Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Social Media Specialist vs Social Media Strategist: Bedanya apa?

2022-11-06

social-media-specialist-vs-social-media-strategist

Daftar isi

    Semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan social media sebagai salah satu strategi bisnis, menjadikan posisi pekerjaan di bidang tersebut juga semakin kompleks. Social media sendiri adalah suatu platform dengan fasilitas yang membuat penggunanya dalam hal ini masyarakat dapat melakukan aktivitas sosial. Aktivitas sosial ini bisa seperti komunikasi sebagai interaksi sosial dengan mengirim atau memberi informasi, berbagi foto dan video dan lain sebagainya sesuai dengan fasilitas yang dimiliki.

    Saat ini, social media menjadi wadah yang tepat bagi perusahaan maupun pebisnis kecil lainnya sebagai tempat promosi atau pengenalan produknya terhadap pelanggan maupun calon pelanggan. Oleh karena itu, social media mempunyai peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang sebuah perusahaan.

    Tak heran, jika banyak jenis-jenis pekerjaan social media, seperti social media specialist dan social media strategist. Berikut akan dijelaskan dengan lengkap mengenai kedua profesi tersebut.

    Apa Itu Social Media Specialist?

    Social media specialist adalah fokus pada pembuatan konten digital yang menarik dan kreatif untuk berbagai platform media sosial perusahaan. Nantinya, kamu akan melapor ke manajer media sosial dan bekerja sama dengan tim digital marketing untuk menghasilkan strategi pemasaran media sosial yang akan mempromosikan keterlibatan pelanggan dan menaikkan kesadaran merek.

    Pembuatan konten harus kreatif agar pesan atau promosi yang ingin disampaikan dapat menarik minat pembeli. Social Media Specialist harus terus berinovasi agar konten tetap menarik dan tidak membosankan. Hubungan baik dengan pelanggan juga harus dijaga demi mempertahankan konsumen dan memperoleh konsumen baru.

    Baca juga: Social Media Specialist: Pengertian, Fungsi, dan Gaji Seorang Social Media Specialist

    Apa Itu Social Media Strategist?

    Social media strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menjalankan online campaign untuk bisnis. Merekalah yang mengelola semua aktivitas di dalam akun media sosial, guys. Mulai dari memposting konten, mengomentari hingga menanggapi pertanyaan followers. Mereka bisa membantu menghasilkan prospek baru, mempertahankan pelanggan, termasuk membangun loyalitas.

    Adapun tugas khusus para social media strategist adalah, bikin konten asli, menarik audiens dan beriklan di media sosial. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menyusun strategi jangka panjang yang sesuai dengan goal dan kebutuhan perusahaan saat ini.

    Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

    Setelah mengetahui pengertian social media specialist. Kini, kamu bisa mengetahui apa yang dilakukannya selama bekerja sehari-hari. Sudah pasti berkaitan dengan media sosial, berikut job description-nya lengkapnya:

    • Merencanakan dan menciptakan konten yang memiliki value di akun media sosial perusahaan yang berdasarkan dari riset yang mendalam, target audiens yang jelas, dan platform sosial media yang tepat.
    • Membuat, menyunting, mengelola, dan mempublikasikan konten yang relevan bagi audiens dan mendorongnya untuk melakukan pembelian atau tertarik akan postingan tersebut.
    • Membuat jadwal untuk posting konten.
    • Mengoptimasi media sosial untuk meningkatkan daya tarik audiens.
    • Berkomunikasi dengan followers di media sosial.
    • Menggunakan tools analitik seperti Google Analytics atau Facebook Insights.
    • Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap bulannya.
    • Berkomunikasi dengan tim desain grafis untuk menyusun visual konten.
    • Memahami perkembangan tren di media sosial untuk membuat konten yang lebih baik dan selalu update.

    Fungsi dan Tugas Social Media Strategist

    Sedangkan seorang social media strategist memiliki tugas setiap harinya, di antaranya adalah:

    • membuat content calendar baik mingguan atau bulanan
    • berinteraksi dengan customer dalam akun media sosial dari brand yang diurus
    • membalas komentar, melempar pertanyaan, posting konten yang engaging, dan mendorong para customer untuk meninggalkan review atau komentar
    • mengoptimasi akun media sosial untuk terlihat lebih menarik, seperti profile picture, deskripsi, dan call to action
    • menganalisis dan tracking hal-hal penting lainnya dari akun media sosial dengan menggunakan tools analisis
    • mengevaluasi dan melakukan action berdasarkan insight yang ada
    • mendorong tim untuk selalu memberikan ide-ide segar, memberi saran untuk konten dan juga feedback
    • melakukan sesi foto untuk brand atau produk
    • bekerja sama dengan para influencer
    • menciptakan landing page untuk launching produk
    • mengarahkan traffic untuk mengunjungi website
    • mengimplementasi strategi terbaik untuk setiap platform media sosial
    • membuat strategi untuk meningkatkan subscriber dalam email
    • menciptakan konten yang engaging
    • mempersiapkan report analisis
    • menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan jumlah followers

    Gaji Social Media Specialist

    Gaji social media specialist mempunyai variasi gaji yang beragam. Untuk menjadi seorang social media specialist dan masih berada di tahap awal karir atau pemula, gaji disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) di setiap daerah tempat tinggal masing-masing.

    Untuk pemula, gaji berada pada rentang gaji sekitar 3 Juta Rupiah. Lalu, yang sudah memiliki banyak pengalaman dan telah mahir dalam bidang profesi ini, rentang gaji yang didapat mulai dari 7 Juta Rupiah atau lebih yang disesuaikan dengan kualifikasi yang diminta setiap perusahaan.

    Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin kompetitif, tidak menutup kemungkinan suatu perusahaan menawarkan gaji yang lebih besar untuk profesi ini yang memiliki potensi dan pengalaman yang lebih. Maka, posisi ini pasti akan terus dibutuhkan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital khususnya bagi generasi milenial yang mampu memajukan suatu perusahaan melalui pemanfaatan media sosial yang mumpuni.

    Gaji Social Media Strategist

    Dengan tanggung jawab dan tugas yang begitu padat, biasanya upah para social media strategist merupakan salah satu dari yang paling menjanjikan. Pada dasarnya, upah para pekerja di berbagai industri tergantung dari kebijakan perusahaan dan juga standar UMR di daerah masing-masing. Pada social media strategist pemula biasanya mengikuti UMR daerah, yaitu mulai dari 3 juta rupiah.

    Jika kinerja dan performa kalian sebagai social media strategist terbilang stabil, maka gaji yang mungkin perlu diberikan untuk posisi tersebut bisa mencapai Rp10.000.000. Jika bekerja di kota besar seperti Jakarta, maka gaji seorang social media strategist bisa lebih besar lagi. Tentu saja, hal itu bergantung pada keahlian yang dimiliki dan perusahaan yang mempekerjakan social media strategist.

    Perbedaan Utama Social Media Specialist dan Social Media Strategist

    Beberapa di antara kamu mungkin masih bertanya-tanya apa perbedaan dari seorang social media specialist dan social media strategist. Mereka memang sama-sama menjadi tim media sosial, namun ada hal yang dapat membedakannya, yaitu detail pekerjaan.

    Social media specialist bertugas menjadi seorang eksekutor sebuah campaign dengan berbekal layar belakang followers per akun sosial media. Sedangkan social media strategist memiliki beragam data turunannya agar campaign objective sesuai dengan timeline dari awal sampai akhir campaign.

    Seluruh hasil social media strategist akan dieksekusi social media specialist, setelah dieksekusi evaluasi akan dijalankan bersama-sama. Disitulah seorang social media strategist memiliki analisa data terkait setelah campaign yang bisa jadi pendekatan baru dalam mencapai tujuan.

    Mau jadi Social Media Specialist Atau Strategist? Saatnya Ikut Bootcamp Pilihan

    1. Hacktiv8

    Kelas Digital Marketing Hacktiv8 menyiapkan kurikulum yang dirancang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri terkini agar siswa dapat merancang strategi dan praktik dalam menjalankan campaign digital marketing. Kamu akan belajar selama 8 minggu dengan dibimbing instruktur profesional dan fasilitas 1-on-1 mentoring serta sesi konsultasi pengembangan diri untuk memiliki growth mindset.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Rakamin

    Rekomendasi bootcamp selanjutnya adalah Rakamin dengan 62 sesi belajar selama 4 bulan. Tersedia juga tambahan program Job Guarantee selama tiga bulan dengan 25 sesi yang terdiri dari program membangun CV dan portofolio, latihan interview serta bimbingan karier sampai mendapatkan pekerjaan. Kamu akan mendapatkan 49 sesi belajar dan 14 sesi mentoring selama empat bulan bersama tutor expert dari perusahaan top-tech seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, hingga Shopee.

    Metode belajar di Rakamin berupa live session dan self learning dengan akses ke lebih dari 40 sesi video learning dan bahan bacaan yang bisa kamu akses selamanya, tugas, ujian, mini project dan VIX (Virtual Internship Experience) di perusahaan top-tech.

    Informasi selengkapnya di sini.

    3. Digital Skola

    Selama 3 bulan kamu akan mengikuti kelas intensif digital marketing dengan berbagai materi yang sudah disiapkan. Mulai dari Social Media, SEO/ SEM, Content Marketing, Performance Marketing, hingga Digital Strategist.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Ikut Bootcamp Jadi Mudah dengan Cicilan Danacita

    Itulah informasi lengkap seputar social media specialist dan social media strategist mulai dari penjelasan hingga rekomendasi bootcamp. Jika kamu tertarik untuk kursus di salah satu rekomendasi bootcamp yang sudah dipaparkan sebelumnya tapi terkendala akan masalah biaya, tak perlu khawatir karena Danacita sudah bekerjasama dengan ketiga lembaga kursus tersebut dalam memberikan pembiayaan pendidikan.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain dengan ketiga lembaga di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terpercaya.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya pendidikanmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Jika kamu tertarik untuk mengajukan, bisa langsung klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!