Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Tips Memanfaatkan AI dan Rekomendasi Tools untuk Mahasiswa

2023-10-03

_Tips

Daftar isi

    Pasti kamu sudah sangat familiar dengan yang namanya Artificial Intelligence atau biasa disingkat dengan AI. Tools AI merupakan salah satu wujud dari perkembangan dunia digital dan teknologi yang saat ini banyak memberikan kemudahan untuk aktivitas sehari-hari. Lalu apa sih AI itu? Apa manfaatnya untuk mahasiswa?

    Apa itu Artificial Intelligence?

    Sebelum melihat manfaat tools AI untuk dunia perkuliahan, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu AI dan bagaimana cara kerjanya?

    AI sendiri merujuk pada kemampuan komputer untuk mengeksekusi tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia, seperti analisis data, pengambilan keputusan, dan bahkan pembelajaran. AI juga bisa didefinisikan sebagai sebuah simulasi proses kecerdasan manusia yang dilakukan oleh mesin, terutama sistem komputer. Aplikasi spesifik dari AI meliputi sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin.

    Secara umum, sistem AI bekerja dengan menyerap data pelatihan berlabel dalam jumlah besar, menganalisis data tentang korelasi dan pola, dan menggunakan pola tersebut untuk membuat prediksi tentang kondisi, peristiwa di masa mendatang.

    Dengan demikian, chatbot yang menerima contoh teks dapat belajar membuat interaksi nyata dengan orang-orang, atau mesin pengenalan gambar dapat belajar mengidentifikasi dan mendeskripsikan objek dalam gambar dengan melihat sejuta contoh gambar. Saat ini teknik AI umum yang baru dan berkembang pesat dapat menghasilkan teks, gambar, musik, dan media lain yang realistis.

    Kenapa Kamu Perlu Menggunakan AI?

    Manfaat adanya AI tidak hanya dapat dirasakan pada dunia kerja saja, tetapi juga sangat bermanfaat dalam menyelesaikan berbagai macam tugas dari kampus. Berikut beberapa alasan kenapa kamu perlu menggunakan teknologi AI:

    1. Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Belajar

    Manfaat pertama yang kamu rasakan ketika menggunakan AI adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi belajar kamu. Dengan kecerdasannya, AI dapat membantu kamu untuk mengakses berbagai informasi dengan cepat dan mudah yang ada di internet.. Mesin pencari yang ditingkatkan dengan teknologi AI membantu dalam mencari referensi, jurnal, dan materi pembelajaran secara efisien.

    2. Personalisasi Pembelajaran

    Tahukah kamu, jika tools AI dapat membuat personalisasi pembelajaran? Dalam artian, AI dapat membantu dalam mengidentifikasi gaya belajar dan preferensi kamu. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana seseorang belajar, teknologi ini dapat menyesuaikan materi pembelajaran sesuai kebutuhan kamu. Menarik bukan?

    3. Pengembangan Keterampilan Teknologi dan Digital

    Kemampuan dan keterampilan digital saat ini adalah salah satu yang sangat dibutuhkan. Jika kamu telah familian dengan penggunaan AI sejak masih kuliah, maka kamu akan memiliki keterampilan digital yang lebih kuat, yang dapat menjadi aset berharga dalam dunia kerja modern saat ini.

    4. Melatih Kreativitas dan Inovasi

    Meskipun AI pada dasarnya adalah sebuah mesin, tetapi AI ternyata dapat juga membantu dalam merangsang kreativitas dan inovasi. Kamu dapat menggunakan teknologi ini untuk menghasilkan solusi baru, menciptakan konten digital, atau bahkan dalam pengembangan proyek-proyek kreatif lainnya.

    5. Peningkatan Kualitas Penelitian

    Dalam aktivitas penelitian, AI juga dapat membantu menganalisis data dengan lebih cepat dan mendalam, hingga menghasilkan wawasan yang lebih kuat dan mendukung penemuan baru. AI dapat digunakan untuk memfasilitasi kolaborasi dalam proyek-proyek kelompok, termasuk penelitian yang memungkinkan akses dan berbagi informasi dengan lebih mudah.

    Rekomendasi Tools AI untuk Mahasiswa

    Setelah mengetahui definisi AI dan manfaatnya untuk perkuliahan, berikut beberapa rekomendasi tools untuk mahasiswa yang bisa kamu gunakan:

    1. Chat GPT

    Rekomendasi tools AI pertama adalah ChatGPT. Tools ini merupakan salah satu tools AI yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang. Tools ini merupakan sebuah AI chatbot yang dapat menjadi asisten pribadi kamu. Lewat tools ini, kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan, meminta saran, hingga membantu dalam mengerjakan penugasan akademik.

    Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi laman OpenAI.com. Kemudian melakukan sign up atau daftar menggunakan email untuk kamu yang pertama kali menggunakannya. Setelah proses pendaftaran selesai, kamu bisa langsung menggunakannya dengan mulai mengajukan pertanyaan pada kolom percakapan.

    2. SlideAi.io

    Selanjutnya ada tools AI yang bisa digunakan untuk presentasi. Agar materi presentasi tidak membosankan dan semakin menarik, kamu bisa menggunakan tools ini sebagai pengganti Power Point.

    Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengaksesnya melalui situs SlideAI.io. Setelah masuk, kamu cukup menuliskan poin-poin utama yang menjadi bahan presentasimu. Di tools ini, kamu juga dapat mengatur presentasi agar terlihat lebih menarik dan profesional

    3. MidJourney

    Jika kamu senang dengan dunia seni, khususnya desainer atau menggambar, tools Midjourney cocok untuk kamu. Midjourney merupakan sebuah tool AI yang dapat menghasilkan gambar berdasarkan deskripsi teks yang diberikan.

    Tools ini memadukan pemrosesan bahasa alami dan jaringan saraf tiruan. Midejourney dapat menginterpretasikan deskripsi dan merancang gambar yang sesuai dengan imajinasimu. Untuk menggunakan tool ini, kamu harus kamu harus pandai menuliskan sedetail mungkin deskripsi gambar yang kamu inginkan.

    4. Fireflies.id

    Tools satu ini cocok digunakan untuk kamu yang masih menerapkan kuliah online. Fireflies.id merupakan tools yang dapat memudahkan kamu untuk membuat notulensi meeting. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengundang Fireflies.id ke meeting yang ada di kalender. Nantinya, Fireflies.id akan merekam video dan audio dan mengeluarkan notulensinya. Tools ini juga sangat cocok digunakan ketika mengikuti webinar.

    5. Grammarly

    Grammarly merupakan sebuah tool AI yang dapat digunakan untuk mengoreksi teks, membuat parafrasa, memperbaiki tata bahasa, hingga memeriksa plagiarisme. Tools satu ini juga bisa dibilang salah satu tools terbaik dan terpopuler. Tools ini menyediakan berbagai jenis gaya penulisan, dan dengan begitu banyak opsi untuk dipilih. Selain itu ada juga pengaturan yang tepat untuk ditulis kepada setiap orang dan setiap saat.

    6. Stepwise Maths

    Jika kamu mengalami kesulitan dalam memahami materi perhitungan, Stepwise Math adalah solusi yang paling tepat. Tools satu ini mampu menangani masalah matematika sederhana maupun sangat kompleks. Mulai dari kalkulus, integrasi, hingga persamaan diferensial, dan lain sebagainya. Lewat tools ini kamu akan dibantu untuk mencari tahu di mana kamu mengalami kesulitan dan membantu kamu menyelesaikan setiap rencana yang kamu miliki.

    7. Resume.io

    Rekomendasi tools terakhir namun tak kalah penting adalah Resume.io. Sesuai namanya, tools ini membantu kamu untuk membuat CV dan resume profesional dengan memanfaatkan berbagai template yang telah disediakan. Tools ini sangat berguna bagi fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan.

    Selain itu, di tools ini kamu juga bisa membuat cover letter atau surat lamaran pekerjaan. Kamu bisa membuatnya sendiri atau menggunakan template yang sudah disediakan. Kamu bisa melihat terlebih dahulu berbagai contoh resume dan cover letter yang telah disediakan sesuai dengan profesi yang akan kamu lamar.

    Itu dia berbagai rekomendasi tools yang bisa kamu gunakan. Penting untuk menyesuaikan pilihan tool AI dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran kamu selama kuliah. Sebagai mahasiswa, memahami cara menggunakan dan memanfaatkan teknologi ini dengan bijak akan membantu meningkatkan produktivitas dan pencapaian akademis kamu. Selamat mencoba!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Artificial intelligence tips mahasiswa ai untuk belajar
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran