Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Cari Tahu di Sini Serunya Kuliah UNIKOM Bandung Mulai Dari Organisasi, Kegiatan Hingga Prestasi Mahasiswa UNIKOM Bandung

2022-04-07

unikombandung-kegiatan.webp

Mahasiswa UNIKOM Bandung

Daftar isi

    Menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi memberikan kesempatan mahasiswa untuk melatih hardskill dan softskill yang dimilikinya. Perguruan tinggi yang baik dan berkualitas sebaiknya memiliki banyak fasilitas yang dapat mendukung tumbuh kembang mahasiswa, baik di ranah akademis maupun non akademis. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki kemampuan dalam menyokong berbagai macam aktivitas mahasiswa adalah Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM ) Bandung.

    Baca juga: Wajib tahu! Ini 4 Keunggulan Kuliah di UNIKOM Bandung

    Mengenal UNIKOM Bandung

    Universitas Komputer Indonesia Bandung atau yang juga dikenal dengan sebutan UNIKOM Bandung merupakan universitas swasta di Indonesia yang berfokus di bidang science dan teknologi. Memiliki moto Quality is Our Tradition, UNIKOM Bandung telah menjadi salah satu universitas swasta yang terkemuka karena kualitas pendidikannya dengan meraih prestasi secara akademik maupun non-akademik baik di tingkat nasional maupun internasional.

    UNIKOM Bandung memiliki 6 fakultas dan 3 program pascasarjana yang meliputi:

    • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    • Fakultas Hukum
    • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Fakultas Desain
    • Fakultas Ilmu Budaya
    • Magister Sistem Informasi
    • Magister Desain
    • Magister Manajemen

    UNIKOM Bandung memiliki program mandiri UNIKOM TV, UNIKOM Radio, dan UNIKOM Klinik sebagai sarana menyalurkan minat mahasiswa dibidang media dan kesehatan. UNIKOM Bandung bahkan memiliki UNIKOM Kreasi Media yang merupakan sebuah perusahaan media dan multimedia dengan fokus pada Program TV, Film, dan Animasi.

    Menjelajahi Kegiatan Mahasiswa UNIKOM Bandung

    Selain mendorong perkembangan mahasiswa dalam bidang perkuliahan, UNIKOM Bandung juga memiliki beberapa kegiatan mahasiswa dalam bentuk organisasi kemahasiswaan. Pengertian organisasi kemahasiswaan disini merujuk pada sebuah wadah yang beranggotakan mahasiswa untuk memberikan ruang bagi bakat dan minat mahasiswa. Tujuan organisasi mahasiswa sudah pasti untuk mengembangkan aspirasi, kreativitas, dan potensi mahasiswa dalam rangka melatih hardskill sekaligus softskill mahasiswa.

    Salah satu organisasi kemahasiswaan yang umumnya dimiliki oleh setiap perguruan tinggi adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang biasanya bentuk dan tujuannya mirip dengan Organisasi Siswa (OSIS) di sekolah tingkat menengah. UNIKOM Bandung memiliki BEM untuk organisasi kemahasiswaan tingkat universitas. Sedangkan pada tingkat program studi, UNIKOM Bandung juga memiliki HIMA (Himpunan Mahasiswa) yang menekankan pada sifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan program studi.

    Selain BEM dan HIMA, ada juga organisasi kemahasiswaan yang berbentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dibentuk berdasarkan kesamaan minat, baik di bidang olahraga, seni atau lainnya. Berikut merupakan daftar UKM di UNIKOM Bandung:

    • UKM Bidang Olahraga
    • UKM Bela Diri
    • UKM Seni dan Kreativitas
    • UKM Keagamaan
    • UKM Teknologi Informasi
    • UKM Kesehatan
    • UKM Pers Birama
    • UKM YES (Youth English Society)
    • UKM HIPMA (Himpunan Pengusaha Mahasiswa)
    • UKM Pramuka
    • UKM Pecinta Alam Mapaligi

    Untuk informasi lebih lengkap terkait UKM di UNIKOM Bandung, bisa langsung kunjungi website https://www.unikom.ac.id/page/ukm

    Mengintip Event Seru Mahasiswa UNIKOM Bandung

    Organisasi kemahasiswaan yang beragam pastinya memiliki banyak event mahasiswa yang seru. Hampir setiap tahunnya, setiap organisasi akan melakukan rekrutmen dan penyambutan anggota baru. Contohnya UKM HIPMA yang rutin mengadakan kegiatan P2MU (Pengkaderan Pengusaha Mahasiswa Unikom). Rangkaian P2MU ini biasanya mencakup seminar pelatihan keuangan dan pembuatan business plan.

    Kegiatan rutin juga dilakukan BEM UNIKOM Bandung yang selalu mengadakan JARKOM (Jambore Unikom) hampir di setiap tahun. Kegiatan ini berupaya untuk mempererat budaya gotong royong khususnya rasa kebersamaan di lingkungan organisasi mahasiswa UNIKOM Bandung.

    Selain itu, setiap organisasi memiliki kegiatan mahasiswa masing-masing yang sesuai dengan bidangnya. Contohnya HIMA Ilmu Pemerintahan yang mengadakan Webinar “Peran Penting E-Commerce dalam Memaksimalkan Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi di Jawa Barat” pada hari Sabtu, 19 Maret 2022. Webinar ini ditujukan untuk menambah ilmu yang berkaitan dengan situasi ekonomi sekarang di Jawa Barat baik menurut pemerintah, akademisi, dan pengusaha.

    Melihat Prestasi Mahasiswa UNIKOM Bandung

    Mahasiswa UNIKOM Bandung memiliki potensi yang menarik untuk terus digali dan dikembangkan baik di bidang akademik maupun non akademik. Untuk bidang akademik, beberapa prestasi yang cukup membanggakan, yaitu:

    • Medali Perunggu kategori Research and Development AICTA (ASEAN ICT Award) di Myanmar pada Oktober 2021
    • Merit Award kategori Tertiary Student (Consumer & Community) APICTA (Asia Pacific ICT Alliance) di Malaysia secara online pada Oktober 2021
    • Juara 1 kategori Traffic Management System in Coastal Regions, Juara 2 kategori Prediction of Oil Spills Events at Sea (POSEatSea), dan Juara 2 kategori Automated Animal Identification and Detection of Species (AAIDeS) tingkat Internasional pada Februari 2021

    Bidang non akademik juga memiliki beberapa prestasi yang mengagumkan, seperti:

    • Juara 1 Fotografi tingkat nasional pada Februari 2022
    • Juara 1 Film Pendek Under 60s tingkat nasional pada September 2021
    • Juara 1 Iklan layanan Masyarakat tingkat nasional pada Desember 2021
    • Juara 5 Puteri Tari Intelegensia Indonesia tingkat nasional pada Juni 2021

    Untuk informasi lebih lengkap terkait prestasi mahasiswa di UNIKOM Bandung mulai dari tingkat universitas sampai tingkat internasional, bisa langsung kunjungi website https://prestasi.unikom.ac.id/

    Nah, itu tadi merupakan rangkuman mengenai kegiatan asik di UNIKOM Bandung mulai dari organisasi kemahasiswaan dan juga prestasi mahasiswa. Kalau informasi ini bermanfaat, bisa langsung klik suka pada artikel ini. Artikel ini juga bisa dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan informasi yang sama.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UNIKOM Bandung Kegiatan Mahasiswa UNIKOM Bandung
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria