Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Tips Cerdas Persiapkan Diri Sebelum Interview Kerja Pertama

2022-03-15

Daftar isi

    Saat melamar pekerjaan, salah satu tahapan yang harus dilewati sebelum akhirnya bisa berhasil mendapatkannya adalah melakukan interview. Bagi sebagian besar pelamar, interview merupakan tahapan yang paling menantang, terutama bagi mahasiswa atau fresh graduate karena bisa saja itu merupakan pengalaman pertama mereka. Hal ini dikarenakan mereka harus berhadapan langsung dan menjawab pertanyaan dari interviewer.

    Untuk interview, pada umumnya perusahaan membuat dua tahapan, yaitu interview dengan HR terlebih dahulu, kemudian interview dengan user. Tentu keduanya memiliki tantangannya masing-masing karena kamu harus mempersiapkan jawaban yang bisa meyakinkan. Berikut ini tips untuk kamu yang ingin mempersiapkan diri sebelum interview kerja pertama.

    Persiapan Sebaik Mungkin

    Source: Pexels.com/Rodnae Productions

    Sebelum melakukan interview, tentunya kamu sebagai pelamar harus melakukan persiapan sebaik mungkin. Kamu bisa melakukan banyak riset tentang posisi dan juga perusahaan yang dilamar. Coba untuk mencari tahu apa produk yang dihasilkan, apa saja yang dilakukan dari perusahaan tersebut juga visi dan misi mereka, dengan begitu perusahaan akan menilai bahwa kamu memang benar-benar tertarik dan bersungguh-sungguh untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

    Selain itu, kamu juga bisa mencoba cari tahu lebih dalam tentang perwakilan dari perusahaan yang nantinya akan mewawancarai kamu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melihat profil LinkedIn orang tersebut agar bisa mempelajari peran orang tersebut terhadap perusahaan. Tidak lupa juga untuk mempersiapkan untuk pertanyaan yang berkaitan dengan dirimu sendiri, seperti untuk perkenalan, kekurangan, kelebihan, skill yang dimiliki dan masih banyak lainnya. Jawabanmu harus menggambarkan bahwa kamu akan memberikan kontribusi untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

    Jika kamu melakukan persiapan dengan baik dan tidak hanya sebentar atau bahkan persiapan mendadak, maka kemungkinan percaya dirimu bisa semakin kuat atau meningkat. Hal ini dikarenakan kamu sudah menghabiskan banyak waktu untuk berusaha mempelajari interview tersebut. Maka pastikan untuk meluangkan waktu yang cukup untuk melakukan persiapan.

    Kamu bisa baca juga: List Pertanyaan Cerdas yang Bisa Dipersiapkan Sebelum Job Interview Pertama Kamu

    Practice, Practice, Practice

    Setelah mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan saat interview, selanjutnya kamu bisa mencoba untuk latihan interview. Kamu bisa berlatih sendiri di depan cermin atau minta tolong orang yang kamu percaya untuk berpura-pura menjadi pewawancara. Kamu bisa membuat poin-poin penting yang harus kamu ingat untuk tiap jenis pertanyaan. Selain itu, saat latihan juga pastikan kamu untuk berlatih gestur, ekspresi sampai kontak mata. Semakin sering berlatih, maka kamu akan semakin lancar dan bisa mengurangi kecemasan.

    Periksa Pakaian dan Datang Lebih Awal

    Source: Pexels.com/Anna Shvets

    Saat interview, bukan hanya jawaban saja yang akan dinilai, tetapi pakaian yang dikenakan juga menjadi poin penting. Meskipun di masa pandemi saat ini banyak perusahaan yang membuat interview virtual, kamu tetap harus terlihat presentable di hadapan pewawancara. Selain itu, kamu juga bisa datang lebih awal sebelum waktu interview yang sudah ditentukan, misalnya jika interview langsung kamu bisa datang 15 sampai 20 menit lebih cepat dan untuk secara virtual, kamu bisa sudah coba join di zoom atau google meet 5 sampai 10 menit sebelumnya.

    Jika kamu tidak memperhatikan pakaian dan waktu interview dengan baik, bisa saja kamu akan telat dan bisa membuat kamu semakin gugup, panik dan gelisah. Tentunya karena hal ini akan berdampak pada interview dan bisa saja pewawancara akan mendapat kesan pertama dari dirimu yang kurang profesional.

    Cek juga: 8 Soft Skill yang Wajib Ada di CV Saat Melamar Pekerjaan Pertama Kamu

    Mengatur Napas

    Sebelum kamu dipanggil atau sebelum interview dimulai, tentunya kamu akan semakin merasa gugup dan deg-degan. Di saat seperti ini, cobalah untuk mengatur napas dengan cara menarik napas yang dalam, tahan, lalu hembuskan. Lakukan hal ini supaya kamu bisa menjadi lebih relax sehingga saat interview berlangsung, pikiranmu bisa jauh lebih jernih dan kamu bisa merasa tenang.

    Duduk dengan Tegak dan Fokus

    Duduk tegak saat melakukan interview ternyata bisa membuat kamu bisa tampil dan terlihat lebih percaya diri bila dibandingkan dengan duduk yang santai bahkan cenderung bungkuk. Meskipun sebenarnya di dalam diri kamu merasa gugup dan panik, selalu ingat untuk membenarkan posisi dudukmu karena bisa membantu suaramu keluar dengan lebih baik dan jelas.

    Selain itu, tentunya kamu harus fokus selama interview berlangsung karena kamu akan diberikan beberapa pertanyaan yang kamu tidak tahu tingkat kesulitannya seperti apa. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas dan komunikatif tapi tetap singkat dan tidak bertele-tele. Kamu juga bisa highlight skill yang kamu punya yang sesuai dengan posisi yang dilamar sehingga personal branding mu di hadapan pewawancara lebih baik.

    Itulah tips yang bisa dilakukan saat kamu mempersiapkan diri sebelum interview kerja pertama. Jika kamu merasa skill atau personal branding mu masih kurang, kamu bisa menambah dan membangunnya dengan mengikuti kelas atau kursus di bidang yang kamu minati. Salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Product Management

    Binar Academy merupakan lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakan program kursus untuk menghasilkan bakat-bakat digital yang berkompetensi di bidangnya. Di Binar Academy, mentor yang ada merupakan orang yang sudah berpengalaman di bidangnya dan diajarkan dari nol mulai dari teori sampai praktik. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini.

    Programming

    Alterra Academy adalah lembaga kursus coding untuk semua orang yang memiliki background IT atau tidak untuk menjadi programmer berkualitas tinggi. Kurikulum yang diajarkan juga berstandar tinggi dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan tren di industri teknologi digital. Untuk info lengkapnya kamu bisa cek di sini.

    Data Science

    Pacmann merupakan perusahaan konsultan data dan tempat pelatihan talenta data yang menjadi salah satu pionir pelatihan Machine Learning dan Statistics di Indonesia. Kurikulum yang diajarkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri dan dengan pengajar yang sudah berpengalaman. Info lengkapnya bisa kamu cek di sini.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan pembiayaan pendidikan berupa cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, kita upgrade skill supaya personal branding bisa lebih bagus!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri