Default Avatar

Written By

Esa Tauran

10 Rekomendasi Tools Untuk Mahasiswa

2023-08-20

rekomendasi

Daftar isi

    Kehidupan dunia kampus memang selalu penuh dengan kejutan. Sebagai mahasiswa baru, di awal kamu mungkin akan merasa grogi dan bingung dengan apa yang akan kamu kerjakan dan temui selama kuliah nanti. Terutama jika kamu tidak punya persiapan mengenai tools apa saja yang harus kamu miliki agar membantu kamu selama perkuliahan nanti. Tidak sedikit mahasiswa yang masih bingung kira-kira tools apa saja yang dapat membantu mereka dalam belajar maupun menyelesaikan tugas mereka.

    Seiring dengan kemajuan teknologi, semua orang beralih ke tools-tools digital untuk membantu tetap teratur dalam menjalankan aktivitas, termasuk untuk kamu sebagai mahasiswa. Ada banyak sekali tools yang canggih dan mudah digunakan yang memudahkan para mahasiswa untuk mendapatkan hasil maksimal selama kuliah. Mulai dari belajar untuk ujian dan mengatur waktu hingga menemukan berbagai sumber daya dan berkolaborasi dengan teman kampus.

    Manfaat Mengerjakan Tugas dan Belajar Menggunakan Tools

    Dalam dunia akademik yang semakin kompleks dan berkembang pesat, penggunaan tools dalam mengerjakan tugas ataupun saat belajar sangat membantu mahasiswa. Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengerjakan tugas dan belajar menggunakan tools.

    1. Membantu Mengatur Jadwal Belajar

    Salah satu manfaat menggunakan tools adalah, jadwal belajar kamu jadi lebih teratur. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengatur jadwal belajar, bahkan pengerjaan tugas kamu. Dengan begini, maka kamu tidak akan melewatkan satupun jadwal belajar yang sudah disusun sesuai dengan kemampuan kamu.

    2. Menyediakan Lingkungan Belajar yang Lebih Menarik

    Adanya berbagai tools berbasis teknologi membantu kamu untuk belajar dengan cara yang lebih interaktif dan kreatif. Dengan kata lain, tools ini membantu kamu untuk menciptakan lingkungan belajar kamu sendiri yang lebih menarik.

    3. Menyajikan Berbagai Sumber Informasi

    Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dalam penggunaan tools adalah adanya berbagai sumber belajar dan sumber informasi. Perkembangan teknologi saat ini menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses informasi. Dengan memanfaatkan penggunaan tools, kamu dapat mencari informasi menarik dan tanpa batas untuk membantu kamu belajar

    4. Meningkatkan Kolaborasi Bersama Teman

    Selanjutnya, penggunaan tools juga dapat meningkatkan kolaborasi bersama dengan teman. Perkembangan teknologi memberikan kesempatan untuk siapapun bisa berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Adanya tools berbasis teknologi yang bisa diakses menggunakan internet memungkinkan kamu dapat terhubung dan berkolaborasi langsung bersama teman kamu.

    5. Mendukung Pembelajaran

    Tools dapat menawarkan berbagai teknik pengajaran dan pembelajaran yang dapat membantu kamu untuk belajar. Mulai dari merekam pembelajaran, mencatat deadline tugas, dan lain sebagainya.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Platform Untuk Mahasiswa

    10 Rekomendasi Tools untuk Mahasiswa

    Berikut 10 rekomendasi tools untuk memudahkan kamu belajar dan mengerjakan tugas.

    1. Trello

    Rekomendasi pertama ada Trello. Trello adalah alat bantu visual yang bertujuan untuk mengelola semua jenis project, hingga pelacakan tugas. Aplikasi ini akan sangat membantu kamu dalam memanage tugas kuliah. Lewat tools ini kamu juga dapat berkolaborasi dengan teman ketika ada project bersama yang ingin dikerjakan. Tak hanya ketika menjadi mahasiswa, saat bekerja pun kamu masih bisa menggunakan tools ini.

    2. Discord

    Selanjutnya ada tools untuk berkomunikasi, yaitu Discord. Tool ini memiliki fitur untuk share screen, video call, mendengarkan musik, melakukan panggilan suara,serta membuat channel yang dapat digunakan untuk komunikasi grup. Bahkan kamu dapat bermain kuis dan game di tool ini bersama teman kamu. Dengan adanya discord, kamu menjadi mudah dalam membahas tugas kuliah dengan teman maupun kelompok..

    3. Google Drive

    Salah satu mimpi terburuk sebagai mahasiswa adalah kehilangan file tugas, atau yang lebih buruk lagi kehilangan file skripsi yang sudah dikerjakan. Untuk menghindari ini, kamu bisa menggunakan Google Drive.

    Tools ini merupakan platform penyimpanan file secara online yang terintegrasi dengan akun Gmail dan bisa diakses secara gratis. Setiap akun memiliki jatah penyimpanan hingga 15 GB di Google Drive, tapi kamu bisa menambah kapasitasnya dengan membeli dari Google langsung. Selain untuk menyimpan, di tools ini kamu juga bisa berbagai file, mengerjakan tugas lewat spreadsheet, google docs, google slides, dan lainnya.

    4. iPusnas

    Ingin mencari sumber referensi tugas? Kamu bisa menggunakan tools iPusnas. iPusnas merupakan tools perpustakaan digital Indonesia yang dapat diakses melalui handphone dan laptop. Tools ini benar-benar membantu para kamu untuk mengumpulkan referensi dan bahan-bahan perkuliahan.

    Tak hanya itu, di tool ini juga tersedia berbagai buku dengan beragam kategori. Seperti fiksi, kumpulan puisi, psikologi, agama, dan lain-lain. Untuk bisa mengakses tool ini, kamu hanya perlu register dengan email atau facebook dan kamu sudah bisa mengakses ribuan ebook yang tersedia. Menarik bukan?

    5. Grammarly

    Grammarly merupakan tool yang sangat ampuh untuk membantu kamu menulis dengan percaya diri. Tool ini memberikan umpan balik secara real-time pada tulisan kamu, sehingga kamu dapat memastikan bahwa tulisan yang kamu buat jelas, akurat, dan bebas dari kesalahan. Grammarly dapat membantu kamu dalam berbagai cara, seperti membantu meningkatkan kualitas tulisan, mengecek tata bahasa, mengurangi kesalahan, dan menulis dengan lebih baik secara keseluruhan, hingga membantu kamu mengecek plagiarisme.

    6. Plagiarism Checker

    Tools selanjutnya adalah Plagiarism Checker. Memeriksa plagiarisme saat mengerjakan tugas, terutama tugas tulisan adalah sebuah kewajiban. Jika tugas kamu terdeteksi plagiat, maka akan berakibat pada nilai kamu. Oleh karena itu, kamu perlu untuk memastikan bahwa pekerjaan dan tugas yang kamu kerjakan bebas dari plagiarisme. Salah satunya dengan aplikasi Plagiarism Checker yang disediakan secara gratis.

    7. Evernote

    Evernote merupakan sebuah tools yang membantu kamu untuk mencatat dan menyimpan semua informasi yang diperlukan. Tool ini ibarat diary digital, dimana kamu bisa menulis apapun mengenai tugas ataupun aktivitas keseharian kamu. Menariknya lagi, karena tools ini memiliki fitur yang bisa mengambil foto, merekam audio, dan juga melampirkan data. Tool ini juga bisa digunakan di semua jenis gadget (Android, PC, iOS, Mac, dan lain-lain)

    8. Photomath

    Pusing dengan tugas matematika atau perhitungan lainnya? Kamu bisa menggunakan tools Photomath. Tool ini bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi paling keren untuk kamu yang sering berhadapan dengan matematika. Persoalan matematika dengan rumus yang rumit bukan lagi menjadi masalah dengan tool ini. Kamu cukup scan soal matematika lewat aplikasi ini, maka jawaban akan muncul secara ajaib lewat aplikasi ini. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui seperti apa langkah-langkah untuk mendapatkan jawaban dari soal tersebut. Sangat membantu bukan?

    9. Duolingo

    Jika kamu ingin belajar bahasa asing, kamu bisa menggunakan tool Duolingo. Lewat tool ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris, Belanda, Arab, Prancis, Italia, Korea, Jerman Portugal, Spanyol sampai bahasa India, dan masih banyak lagi. Tool ini sangat menarik dan memudahkan kamu untuk belajar bahasa asing sebab, materinya menggunakan gabungan audio dan visual.

    10. CamScanner

    Rekomendasi tool terakhir untuk kamu sebagai mahasiswa adalah CamScanner. Saat menjadi mahasiswa, kamu akan sering mendapat berkas-berkas berbentuk hardcopy dan kamu harus mengunduhnya secara online. Adanya tool CamScanner ini sangat membantu kamu karena fungsinya untuk men-scan berkas-berkas tersebut.

    Dengan aplikasi scanner, kamu bisa men-scan dokumen, tulisan dosen di papan, hingga catatan kuliah melalui HP. Caranya juga gampang, kamu bisa langsung mengambil foto, menyesuaikan, median print. Hasil scan yang keluar sangat jernih mirip dengan aslinya atau mirip dengan menggunakan alat scan biasa.

    Itu dia 10 rekomendasi tools untuk mahasiswa yang akan membantu dan memudahkan kamu ketika berkuliah. Semoga dengan adanya aplikasi tersebut bisa meningkatkan produktivitas kamu sehingga bisa lulus kuliah tepat waktu.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    tips mahasiswa rekomendasi tools mahasiswa
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran