Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

10 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Bahasa Korea

2022-11-16

Daftar isi

    Menguasai bahasa asing adalah keahlian yang sangat berguna untuk mengembangkan diri. Selain bahasa Inggris, terdapat bahasa lainnya yang dipelajari waktu Sekolah Menengah Atas (SMA) DAN bisa membantu kamu bersaing di dunia profesional, salah satunya bahasa Korea. Seiring dengan meningkatnya gelombang popularitas Korea, maka minat untuk belajar bahasa Korea juga semakin tinggi.

    Belajar bahasa memang tidak mudah, namun dengan kemauan dan ketekunan dalam belajar dan berlatih, belajar bahasa Korea tidak akan sesulit yang dibayangkan. Jika masih ragu untuk memulai belajar bahasa Korea, simak alasan belajar bahasa Korea berikut ini yang mungkin bisa membuat kamu berubah pikiran:

    Alasan Belajar Bahasa Korea

    1. Mendapatkan Peluang Beasiswa

    Alasan belajar bahasa Korea yang pertama adalah mendapatkan peluang beasiswa. Perkembangan negara dan industri Korea berkembang sangat pesat dalam satu dekade terakhir ini. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa ‘Bahasa menguasai dunia’, dengan mahir dalam bahasa Korea, kamu bisa mendapat kesempatan untuk memperluas peluang beasiswa. Mahir berbahasa Korea akan merupakan langkah pertama dan modal awal yang baik untuk dapat menembus kesempatan sekolah di Korea.

    2. Peluang Karir dan Bisnis

    Berbicara tentang karir, orang dengan kemampuan bahasa asing seperti Korea memberikan prospek bisnis yang menjanjikan. Dengan kondisi ekonomi yang dinamis, perusahaan high-profile seperti Samsung, LG, dan Daewoo, dan perkembangan global yang terus berkembang, menguasai bahasa Korea adalah langkah awal yang sangat baik. Ada banyak perusahaan di Korea yang memberikan peluang kerja yang besar dan tentunya bisa kamu manfaatkan.

    3. Membantu Memudahkan Belajar Bahasa Asing Lainnya

    Bahasa Korea memiliki karakter huruf yang berbeda dari bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yaitu karakter Hangul. Mungkin, karena perbedaan bentuk karakter huruf ini, ketika mempelajarinya untuk pertama kali akan agak sulit. Namun, dengan bantuan tempat kursus bahasa Korea akan mempermudah dalam mempelajarinya.

    Nah, jika sudah mampu menguasai Hangul dalam bahasa Korea, biasanya akan lebih mudah bagimu untuk belajar bahasa Jepang dengan Hiragana dan Katakananya, atau belajar bahasa Mandarin dengan huruf kanjinya. Hal ini biasanya terjadi karena otak akan lebih terbiasa menerima huruf dan bahasa yang asing ini.

    4. Mempertajam Konsentrasi

    Alasan belajar bahasa Korea lainnya adalah mempertajam konsentrasi. Meski kadang tidak sadar, orang multilingual yang mengerti banyak bahasa biasanya lebih mudah menentukan bahasa yang sedang didengarnya. Hal ini membuat seorang multilingual mudah fokus dan tidak gampang terdistraksi dari hal yang sedang diperhatikan. Bisa dikatakan seorang multilingual memiliki konsentrasi yang tajam dan cukup detail pada pekerjaannya.

    5. Memperkaya Pengetahuan Baru

    Belajar di tempat kursus bahasa Korea tidak hanya akan membantumu belajar bahasanya, melainkan juga budayanya. Tentunya hal ini dapat meningkatkan dan memperkaya pengetahuan dengan hal-hal baru dari kebudayaan Korea. Apalagi jika sudah mahir, kamu jadi bisa lebih leluasa mendapat pengetahuan baru dari membaca buku-buku yang hanya diterbitkan dalam bahasa Korea saja.

    Baca juga: 10 Alasan Mengapa Harus Belajar Bahasa Thailand

    6. Membantu Saat Travelling ke Korea

    Alasan belajar bahasa Korea selanjutnya adalah membantu kamu ketika berjalan-jalan ke Korea. Sebab, kamu akan bisa lebih mudah berkomunikasi di sana dengan kemahiran bahasa yang kamu dapatkan di tempat kursus. Hal ini juga bisa dibilang mampu menghemat pengeluaranmu saat travelling, sebab kamu tidak perlu menyewa jasa tour guide atau translator agar mampu berkomunikasi dengan para penduduk lokal.

    7. Memberi Kesempatan untuk Memahami Budaya Baru

    Mempelajari bahasa Korea akan membuka peluang yang belum pernah kamu duga sebelumnya. Kamu berkesempatan untuk melihat hal baru dari perspektif yang berbeda dan dapat terhubung dengan orang-orang di Korea. Kamu bisa mempelajari apa yang saja dari budaya tersebut, termasuk musik, gaya, sejarah, dan sastra. Inilah alasan belajar bahasa Korea yang sangat penting karena akan membantu tumbuh sebagai pribadi dan menghargai hal-hal yang sebelumnya tidak kamu sadari.

    Pemahaman mengenai budaya ini dapat kamu manfaatkan ketika kamu berinteraksi dengan klien atau rekan kerja berkewarganegaraan asing. Ini akan membuat mereka merasa dihargai karena kamu mau mempelajari budayanya.

    8. Membantu Meningkatkan Kemampuan untuk Mendapat Uang Tambahan

    Ketika kursus bahasa Korea, kamu akan tahu bagaimana cara menerjemahkan, berbicara di depan umum, dan mempelajari juga budaya Korea. Kemampuan-kemampuan ini akan sangat berguna dalam mencari uang tambahan. Sekarang, sudah banyak drama-drama Korea yang masuk ke Indonesia meskipun sebagian besar orang Indonesia tidak mengerti bahasa Korea. Oleh karena itu, jasa pembuat subtitle atau penerjemah dari bahasa Korea ke Indonesia sangat dibutuhkan dan mampu memberi uang tambahan.

    9. Mempertajam Otak dan Membuat Lebih Cerdas

    Alasan belajar bahasa Korea lainnya adalah baik untuk kesehatan otak. Sebab, ternyata menguasai beberapa bahasa sekaligus mampu meningkatkan kinerja otak dan membantu otak berkembang lebih cerdas. Hal ini tentu akan membuatmu semakin pintar. Bahkan, peningkatan kinerja otak dari kemampuan bilingual ini juga mampu mencegah penyakit demensia atau penyakit kepikunan lainnya di saat sudah semakin tua nanti.

    10. Memperbaiki CV

    Kemampuan berbahasa Korea tentu akan menambah ‘nilai’ dalam curriculum vitae kamu. Di dalam persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif, menambahkan satu keterampilan baru seperti bahasa asing ini tentu akan menambah peluang mendapatkan kesempatan kerja. Untuk bidang pekerjaan tertentu, menuliskan kemampuan bahasa Korea akan menjadi satu poin penting.

    Baca juga: 3 Rekomendasi Bahasa Asing yang Wajib Dipelajari Demi Masa Depan

    Belajar Bahasa Korea dengan Kursus di Lister

    Setelah mengetahui alasan belajar bahasa Korea dan kamu tertarik, ada baiknya ikut kursus khusus bahasa Korea. Sekarang bukan saatnya mencari alasan, tidak punya waktu atau biaya yang cukup untuk belajar. Faktanya banyak kok, platform digital yang memberikan kemudahan dalam belajar bahasa Korea, salah satunya Lister.

    Lister merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan belajar bahasa asing online di bawah PT. Lister Teknologi Edukasi yang telah didirikan pada bulan Juni 2020. Lister memberikan kontribusi besar dalam hal peningkatan kualitas pendidikan anak Indonesia. Melalui layanan pendidikan secara digital untuk menembus ruang dan waktu dalam mengakses materi pembelajaran bahasa asing.

    Selain bahasa Korea, platform digital kursus bahasa asing ini hadir untuk memberikan solusi atas kesulitan pemahaman bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Arab, Jepang, Jerman, Mandarin/China dan bahasa asing lainnya.

    Pada kursus bahasa Korea, nantinya kamu akan belajar beberapa pembasahan, seperti:

    • Pengenalan secara umum tentang kelas bahasa Korea dan materi ajar.
    • Pengenalan Huruf dan sejarah abjad dalam bahasa korea (Hanja dan Hangul)
    • Setiap topik di dalam pertemuan akan terdiri dari kosakata, tata bahasa, Penulisan abjad Korea, pengucapan, percakapan, membaca, dan menulis dalam bahasa Korea, latihan dan wawasan budaya
    • Pelajaran 1: Perkenalan 소개
    • Pelajaran 2: Sekolah 학교
    • Pelajaran 3: Kegiatan Sehari – hari 일상생활
    • Pelajaran 4: Tanggal dan Hari 날짜와 요일
    • Pelajaran 5: Kegiatan Keseharian 하루 일과
    • Pelajaran 6: Akhir Pekan 주말
    • Pelajaran 7: Membeli sesuatu (1) 물건 사기
    • Pelajaran 8: Makanan 음식
    • Pelajaran 9: Rumah 집
    • Pelajaran 10: Keluarga 가족
    • Pelajaran 11: Cuaca 날씨
    • Pelajaran 12: Telepon 전화
    • Pelajaran 13: Ulang Tahun 생일
    • Pelajaran 14: Hobi 취미
    • Pelajaran 15: Lalu Lintas 교통
    • Pelajaran 16: Pertemuan 만남
    • Post Test

    Jago Bahasa Korea bersama Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai alasan belajar bahasa Korea. Lister dan Danacita telah bekerjasama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau di Lister. Dengan begitu, jika kamu tertarik mengikutinya tapi bingung karena urusan biaya tidak perlu khawatir lagi.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau dan sudah resmi berizin serta diawasi OJK. Dengan menggunakan Danacita, biaya kursus di Lister bisa dicicil mulai dari 6 hingga 24 bulan jadi bisa lebih terjangkau. Prosesnya yang cepat mudah hanya butuh 2 hari kerja dan secara online ini menjadi keunggulan Danacita. Selain itu, pakai Danacita juga tidak perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Selain dengan Lister, Danacita juga telah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal. Bersama Danacita, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di Lister tanpa khawatir dengan kendala biaya.

    Untuk informasi selengkapnya, bisa langsung mengunjungi website Danacita dengan klik link di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    alasan belajar bahasa korea lister bahasa korea
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri