Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Tips Menulis Research Paper dan Essay untuk Mahasiswa

2023-10-03

Tips

Daftar isi

    Dunia perkuliahan memang sangat identik dengan menulis dan meneliti. Ketika kuliah, kamu akan bertemu dengan berbagai macam tugas menulis dan meneliti. Yang paling umum adalah research paper dan essay. Research paper dan essay merupakan cara penting untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang suatu topik, berpikir kritis, dan mengkomunikasikan ide dengan jelas. Tugas ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi pandangan yang lebih luas terhadap isu tertentu, menggali bukti dan argumen yang mendukung, hingga mengembangkan kemampuan analisis yang baik.

    Namun, tak jarang, mahasiswa menghadapi kebingungan dan kendala dalam menyelesaikan research paper dan essay. Kendala ini bisa datang dari mana saja, mulai dari merumuskan argumen yang kuat, mengorganisir isi, dan merujuk pada sumber-sumber yang tepat, hingga kendala lainnya.

    Agar kamu tidak kebingungan lagi, yuk simak tips menulis research paper dan essay yang baik bagi mahasiswa.

    Apa itu Research Paper dan Essay?

    Sebelum lebih jauh mengetahui tips menulisnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa definisi dari research paper dan essay itu sendiri.

    Research paper adalah sebuah tulisan yang dibuat berdasarkan penelitian yang dilakukan secara mendalam terhadap suatu topik tertentu. Biasanya, penulis akan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, dan artikel, untuk mendukung argumen atau temuan yang dijelaskan dalam tulisan tersebut.

    Research paper ini mencakup pendekatan yang lebih formal dan ilmiah. Terdapat struktur tulisan yang sudah ditentukan pada research paper. Mulai dari pendahuluan yang memperkenalkan topik, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan yang menggambarkan temuan utama.

    Sementara essay adalah tulisan yang berfokus pada ekspresi pemikiran, pandangan, atau argumen dari penulis. Dengan kata lain, tulisan ini mencerminkan pemikiran pribadi dan refleksi penulis terhadap suatu topik. Berbeda dengan research paper, essay tidak selalu memerlukan penelitian yang mendalam. Meski begitu, essay juga tetap memiliki struktur tulisan yang jelas, termasuk pengenalan yang menjelaskan topik, badan tulisan yang mengembangkan argumen, dan kesimpulan yang merangkum ide-ide utama.

    Research paper sering kali lebih panjang dan lebih mendetail dibandingkan essay, karena harus memberikan dasar yang kuat untuk argumen yang dibangun. Sebaliknya, essay umumnya lebih pendek dan sering digunakan untuk mengkomunikasikan opini, pengalaman pribadi, atau analisis ringan tentang suatu topik.

    Manfaat Menulis Research Paper dan Essay

    Baik research paper maupun essay, keduanya memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan akademik dan komunikasi kamu selama berkuliah. Berikut beberapa manfaat menulis research paper dan essay:

    1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

    Manfaat pertama yang akan kamu rasakan, tak lain adalah kemampuan menulis kamu akan meningkat. Aktivitas ini akan membantu kamu dalam mengasah keterampilan penulisan yang sangat berguna dalam berbagai situasi sehari-hari. Kamu jadi lebih peka dan detail terhadap tulisan yang kamu buat.

    2. Mengembangkan Kemampuan Analisis dan Berpikir Kritis

    Kedua tugas ini tentu saja memerlukan analisis yang kuat terhadap data dan informasi yang ditemukan. Dari analisis ini, kamu harus merumuskan sebuah argumen yang nantinya kamu tuangkan dalam tulisan. Artinya, tugas ini akan membantu kamu mengasah kemampuan untuk menguraikan, menyusun, dan mengevaluasi argumen serta berpikir kritis dan menganalisis situasi dengan lebih baik.

    3. Melatih Keterampilan Berkomunikasi

    Manfaat selanjutnya adalah melatih kemampuan berkomunikasi. Menulis merupakan salah satu alat komunikasi yang disampaikan melalui tulisan. Tugas ini akan melatih keterampilan menyampaikan ide dengan jelas dan persuasif kepada pembaca. Tentunya ini sangat bermanfaat dalam berkomunikasi di berbagai situasi.

    4. Pemahaman Mendalam Terhadap Suatu Topik

    Dalam proses menulis research paper dan essay ini akan melibatkan proses penyelidikan yang mendalam yang mengharuskan kamu untuk memahami topik dengan lebih mendalam. Sebelum mengubahnya menjadi tulisan, kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang materi yang diulas terlebih dahulu.

    5. Mengembangkan Keterampilan Meneliti

    Baik menulis research paper maupun essay, dalam prosesnya pasti melibatkan pencarian informasi, analisis data, dan evaluasi sumber-sumber. Ini akan membantu kamu mengembangkan keterampilan penelitian yang sangat berharga dalam dunia akademik dan profesional.

    Tips Menulis Research Paper dan Essay Untuk Mahasiswa

    Berikut tips menulis research paper dan essay yang bisa kamu jadikan sebagai referensi

    1. Pahami Pertanyaan dan Analisis Tugas yang Diberikan

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika mendapat tugas ini adalah pastikan bahwa kamu telah memahami maksud dari pertanyaan dengan baik. Cobalah untuk mengidentifikasi kata-kata kunci yang ada di dalam pertanyaan yang diberikan. Setelah itu analisis apa kira-kira jawaban yang diinginkan oleh maksud pertanyaan tersebut. Pemahaman yang baik terhadap tugas yang diberikan akan menjadi bekal yang paling penting untuk kamu menulis nantinya.

    2. Lakukan Penelitian Secara Mendalam Mengenai Topik

    Setelah memahami tugas dengan baik, selanjutnya mulailah lakukan penelitian. Mulailah membaca banyak sumber, seperti buku, jurnal, atau lainnya. Ini dapat menjadi referensi yang baik untuk kamu. Kumpulkan referensi hasil penelitian secepat mungkin. Ini akan memberikan kamu waktu yang cukup untuk mempelajari topik sekaligus mengembangkan argumen kamu. Ingatlah untuk membaca sesuai kebutuhan.

    3. Perbanyak Mencatat

    Tips selanjutnya adalah mencatat. Tips mungkin terdengar sepele, tapi sangat berguna. Sangat penting untuk mencatat seluruh referensi dari buku yang kamu baca. Sertakan nama pengarang, tanggal, judul, penerbit serta tempat penerbitan. Untuk artikel jurnal, sertakan volume dan nomor terbit. Fotokopi bagian-bagian bacaan teks yang bermanfaat. Perlu kamu ingat ketika sedang mencatat, perhatikan perbedaan antara merangkum dan memfrase ulang.

    4. Susun Ide dan Kerangka Tulisan

    Selanjutnya mulailah menyusun ide dan kerangka tulisan kamu. Dalam tahap ini, yang terpenting adalah untuk memulai menyusun catatan ke dalam suatu bentuk jawaban. Kaji catatan dan oilih informasi mana yang akan kamu gunakan untuk mendukung atau memperkuat jawaban kamu. Tentukan poin mana yang akan kamu bahas terlebih dahulu dan selanjutnya. Susun semuanya dalam bentuk kerangka tulisan terlebih dahulu untuk melihat apakah struktur dari esai sudah sesuai atau belum.

    5. Mulai Membuat Tulisan dan Perbaiki

    Setelah kerangka tulisan telah dibuat, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mulai membuat tulisan. Buatlah tulisan kamu berdasarkan ide dan kerangka yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah tulisan selesai, baca kembali. Ada kalimat yang mengatakan "sebuah tulisan yang baik biasanya merupakan hasil dari menulis dan menulis kembali". Jadi baca kembali tulisan kamu dan perbaiki yang masih kurang. Jika perlu, perlihatkan tulisanmu ke teman atau kerabat kamu untuk mereka review.

    Itu dia tips menulis research paper dan essay. Apapun tugas kamu di perkuliahan, jangan pernah menyerah karena itu semua akan memberikan manfaat yang baik dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan kamu yang nantinya akan berguna di kehidupan profesional.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    tips mahasiswa tips menulis essay tips menulis research paper
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran