Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Social Media Specialist: Pengertian, Fungsi, dan Gaji Seorang Social Media Specialist

2022-11-02

Blog-Danacita-social-media-specialist-gaji-tugas-tanggungjawab

Banyak dari kamu yang mungkin sudah familiar dengan istilah Social Media Specialist. Pekerjaan satu ini belakangan menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. Hal ini karena perkembangan social media yang begitu pesat. Dampak yang dirasakan tidak hanya untuk aktivitas keseharian saja, tetapi juga aktivitas bisnis.

Di era digital saat ini, mau tidak mau sebuah bisnis harus memiliki setidaknya satu dari sekian banyaknya platform social media. Untuk benar-benar bisa mengoptimalkan platform tersebut, tentu tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Ada skill skill khusus yang dibutuhkan dan hanya bisa dikerjakan oleh seorang Social Media Specialist.

Apa sih sebenarnya Social Media Specialist? Apa fungsinya dan apa saja skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Social Media Specialist? Temukan jawabannya pada artikel berikut.

Mengenal Social Media Specialist

Sesuai dengan namanya, Social Media Specialist merupakan suatu pekerjaan yang bertanggungjawab untuk memegang dan mengoptimalkan akun media sosial suatu brand atau bisnis. Pekerjaan ini tidak hanya sekedar memposting konten dan membalas DM atau komentar yang masuk pada akun tersebut.

Namun terlibat juga dalam proses riset, membuat, mengelola, hingga menganalisa atau mengevaluasi konten yang sudah dibuat di semua platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Tujuannya tentu saja untuk membangun audiens dan memastikan keterlibatan pelanggan.

Oleh karena itu, Social Media Specialist harus benar-benar memahami audiens yang ditargetkan untuk setiap channel sosial media, membuat konten persuasif yang sesuai dengan audiens yang dituju, dan unik untuk interaksi khas setiap saluran.

Baca juga: Social Media Specialist vs Social Media Strategist: Bedanya apa?

Fungsi dan Tanggung Jawab Social Media Specialist

Sebenarnya, fungsi dan tanggungjawab seorang Social Media Specialist dapat beragam bergantung pada perusahan dan seberapa besar timnya. Akan tetapi, setiap Social Media Specialist memiliki standar pekerjaan yang umum dilakukan. Seperti:

  • Melakukan riset mendalam terhadap tren, kompetitor, konten, dan lain sebagainya
  • Mengembangkan, menerapkan, dan mengelola strategi media sosial
  • Merencanakan, membuat, mempublikasikan, hingga membagikan konten terbaru setiap harinya untuk membangun hubungan dengan customer, meningkatkan brand awareness, bahkan hingga mendatangkan conversion
  • Berkolaborasi dengan berbagai tim, seperti sales, marketing, dan creative design untuk membuat dan mengembangkan kampanye media sosial
  • Melakukan analisa dan evaluasi terhadap campaign yang telah dilakukan untuk perbaikan konten selanjutnya

Skill Apa yang Harus dimiliki Seorang Social Media Specialist?

1. Stay Uptudate Terhadap Tren

Selalu ada hal baru yang terjadi di media sosial. Ketika kamu sudah memutuskan untuk terjun menjadi Social Media Specialist artinya kamu harus selalu mengikuti perkembangan informasi dan tren yang sedang berlangsung, bahkan sampai ke penggunaan tools, aplikasi, praktik dan teknologi untuk menunjang kebutuhan kerjamu. Kemampuan ini akan membantumu dalam menciptakan konten yang relevan.

2. Kemampuan Menulis

Seorang Social Media Specialist dianggap sebagai perantara pesan antara perusahaan ke audiens melalui media sosial. Nah, untuk menyempurnakan tugas tersebut, kamu harus memiliki skill dalam menulis baik copywriting dan storytelling. Kemampuan ini digunakan bukan cuma untuk menciptakan caption atau bentuk komunikasi tertulis lainnya yang mampu menarik audiens untuk merespon, tetapi juga untuk menyesuaikan gaya bahasa dan penyampaian pesan yang tepat di berbagai platform media sosial.

3. Pemahaman Visual

Materi media sosial tidak hanya dilakukan dengan kata-kata saja, tetapi juga membutuhkan presentasi visual yang mencuri perhatian. Oleh karena itu seorang Social Media Specialist juga harus pemahaman visual dan memiliki selera desain yang baik serta mampu menerjemahkannya menjadi konsep konten yang menarik. Namun bukan berarti kamu harus menguasai tools design. Kamu hanya perlu menuangkan ide visual kamu ke dalam brief agar memudahkan team design mengeksekusi konten yang ingin dibuat.

4. Manajemen Waktu

Tugas seorang Social Media Specialist sangat beragam, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tidak menutup kemungkinan seorang Social Media Specialist mengurus lebih dari 1 akun brand dan belum lagi berbagai aset media sosial tiap brand-nya. Banyaknya pekerjaan yang dilakukan seorang Social Media specialist, membuat kamu perlu memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Kamu harus pintar-pintar untuk membuat prioritas, pekerjaan mana yang harus didahulukan agar tidak menumpuk.

Bagaimana Jenjang Karir dan Gaji Seorang Social Media Specialist?

Pekerjaan sebagai Social Media Specialist sampai saat ini masih terus dibutuhkan seiring berkembangnya dunia digital. Jenjang karir di bidang ini biasanya dimulai sebagai Social Media Specialist, kemudian menjadi Social Media Strategis hingga menjadi Social Media Manager. Di beberapa perusahaan bahkan ada yang menjadi level managerial seperti Digital Marketing Manager

Namun bidang pekerjaan yang bisa kamu lakukan tidak hanya berhubungan dengan media sosial saja. Jika kamu memiliki kemampuan lebih kamu bisa menjadi Social Media Marketing, Content Writer, SEO, bahkan hingga Performance Marketing

Untuk gajinya sendiri, kamu tidak perlu khawatir. Dilansir dari survei gaji yang dilakukan oleh tim HRD Bacot pada 2021, rata-rata gaji social media specialist di Jakarta adalah Rp 7.423.077 dengan gaji minimal Rp 4.500.000 dan gaji maksimum Rp 11.000.000. Namun Besaran gaji di setiap daerah atau perusahaan bisa jadi berbeda.

Cara Menjadi Seorang Social Media Specialist dengan Ikut Bootcamp

Mempelajari dan mengetahui Social Media Specialist di era saat ini tentu sangat berguna untuk menunjang karir kamu. Bahkan jika kamu belum memiliki pengetahuan digital marketing sekalipun. Sebab, saat ini ada banyak tempat belajar untuk kamu yang ingin mempelajari Social Media Salah satunya lewat bootcamp. Di bootcamp kamu tidak hanya belajar media sosial saja, tetapi juga skill digital marketing lainnya. Berikut bootcamp digital marketing yang cocok untuk kamu.

1. Hacktiv8

Kelas Digital Marketing Hacktiv8 menyiapkan kurikulum yang dirancang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri terkini agar kamu dapat merancang strategi dan praktik dalam menjalankan campaign digital marketing. Kamu akan belajar selama 8 minggu dengan dibimbing instruktur profesional dan fasilitas 1-on-1 mentoring serta sesi konsultasi pengembangan diri untuk memiliki growth mindset.

Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

  • Dasar-dasar Digital Marketing
  • Social Media Ads
  • Product Marketing & Market Research
  • Content Marketing
  • SEO/ SEM & Google Analytics

Informasi selengkapnya di sini.

2. RevoU

Bootcamp digital marketing RevoU menawarkan kamu untuk belajar digital marketing selama 6 bulan. Di bootcamp ini kamu akan mempelajari keterampilan terbaru dan paling diminati yang diajarkan oleh instruktur elit dari perusahaan unicorn terkemuka. Selain itu, kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas lengkap yang tidak hanya menunjang saat bootcamp saja. Tetapi juga terdapat careers support yang akan membantu kamu mempersiapkan kamu menjadi seorang digital marketer handal.

Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

  • Measuring Performance and Budget Allocation
  • Product Marketing and Landing Page
  • Marketing Analytics
  • Social Media Ads
  • Google Ads
  • SEO
  • Content Marketing
  • Social Media Organic
  • CRM

Informasi selengkapnya, klik di sini.

3. Rakamin Academy

Bootcamp digital marketing Rakamin merupakan akselerasi karir selama 18 minggu untuk menjadi seorang digital marketer. Kurikulum Rakamin didesain untuk mudah dipelajari dan diikuti oleh semua orang bahkan tanpa latar belakang Digital Marketing sekalipun.

Setiap peserta akan dibimbing dari 0 sampai ahli. Selain itu kurikulumnya juga dapat diimplementasikan bagi kamu yang mau fokus berbisnis, bekerja di korporasi, maupun bekerja di agensi

Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Rakamin antara lain:

  • Introduction to Digital Marketing
  • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
  • Internet Advertising (Google Ads)
  • Social Media Marketing (Organic & Paid)
  • Content Marketing (Content, Idea, & KOL)
  • Research & Analytics (Market Research & Google Analytics)
  • Customer Relationship Management
  • Strategic Planning (Strategy & KPI)
  • Campaign Reporting
  • Softskill Series

Menjadi Social Media Specialist dan Digital Marketing Bersama Danacita

Sekarang kamu lebih mudah untuk belajar digital marketing dan menjadi marketing Social Media Specialist bersama Danacita.

Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan digital marketing di Hacktiv8, RevoU, dan Rakamin Academy.

Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!