Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Tips & Trik menjadi mahasiswa baru di ITI, ITNM, UNIKOM dan UNINUS

2023-08-24

mulaidarinol

Daftar isi

    Selamat datang di dunia perkuliahan! Seperti yang diungkapkan oleh gerakan #MulaiDari0, setiap awal adalah kesempatan untuk memulai perjalanan baru dengan semangat dan tekad yang baru pula. Bagi kamu yang baru memasuki dunia perguruan tinggi, ada banyak peluang menarik yang menanti, serta tantangan yang perlu diatasi. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu menjalani masa-masa awal perkuliahan dengan percaya diri dan sukses.

    1. Terlibat Dalam Komunitas Kampus


    Kampus adalah tempat di mana kamu dapat bertemu dengan beragam individu dengan minat dan tujuan yang berbeda. Manfaatkan peluang untuk terlibat dalam organisasi, klub, atau kelompok studi yang sesuai dengan minat kamu. Ini tidak hanya membantu kamu membangun jaringan sosial yang kuat, tetapi juga meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan kerja sama. Nah, untuk kamu yang tertarik, Danacita memiliki program komunitas di kampus yaitu SahabatDanacita yang kamu bisa ikuti! Disini, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman, workshop menarik, serta pendapatan tambahan loh!

    2. Mengelola waktu dengan bijak


    Kuliah seringkali diiringi dengan jadwal yang padat. Pelajari seni mengatur waktu dengan efisien. Buatlah rencana harian atau mingguan, tetapkan waktu untuk kuliah, mengerjakan tugas, kegiatan ekstrakurikuler, dan juga waktu istirahat. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu dapat mencapai keseimbangan antara akademik dan kehidupan pribadi.

    3. Memanfaatkan fasilitas kampus dengan sebaik-baiknya


    Kampus biasanya menyediakan berbagai fasilitas dan sumber daya yang dapat membantu kamu dalam studi dan pengembangan diri. Gunakan perpustakaan, laboratorium, pusat karir, dan bimbingan akademik untuk mendukung perjalanan akademik kamu. Jangan ragu untuk bertanya kepada dosen atau staf kampus jika kamu memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan.

    4. Merencanakan karir sejak dini


    Meskipun kamu baru memulai, tidak ada salahnya untuk merencanakan masa depan kamu. Pertimbangkan minat dan bakat, serta peluang karier dalam bidang yang kamu pilih. Pusat karir kampus dapat membantu kamu dalam menemukan kesempatan magang, workshop, dan informasi tentang peluang pekerjaan.

    5. Berani melangkah dan ambil keputusan, karena sejatinya semua berawal #MulaiDari0


    Langkah pertama adalah langkah yang paling berarti. Setiap tindakan kecil yang kamu lakukan akan menentukan pada pertumbuhan dan pencapaianmu di masa depan. Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru, mengatasi ketakutan, terus berusaha mengembangkan diri kamu dalam segala aspek dan memakai program cicilan 0% dari Danacita!

    • Tersedia program cicilan 0% untuk meringankan biaya kuliahmu
    • Pengajuan dapat dilakukan secara online serta tanpa DP atau biaya apapun
    • Pembayaran pertama dilakukan setelah satu bulan dari tanggal pengajuan

    Kuliah adalah peluang untuk mewujudkan impian dan tujuan kamu. Dengan semangat #MulaiDari0, kamu dapat memulai perjalanan kuliah dengan keyakinan diri dan tekad yang kuat. Selamat mengejar impian kamu dalam dunia perkuliahan yang menarik ini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    tips mahasiswa tips sukses mahasiswa tips untuk maba
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran