Default Avatar

Written By

Esa Tauran

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Arab

2022-11-21

alasan-harus-belajar-bahasa-arab

Daftar isi

    Belajar bahasa asing memang selalu menyenangkan dan membawa banyak manfaat. Bahasa Inggris mungkin menjadi bahasa asing yang paling umum untuk dipelajari. Namun diantara banyaknya bahasa asing lainnya Bahasa Arab bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang ingin belajar bahasa asing lainnya.

    Bahasa Arab adalah bahasa yang relatif kompleks dan kaya untuk dipelajari dan tidak memiliki kesamaan dengan Bahasa Inggris. Bahasa ini memiliki berbagai aturan dan struktur serta gaya kaligrafi yang khas. Lalu kenapa kamu harus belajar Bahasa Arab? Berikut alasannya!

    Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Arab?

    1. Salah Satu Bahasa yang Paling Banyak Digunakan

    Terdapat sekitar 422 juta penutur Bahasa Arab di seluruh dunia. Hal ini membuat Bahasa Arab sebagai bahasa keenam yang paling banyak digunakan di dunia. Selain itu, Bahasa Arab juga menjadi bahasa resmi 25 negara. Timur Tengah dan Afrika Utara menjadi negara-negara yang paling umum menggunakan Bahasa Arab. Antara lain Mesir, Aljazair, UEA, dan Arab Saudi. Mempelajari Bahasa Arab akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari negara tersebut.

    2. Mengenal Budaya Arab yang Kaya

    Meskipun banyak negara yang memiliki bahasa Arab sebagai bahasa resmi mereka, masing-masing dari mereka tentu memiliki kehidupan budaya yang berbeda. Seni, sejarah, dan tradisi berbeda di antara budaya berbahasa Arab, tetapi bahasa masih menghubungkan mereka. Jika kamu tertarik untuk belajar tentang tarian Mesir atau masakan Lebanon, berbicara bahasa Arab akan membuat kamu selangkah lebih dekat.

    Berbicara bahasa asing juga membuat kamu akan lebih terbuka dan memahami budaya yang berbeda. Dengan berbicara bahasa Arab, kau dapat memahami pola pikir dan pandangan dunia jutaan orang.

    3. Belajar Bahasa Tertua

    Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat tua. Bukti tertulis pertama bahasa Arab berasal dari tahun 512 M, membuatnya berusia lebih dari 1500 tahun. Dalam sejarahnya, bahasa Arab menyentuh banyak budaya dan bangsa. Bahasa ini menghubungkan puisi, sains, dan politik mereka.

    Tahukah kamu, sebelum Renaisans Eropa, Kekaisaran Islam adalah titik pusat matematika dan sains di dunia. Jadi jika kamu ingin belajar tentang astronomi atau Kekaisaran Ottoman yang agung, berbicara bahasa Arab dapat membantu kamu lebih menikmati sejarah. Kamu bisa mendapatkan akses ke penelitian dan bagian dari sejarah manusia melalui bahasa Arab.

    4. Mengenal Sejarah Islam

    Dengan berbicara bahasa Arab, kamu dapat memperoleh pengetahuan mengenai agama terbesar kedua di dunia: Islam. Didirikan di Timur Tengah oleh Nabi Muhammad pada abad ke-7, ini masih menjadi salah satu agama paling penting saat ini. Ada sekitar 1,7 miliar Muslim di seluruh dunia, dan sebagian besar negara berbahasa Arab adalah mayoritas Muslim.

    Kitab suci resmi Islam disebut Al-Qur'an dan ditulis dalam bahasa Arab, yang merupakan alasan besar mengapa orang percaya Muslim belajar bahasa Arab. Membaca Al-Qur’an diperlukan untuk memahami kompleksitas agama. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan berbicara bahasa Arab. Meskipun Al-Qur'an ditulis dalam bahasa Arab Klasik, yang sedikit berbeda dari Bahasa Arab Standar Modern, tetap saja ada baiknya mengetahui bahasanya.

    5. Bekal untuk Travelling

    Dengan 25 negara dengan populasi penutur asli bahasa Arab, kamu memiliki pilihan negara untuk dikunjungi. Kamu dapat berbelanja di pasar Marrakesh, atau mengagumi Piramida di Kairo. Dengan bahasa Arab, kamu dapat melakukan perjalanan ke banyak negara dengan mudah, yang merupakan salah satu alasan terbesar untuk mempelajarinya. Ada banyak tujuan liburan yang menakjubkan, seperti Dubai atau garis pantai Tunisia. Kamu dapat menikmati liburan yang layak dan melatih kefasihan bahasa Arab Anda pada saat yang bersamaan.

    6. Membuka Peluang Karir dan Bisnis yang Luas

    Ada jutaan penutur bahasa Arab, dan digunakan sebagai bahasa diplomatik resmi. Sehingga wajar jika berbicara bahasa Arab dapat menguntungkan kamu di dunia bisnis dan karir. Belajar bahasa Arab akan membuat kamu menonjol, karena tidak banyak orang Barat yang berkomunikasi dalam bahasa Arab. Ada banyak peluang untuk karir, yang bisa kamu pilih buka dengan berbicara bahasa Arab. Kamu bisa memilih untuk bekerja dengan di negara Arab atau perusahaan Arab dimana saja.

    7. Mudah Mempelajari Bahasa Lain

    Tidak mengherankan bahwa bahasa Arab diidentikkan dengan bahasa lain. Sehingga jika kamu telah belajar bahasa Arab, kamu akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk mempelajari berbagai dialek yang digunakan di daerah tersebut. Misalnya, Farsi atau Persia, Turki, Urdu, dan bahkan Ibrani. Kosa kata dialek ini memiliki banyak kemiripan dengan kata-kata Arab. Ini akan memungkinkan kamu untuk dengan cepat memahami ide-ide semantik dan sintaksis dari berbagai bahasa.

    8. Meningkatkan Daya Otak dan Rasa Percaya Diri

    Tahukah kamu bahwa berbicara bahasa asing meningkatkan kesehatan otak? Memang benar, latihan memori secara fisik membantu pikiran. Orang bilingual memiliki peluang bertarung yang lebih baik melawan demensia dan Alzheimer. Berbicara bahasa asing, termasuk bahasa Arab juga merupakan dorongan kepercayaan diri yang besar. Kamu juga dapat dengan mudah meningkatkan kesehatan mental, dan memberi kepercayaan diri.

    9. Bahasa yang Penuh Energi dan Unik

    Jika kamu belajar bahasa Arab, kamu yakin akan ada minat yang luar biasa pada keterampilan yang kamu miliki karena keterampilan ini sedikit dimiliki oleh orang. Terlepas dari jutaan penutur asli di Timur Tengah dan Afrika, bahasa Arab adalah bahasa kedua yang langka di Barat. Kamu dapat menjadi aset unik di Amerika Serikat dan Eropa dengan berbicara bahasa yang indah ini.

    10. Mudah untuk Dipelajari

    Bahasa Arab sebenarnya tidaklah sulit untuk dipelajari. Sama mudahnya untuk dikuasai seperti bahasa modern lainnya. Meskipun memiliki sistem penulisan yang berbeda dari bahasa Inggris, tetapi setelah kamu menguasai alfabet Arab, kamu akan dapat mempelajarinya dengan cepat. Banyak pelajar bahasa khawatir tentang suara bahasa Arab. Pengucapan bahasa Arab juga tidak mustahil untuk dikuasai. Bahkan, mayoritas suara Arab juga ditemukan dalam bahasa Inggris.

    Selain itu, saat ini sudah banyak akses untuk belejar bahasa Arab dengan mudah. Salah satunya dengan ikut kursus di Lister.

    Ingin Belajar Bahasa Arab? Saatnya Kursus di Lister

    Lister adalah perusahaan startup teknologi pendidikan yang berfokus pada penyediaan pengalaman belajar bahasa yang berkualitas tinggi dan disesuaikan untuk membantu siswa mencapai impian profesional mereka. Dengan visi memberdayakan semua orang untuk menghadapi persaingan global, Lister berusaha membantu semua orang untuk bersaing dalam daya saing global, baik untuk mengejar pendidikan tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan melalui pengajaran yang interaktif dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan kamu. Salah satu program terbaik dari Lister adalah kursus Bahasa Arab.

    Lister Kursus Bahasa Arab adalah program khusus untuk membantu kamu belajar bahasa Arab dengan menggunakan metode terbaik, sehingga kamu dapat belajar dan memahami materi dengan lebih mudah dan cepat. Program ini tidak hanya terpaku pada satu tujuan khusus, melainkan beberapa tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh siswa meliputi religious, professional, akademik, orientasi ekonomi dan ideologi.

    Kursus Bahasa Arab Lister dirancang secara fleksibel, sehingga memudahkan kamu untuk belajar kapan saja, dimana saja secara online. Bahkan, jika kamu telah memiliki basic bahasa Arab sekalipun, kamu akan langsung naik tingkat dengan belajar pada level yang lebih advanced.

    Informasi selengkapnya klik di sini

    Jago Bahasa Arab dengan Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Arab di Lister. Saat ini, Danacita dan Lister telah bekerja sama untuk mempermudah kamu kursus bahasa Arab di Lister. Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya kursus mu sekarang di sini..

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    alasan belajar bahasa arab lister
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran