Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Rencana S2? Pilih Magister Teknik Informatika

2022-09-09

Daftar isi

    Memiliki gelar magister setelah lulus studi S2 merupakan hal yang membanggakan bagi mayoritas orang. Pasalnya, dengan menyandang status pendidikan S2, kamu dianggap lebih unggul dan intelektual. Kuliah S2 juga memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri. Salah satunya, karakter kamu lebih matang dan lebih siap dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Selain itu, pendidikan S2 bisa membuka peluang untuk mendapatkan banyak relasi dan pengalaman.

    Salah satu program magister yang memiliki keuntungan dalam karir dan masa depan adalah teknik informatika. Bagi para lulusan jurusan teknik informatika tidak jarang akan dilirik oleh sejumlah industri atau perusahaan. Hal ini karena teknologi saat ini kian bertambah canggih dan membuat seluruh pekerjaan akan terbantu dengan adanya kehadiran teknologi baik adanya robot atau komputer. Dengan begitu, maka lulusan teknik informatika akan banyak diincar dan dibutuhkan industri.

    Nah, jika kamu tertarik mengambil magister teknik informatika, mari simak penjelasannya di bawah ini.

    Apa Itu Magister Teknik Informatika?

    Teknik Informatika sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan menerapkan analisis matematis dan prinsip ilmu komputer dalam merancang, menguji, mengembangkan, dan mengevaluasi kinerja komputer, software, dan sistem operasi.

    Kuliah jurusan teknik informatika mengharuskanmu belajar tentang pengolahan data menggunakan teknologi komputer. Dalam hal ini, proses dan prinsip logika berperan amat sangat penting.

    Mahasiswa di jurusan teknik informatika akan belajar mengenai dasar dari pemrograman, cara kerja komputer, jaringan komputer hingga sistem komputer secara lebih detail dan mendalam. Dengan begitu, tidak menjadi suatu hal yang mengherankan jika lulusan dari teknik informatika akan menguasai bagian dalam atau hardware serta bagian luar atau jaringan dengan baik.

    Bila kamu bercita-cita untuk menjadi seorang programmer, computer engineer, dan berbagai profesi yang berhubungan dengan ilmu komputer yang dipelajari di jurusan IT, maka keputusan untuk melanjutkan studi S2 sudah tepat. Ingat kembali bahwa matematika dan coding akan setiap hari ditemui.

    Untuk jenjang magister, setiap kampus biasanya memiliki fokus pembelajarannya masing-masing. Mahasiswa magister harus memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada. Meskipun belajar dengan fokus pilihan yang berbeda-beda, setiap mahasiswa magister teknik informatika akan memperoleh salah satu dari 4 gelar berikut ini.

    1. M.T. (Magister Teknik)

    Gelar Magister Teknik diberikan kepada mahasiswa S2 jurusan Teknik Informatika. kampus yang menggunakan gelar ini biasanya memiliki jurusan teknik informatika di Fakultas Teknik. Jadi, meskipun kamu belajar di bidang ilmu komputer, akan mendapat gelar yang sama dengan lulusan magister teknik lainnya, seperti teknik industri, teknik mesin, dan teknik sipil.

    2. M.Kom. (Magister Komputer)

    Gelar M.Kom merupakan singkatan dari Magister Komputer. Diberikan kepada mahasiswa pascasarjana atau S2 teknik informatika. Biasanya, gelar ini digunakan oleh kampus-kampus yang memiliki jurusan teknik informatika di Fakultas Ilmu Komputer.

    3. M.Eng. (Master of Engineering)

    Gelar magister teknik informatika yang selanjutnya adalah M.Eng atau singkatan dari Master of Engineering. M.Eng merupakan gelar yang sering dipakai di kampus-kampus luar negeri atau di negara-negara yang menganut sistem Anglo-Saxon. Di Indonesia, gelar ini setara dengan Magister Teknik atau M.T.

    4. M.Pd. (Magister Pendidikan)

    Sesuai namanya, gelar M.Pd. diberikan kepada lulusan S2 jurusan pendidikan teknik informatika. Mahasiswa yang mendapatkan gelar ini tidak mengambil jurusan bukan teknik informatika murni yang ada di Fakultas Teknik atau Fakultas Ilmu Komputer, melainkan jurusan pendidikan teknik informatika yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Magister Informatika

    Setiap kampus yang memiliki jurusan ini tidak serta merta seluruh kurikulumnya sama. Beberapa mata kuliah pasti ada yang sama, ada pula yang berbeda. Beberapa mata kuliah mungkin juga memiliki penamaan yang berbeda, dengan inti pembelajarannya sama.

    Namun, secara umum mata kuliah yang dipelajari di magister informatika, di antaranya:

    • Ilmu Komputer (CS: Computer Science)
    • Rekayasa Perangkat Lunak dan Inovasi (SEI: Software Engineering and Innovation)
    • Sistem Informasi (IS: Information System)
    • Teknologi Informasi (IT: Information Technology)
    • Sistem Inteligensi (IntS: Intelligent System)
    • Teknologi Media dan Piranti Bergerak (MMT: Media and Mobile Technology)
    • Komputasi Cloud (CC: Cloud Computing)
    • Sains Data dan Intelegensi Buatan (DS-AI: Data Science and Artificial Intelligence)
    • Keamanan Siber (CSec: Cyber Security)

    Keuntungan Ambil Magister Sistem Informatika

    Dilihat dari ragam mata kuliah magister teknik informatika yang telah disebutkan, kamu tentu bisa menduga kalau materi Teknik Informatika berisi bahasa pemrograman seperti C++, Ruby, Javascript, Haskell, Go, Perl, PHP, C, C#, Java, atau Python. Pada dasarnya, seluruh bahasa pemrograman tersebut membutuhkan kemampuan logika yang kuat. Biasanya seseorang dengan cara berpikir yang sistematis cenderung memiliki dasar logika yang kuat.

    Bukan hanya logika, namun pelajaran Informatika yang terkait dengan Matematika Diskrit, Statistika, Kalkulus, Aljabar, bahkan Algoritma juga membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Ketelitian ini pun sangat dibutuhkan saat kamu mengerjakan coding.

    Tak semua orang bisa mengerti bahasa pemrograman, tetapi mahasiswa magister sistem informatika tentu akan lebih paham dan mengerti bahasa tersebut. Faktanya, hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan dari jurusan ini untuk membangun sistem informasi yang dibutuhkan.

    Jenjang Karir Magister Teknik Informatika

    Buat kamu yang berminat melanjutkan magister teknik informatika, tak usah khawatir karena tidak kebagian lapangan kerja. Sebab, peluang atau prospek kerja lulusan magister teknik informatika masih sangat luas dan beragam, diantaranya:

    • Teknopreneur
    • Dosen TI (PNS/Swasta)
    • Manajer IT
    • Konsultan IT
    • Project Manager
    • Trainer IT
    • Data Scientist
    • System Analyst
    • Software Engineer
    • Cyber Security Analyst

    Itulah penjelasan lengkap mengenai Magister Teknik Informatika. Bagi kamu yang berencana mengambil bidang ini, akan lebih baik jika kamu memperdalam atau mempelajari terlebih dahulu agar mendapat gambaran seperti apa bidang ini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Teknik Informatika magister teknik informatika
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri