Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Tips Bagi Mahasiswa Akhir Ketika Mengalami Burnout Saat Membuat Skripsi

2022-03-09

Daftar isi

    Bagi mahasiswa pasti sudah paham betul kalau skripsi adalah kewajiban yang harus dipenuhi di tahun terakhir berkuliah. Mengerjakan skripsi tentu akan memiliki beban atau kesusahannya sendiri. Karena hal inilah skripsi menjadi ketakutan atau momok bagi banyak mahasiswa. Proses menyelesaikan skripsi memakan waktu yang tidak sebentar sehingga membuat mahasiswa merasa lelah, baik secara fisik, emosional sampai mental.

    Perasaan lelah ini kemudian menimbulkan burnout pada mahasiswa yang kemungkinan terburuknya, bisa membuat kelulusan tertunda atau bahkan menyerah. Agar bisa menghindari hal-hal tersebut, sebagai mahasiswa akhir, kamu harus tau cara atau tips yang tepat untuk mengatasi burnout karena skripsi tersebut supaya bisa terus lancar.

    Atur Jadwal dengan Baik

    Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengatur jadwal dalam membuat skripsimu. Kamu harus tau betul waktu atau saat-saat di mana kamu bisa fokus mengerjakannya, baik itu pagi, siang atau malam. Dengan begitu, waktu yang kamu gunakan akan termanfaatkan dengan baik dan akan terasa lebih mudah.

    Jika kamu memaksakan untuk mengerjakan skripsi dalam satu hari penuh, bisa saja hasilnya tidak akan semaksimal saat kamu mengerjakan di saat fokus. Harus ingat pula membagi waktu untuk istirahat, supaya kamu tidak terus-terusan merasa terbebani.

    Tetap Berkomunikasi

    Source: Freepik/Tirachardz

    Terkadang, saat seseorang merasa sedang lelah atau burnout, mereka bisa menarik diri untuk menyendiri. Mungkin hal ini bisa dilakukan agar bisa fokus mengerjakan skripsi, tetapi sebenarnya akan lebih baik kalau kamu tidak memutus komunikasi dengan orang lain.

    Berkomunikasi dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, tentang progress skripsi kamu bisa membantu kamu mengeluarkan sedikit beban. Jika kamu tanggung beban skripsi sendiri, takutnya malah akan semakin menyulitkanmu.

    Bisa baca ini untuk persiapan setelah lulus kuliah: 8 Soft Skill yang Wajib Ada di CV Saat Melamar Pekerjaan Pertama Kamu

    Tidak Lupa Bergerak

    Jika kamu terlalu fokus pada skripsi dan selalu duduk di depan laptop, lama kelamaan badanmu akan terasa kaku dan pegal. Selain itu, bisa saja jika diam ditempat terus akan membuat kamu merasa stuck tanpa inspirasi.

    Dengan menggerakkan badanmu di sela-sela membuat skripsi, kamu bisa menjadi lebih segar dan menghilangkan sedikit penat. Kamu bisa berjalan di dalam atau sekeliling rumah, bisa juga dengan mencoba menari mengikuti YouTube.

    Keluar Untuk Hangout Sesekali

    Memang mengerjakan skripsi membutuhkan proses yang lama. Tetapi itu bukan menjadi alasan kamu untuk terus berdiam diri di rumah. Kamu bisa sesekali hangout dengan keluarga atau temanmu. Bisa ke café, mall, atau bioskop supaya pikiranmu bisa kembali fresh. Tidak menutup kemungkinan dengan hangout kamu bisa mendapatkan inspirasi kembali untuk skripsimu.

    Kurangi Membandingkan dengan Skripsi Orang Lain

    Mengerjakan skripsi berbarengan dengan teman satu angkatan memang ada keuntungannya, yaitu kamu bisa ada teman seperjuangan. Tapi di sisi lain, kamu juga akan menanyakan progress mereka dan membandingkannya dengan diri sendiri.

    Tidak ada salahnya untuk menanyakan progress, tetapi yang perlu kamu ingat adalah setiap orang memiliki progressnya masing-masing. Kamu tidak perlu merasa tertinggal jika teman-temanmu sudah lebih jauh daripada kamu, karena topik dan tingkat kesulitan tiap orang pun berbeda.

    Persiapan lulus kuliah, kamu bisa baca: List Pertanyaan Cerdas yang Bisa Dipersiapkan Sebelum Job Interview Pertama Kamu

    Tidak Lupa Apresiasi Diri

    Tahapan yang dilakukan dalam membuat skripsi ada banyak, dan tidak ada salahnya untuk menyelesaikannya sedikit demi sedikit. Jika kamu sudah menyelesaikan suatu bagian dalam skripsimu, kamu bisa memberikan apresiasi diri karena akhirnya bagian itu sudah rampung.

    Bentuk apresiasi diri ini bisa bermacam-macam, seperti membeli makanan atau minuman, bisa juga me time. Dengan memberi apresiasi diri, kamu akan merasa lebih bahagia dan menimbulkan rasa bangga serta meningkatkan motivasi.

    Skripsi memang kenyataannya menjadi tantangan untuk mahasiswa. Jika kamu mahasiswa akhir, ada baiknya untuk berusaha sebisa mungkin tapi juga tidak memaksakan dirimu ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri