Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Siap Jadi Mahasiswa UNINUS? Yuk Kenal Lebih Dalam!

2022-08-31

mengenal-uninus-2022-2023

Gedung Univesitas Islam Nusantara (UNINUS). Source: uninus.ac.id

Apa itu Universitas Islam Nusantara?

Universitas Islam Nusantara atau biasa disingkat UNINUS merupakan sebuah kampus swasta tertua & bersejarah berada di Jawa Barat Atau tepatnya di Jl. Soekarno - Hatta No. 530 Kota Bandung. Awalnya, kampus ini bernama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) dan lahir pada 30 November 1959. Kemudian pada tanggal 15 April 1969 UNNU resmi berganti nama menjadi Universitas Islam Nusantara (UNINUS) yang dikenal hingga saat ini.

Sejarah Singkat UNINUS

Seperti yang disebutkan sebelumnya, UNINUS awalnya bernama UNNU dan lahir lahir atas perwujudan cita-cita para ulama yang berhimpun dalam Keluarga Besar ulama Ahlusunnah wal Jamaah An-Nahdliyah dan umat Islam umumnya sebagai bukti bakti dalam upaya mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, menuju ke arah terwujudnya masyarakat adil dan makmur dalam naungan maghfiroh dan ridla Allah Subhanahuwata’ala.

Saat pertama kali berdiri, kampus ini berada dalam pembinaan Yayasan Pembina Universitas Nahdlatul Ulama yang diasuh oleh K.H. Idham Khalid (Alm.), K.H Subhan Z.E. (Alm.), K.H. Achsien (Alm.), K.H. Habib Utsman (Alm.), dan lain-lain. Adapun sebagai pimpinan hariannya adalah K.H. E.Z. Muttaqien (Alm.) yang dikuasakan kepada Prof. Dr. Achmad Sanusi, S.H., MPA.

Seiring perkembangannya, UNINUS telah beberapa kali mengalami pergantian rektor, diantaranya H.M. NAWAWI (1976-1980, 1980-1987), Prof. Dr. H. Tb. Abin Sjamsuddin Ma’mun, MA (1989-1990), Ir. H. Kusman Kusumanegara, M.Rp (1995-1999, 1999-2001), Prof. Dr. H. Djudju Sudjana, M. Ed (2001-2002), Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd (2002-2006), Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd (2007-2010, 2011-2014), Dr. Suhendra Yusuf, MA (2014-2019).

Perubahan nama dari UNNU menjadi UNINUS tidak lepas dari dinamika politik di tahun 1969, serta bergabungnya beberapa perguruan tinggi, seperti Fakultas Hukum Universitas Ibnu Khaldun, Akademi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Tinggi Dakwah Islam, dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Bandung. Misi utama dari UNINUS adalah membentuk manusia unggul yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jama'ah An-Nahdliyah, mandiri, berakhlak mulia, dan memiliki wawasan kebangsaan serta rasa cinta tanah air

Dalam mewujudkan tujuan luhur pembangunan manusia yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah serta masyarakat yang adil, makmur jasmani dan rohani yang diridhoi oleh Allah SWT, maka UNINUS menyiapkan peserta didik untuk menjadi cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang bertaqwa, berakhlak mulia, dan memiliki keunggulan dalam keislaman, keilmuan, kepemimpinan, dan kemandirian.

Fakultas dan Program Studi UNINUS

1. Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi (FE) UNINUS merupakan fakultas pertama yang lahir di kampus ini, tepatnya pada 19 November 1959. Prodi Manajemen terbentuk bersamaan dengan pendirian Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) yang saat itu diberi nama Jurusan Ekonomi Perusahaan.

Prodi Manajemen FE-UNINUS ditujukan untuk berkontribusi dalam pengembangan sumberdaya manusia di bidang manajemen bisnis, yaitu akan selalu dan harus mengambil bagian dalam memenuhi tantangan dan tuntutan nasional maupun global yang amat penting dalam pengembangan ilmu dan praktik manajemen bisnis serta siap menampilkan keunggulan wawasan, sistem kerja, perilaku dan keluarannya.

Selain manajemen, FE-UNINUS juga memiliki prodi Akuntansi. Prodi ini menyelenggarakan pembelajaran dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang akuntansi yang mempunyai keahlian dan keterampilan dalam proses penyusunan laporan keuangan yang secara spesifik pada bidang; akuntansi manajemen, audit, akuntansi syariah dan perpajakkan.

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga termasuk dari beberapa fakultas pertama di UNINUS. FKIP UNINUS telah berpengalaman menyelenggarakan program sarjana selama 34 tahun, sejak 1982. Misi dari fakultas ini salah satunya adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang mandiri dan unggul sesuai dengan nilai-nilai Islam dan tuntutan lingkungan di sekitarnya;

Saat ini, terdapat 8 prodi yang ada di FKIP UNINUS, yaitu:

  • Pendidikan Luar Biasa (PLB)
  • Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
  • PG PAUD
  • Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Pendidikan Matematika
  • PPKn

3. Fakultas Agama Islam

Fakultas Agama Islam (FAI) UNINUS lahir melalui surat Surat Keputusan Rektor No.596-Kep/R-UIN/II/1989 tanggal 17 Februari 1989 bertepatan dengan tanggal 11 Jumadil Akhir 1409 H tentang pembentukan Panitia persiapan Pendirian Fakultas Agama Islam yang awalnya bernama Fakultas Ushuluddin.

Terdapat 4 prodi di FAI-UNINUS, di antaranya:

  • Pendidikan Agama Islam
  • Perbankan Syariah
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam

4. Fakultas Hukum

Fakultas HUKUM (FH) UNINUS lahir sesuai dengan ketentuan pasal 1 ayat (2) tentang Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. NO. 0325/U/1994, khusus untuk pendidikan tinggi ilmu hukum dikenal hanya ada satu program studi, yaitu Program Studi Ilmu Hukum dengan 8 (delapan) bagian sebagai unsur pelaksana akademik fakultas untuk pengelolaan sumberdaya manusia bagi pengembangan Ilmu Hukum.

Kedelapan bagian tersebut yaitu Dasar-dasar Ilmu Hukum, Hukum keperdataan, Hukum pidana, Hukum tata negara, Hukum administrasi negara, Hukum internasional, Hukum dan masyarakat, dan Hukum acara.

5. Fakultas Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) UNINUS berdiri pada 16 Agustus 1984 dan menaungi tiga jurusan saat itu, yaitu: Jurusan Ilmu Humas (Status Disamakan), Jurusan Ilmu Jurnalistik (Status Disamakan), dan Jurusan Ilmu Perpustakaan (Status Disamakan).

Dalam perkembangannya, saat ini terdapat dua prodi di FIKOM UNINUS yaitu Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan.

6. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian merupakan sebuah fakultas di UNINUS yang selalu berupaya ikut terlibat mentransformasikan pengetahuan di bidang agroteknologi dan Pertanian guna mengabdikan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi bangsa, negara dan umat manusia. Visi dari fakultas ini adalah Menjadi Fakultas Pertanian Islam yang memegang teguh Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah dan Fakultas Pertanian unggulan di tingkat nasional dan internasional di tahun 2035.

7. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik UNINUS merupakan sebuah fakultas yang memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi akademik serta integritas pribadi sebagai cendekiawan muslim. Selain itu juga menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya berdasarkan nilai-nilai keislaman yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Berikut program studi yang ada di FT UNINUS:

  • Teknik elektro
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika

Fasilitas dan Keunggulan UNINUS

UNINUS berbagai macam fasilitas umum untuk membantu mahasiswa dan semua civitas akademika nyaman beraktivitas di dalamnya. Fasilitas tersebut bervariasi mulai dari bervariasi seperti perpustakaan, gazebo, kantin, sarana dan prasarana olahraga, masjid, dan yang lainnya.

Di dalam kelas mahasiswa mendapatkan fasilitas kelas Ber-AC serta proyektor untuk menunjang pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Kamu juga dapat bereksplorasi di lab komputer untuk menyalurkan minat dan bakat.

Dengan berbagai fasilitas ini diharapkan mahasiswa dapat berperan aktif di luar kegiatan kampus agar tetap berkreasi di luar jam kuliah, dapat membaca buku, berolahraga, atau bertukar pikiran dengan teman di lingkungan yang nyaman.

Bayar Biaya Kuliah di UNINUS Dengan Danacita

Untuk kamu yang ingin berkuliah di UNINUS namun memiliki kendala dengan biaya, nggak perlu gusar lagi karena Danacita siap membantumu mewujudkan mimpi pendidikanmu. Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

Platform pinjaman pendidikan untuk mahasiswa dan peserta pelatihan ini memiliki persyaratan yang cukup mudah untuk pengajuan peminjaman. Pinjaman ini tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit seperti mewajibkan jaminan atau agunan seperti aset dan surat berharga lainnya.

Informasi selengkapnya, silahkan cek di sini.

Itu dia informasi lengkap seputar Universitas Islam Nusantara (UNINUS). Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang ingin melanjutkan kuliah.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

jurusan-kuliah-uninus uninus
Default Avatar

Written By

Esa Tauran