marketing adalah sebesar Rp16.000,000

    RevoU adalah partner resmi dari Danacita, jadi kamu bisa mengambil program SNPL (Study Now Pay Later), jadi selama 6 bulan masa pembelajaran, kamu akan belajar dulu tanpa perlu pusing tentang pembayaran. Baru pada bulan ke 7 kamu bisa memulai mencicil sesuai dengan program yang kamu pilih, yaitu cicilan 18-24 bulan. Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini ya!

    Baca juga: Informasi Terbaru Mengenai Biaya Kursus / Bootcamp di Revou

    Rakamin Academy

    Saat ini, kamu dapat mendaftarkan diri di Digital Marketing Bootcamp Batch 18 yang ditawarkan Rakamin Academy. Dilansir dari website resmi Rakamin Academy, ada beberapa alasan kenapa Rakamin Academy dapat membantumu untuk menjadi seorang digital marketing:

    • Layanan Career Profiler dan Konseling
    • Belajar langsung bersama expert dari perusahaan Top-Tech
    • Merasakan Pengalaman Kerja Virtual di perusahaan Top-Tech
    • Garansi 100% uang kembali jika dalam 6 bulan tidak mendapatkan pekerjaan

    Jika kamu memilih kursus bootcamp Digital Marketing Rakamin, maka biaya yang perlu kamu investasikan untuk kelas Full Stack Digital Marketing adalah sebesar Rp7.500,000

    Rakamin adalah partner resmi dari Danacita, jadi kamu bisa mengajukan cicilan mulai dari 3 sampai 12 bulan lho! jadi kamu akan lebih tenang dalam belajar, tanpa perlu memusingkan diri dengan biaya.

    Digital Skola

    Di program kursus digital marketing, para peserta akan diajarkan materi yang memiliki kaitan yang sangat erat dengan bidang digital marketing seperti creative copywriting & creative design. Selain itu, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar bersama para pengajar yang sudah sangat berpengalaman dan ahli di bidang digital marketing serta menggunakan kurikulum yang sudah up-to-date dengan kebutuhan industri.

    Setelah menyelesaikan kursus digital marketing, Digital Skola mempersiapkan para siswanya untuk menjadi lulusan digital marketing dengan memberikan kesempatan untuk melakukan internship atau magang sebagai Junior Digital Marketer di UMKM rekanan. Selain itu, kamu akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Digital Marketing yang membuat keahlianmu di bidang digital marketing semakin kredibel.

    Kalau kamu memilih kursus bootcamp Digital Marketing Digital Skola, maka biaya yang perlu kamu investasikan untuk kelas SkolaClass Digital Marketing adalah sebesar Rp7.000.000 untuk non BNSP dan Rp7.500.000 yang sudah termasuk sertifikat BNSP

    Digital adalah partner resmi dari Danacita, jadi kamu bisa mengajukan cicilan mulai dari 6 sampai 12 bulan lho! jadi kamu akan lebih tenang dalam belajar, tanpa perlu memusingkan diri dengan biaya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini ya!


    Baca juga: Cek Biaya Kursus & Bootcamp di Digital Skola Di Sini! Ada Pilihan Cicilannya Juga Pakai Danacita!


    Purwadhika

    Selain dari program bootcamp full-stack developer dan data science, Purwadhika juga menyediakan program pelatihan digital marketing dengan akses ke 500+ hiring partner yang telah memiliki kerjasama secara resmi dengan Purwadhika. Dii program pelatihan digital marketing ini, nantinya kamu akan dibimbing untuk melalui 3 tahapan, dari fundamental hingga specialist, untuk menguasai ilmu digital marketing.

    Nah, sebagai partner pendidikan teknologi terpercaya para profesional sejak 1987, Purwadhika tentu menawarkan banyak keunggulan diantaranya adalah:

    • Mentorship dengan para praktisi yang berpengalaman sehingga peserta program akan mendapatkan fasilitas mentorship dengan para praktisi yang telah berpengalaman di dunia industri digital.
    • Belajar dengan metode yang kamu inginkan. Purwadhika memberikan fleksibilitas bagi peserta dalam memilih metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan: on-campus, online, dan video learning
    • Tersedia jalur International Degree Pathway melalui kurikulum program Job Connector yang memungkinkan peserta program untuk melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya untuk mendapatkan gelar sarjana dari universitas internasional

    Kalau kamu memilih kursus bootcamp Digital Marketing Purwadhika, maka biaya yang perlu kamu investasikan untuk kelas Digital Marketing Job Connector Program adalah sebesar Rp45.100.000

    Purwadhika adalah partner resmi dari Danacita, jadi kamu bisa mengajukan cicilan mulai dari 6 hingga 12 bulan, atau dengan menggunakan SNPL (Study Now Pay Later). Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini ya!


    Baca juga: Cari Tahu Info Terbaru dan Biaya menjadi Digital Talent bersama Purwadhika, di sini!


    Danacita: Solusi Pembiayaan Pendidikan dan Pelatihan

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 50 institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan.

    Nah, itu dia 4 rekomendasi kursus digital marketing versi Danacita! Jika kamu ingin meningkatkan skills atau karir masa depan di bidang digital marketing, kamu dapat langsung mendaftarkan diri dan pastinya kamu bisa mengajukan di Danacita untuk pembiayaan pendidikan dan pelatihan kamu. Semoga informasinya bermanfaat!

    [SEO]

    📞Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!