Daftar isi
Di era digital yang serba terhubung seperti saat ini, digital marketing atau pemasaran digital, telah menjadi pondasi dalam mengembangkan brand, mencapai target audiens yang lebih luas, dan meningkatkan penjualan.
Namun, untuk berhasil dalam bidang ini, penting untuk memahami istilah digital marketing yang sering digunakan. Istilah digital marketing ini menjadi bahasa sehari-hari bagi para praktisi dan pelaku digital marketing.
Dengan mengetahui dan memahami istilah digital marketing tersebut, kamu akan memiliki landasan yang kuat untuk memasuki dan menekuni bidang ini.
20 Istilah Digital Marketing
Lantas, apa saja istilah digital marketing yang harus kamu tahu? Yuk, simak deretannya!
1. Click-Through Rate (CTR)
Persentase jumlah klik iklan dibandingkan dengan frekuensi iklan ditayangkan. Istilah digital marketing yang satu ini mengindikasikan seberapa banyak orang yang mengklik iklan pada halaman web.
2. Bounce Rate
Persentase pengunjung yang meninggalkan sebuah website setelah melihat hanya satu halaman. Semakin rendah bounce rate, semakin baik.
3. Impression
Jumlah tayangan suatu konten pada layar pengguna. Setiap tampilan konten dihitung sebagai satu impression, meskipun oleh orang yang sama.
4. Click
Istilah digital marketing yang satu ini adalah jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung. Parameter ini penting untuk menghitung Click-Through Rate.
5, Reach
Jumlah orang yang melihat konten iklanmu. Satu orang bisa melihat konten lebih dari sekali tetapi hanya dihitung sebagai satu reach.
6. Pay-Per-Click (PPC)
Strategi pemasaran di mana pengiklan membayar setiap kali iklan diklik oleh pengunjung.
7. Landing Page
Halaman web khusus yang dibuat untuk kampanye pemasaran atau iklan tertentu.
8. Backlink
Tautan yang mengarah ke halaman webmu dari situs web lain. Membangun backlink penting untuk meningkatkan otoritas dan peringkat situs web.
9. Affiliate Marketing
Istilah digital marketing ini adalah program di mana kamu mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain dan mendapatkan komisi berdasarkan penjualan atau tindakan lainnya.
10. Push Marketing
Strategi pemasaran yang mendorong produk kepada pelanggan potensial.
11. Pull Marketing
Istilah digital marketing yang satu ini adalah strategi pemasaran yang fokus pada cara menarik pelanggan ke bisnis atau merek.
12. Call-to-Action (CTA)
Ajakan kepada pengunjung untuk melakukan tindakan spesifik, seperti mendaftar atau membeli produk.
13. Conversion Rate
Persentase pengunjung yang melakukan tindakan tertentu, seperti pembelian atau berlangganan.
14. White Hat SEO
Istilah digital marketing ini sebagai taktik yang sesuai dengan aturan dan kebijakan mesin pencari, terutama Google, untuk meningkatkan peringkat situs web pada hasil pencarian.
15. Niche Market
Bagian pasar yang spesifik dan tersegmentasi dengan target konsumen yang khusus.
16. Organic Traffic
Jumlah pengunjung yang datang ke situs web melalui hasil pencarian alami di mesin pencari.
17. Featured Snippet
Istilah digital marketing ini merupakan fitur Google Search yang menampilkan cuplikan teks penting di bagian atas halaman hasil pencarian.
18. Anchor Text
Teks yang dapat diklik dan mengarahkan pengunjung ke halaman web tertentu.
19. Alt Text
Deskripsi teks alternatif untuk gambar, membantu mesin pencari memahami konten gambar.
20. Heatmap
Istilah digital marketing ini untuk memvisualisasikan dan menganalisis perilaku pengunjung di situs web, menunjukkan area yang paling menarik dan sering dikunjungi.
Belajar Istilah Digital Marketing Melalui Bootcamp
Salah satu cara yang efektif untuk belajar dan menguasai istilah-istilah digital marketing di atas adalah melalui bootcamp.
Bootcamp digital marketing adalah program intensif yang dirancang khusus untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi, alat, dan teknik dalam memasarkan produk atau jasa secara online.
Berikut rekomendasi bootcamp terbaik untuk belajar memahami istilah digital marketing.
1. RevoU
RevoU adalah platform online yang menawarkan berbagai program bootcamp dalam bidang digital marketing. Mereka menawarkan kursus yang didesain secara khusus untuk mempersiapkan peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam dunia digital marketing.
Program RevoU mencakup topik seperti SEO, SEM, social media marketing, content marketing, dan analisis data.
Baca juga: Biaya Kursus RevoU Dengan Cicilan Terbaru!
2. Purwadhika
Purwadhika merupakan lembaga pendidikan dan inkubator bisnis yang menyediakan berbagai program pelatihan dalam bidang teknologi digital, termasuk digital marketing.
Mereka menawarkan bootcamp digital marketing yang mengajarkan peserta tentang strategi pemasaran digital, optimisasi mesin pencari, media sosial, dan analisis data.
Baca juga: Biaya Kursus Purwadhika Dengan Cicilan Terbaru!
3. Digital Skola
Digital Skola menawarkan program pelatihan intensif dengan fokus pada strategi pemasaran digital, media sosial, SEO, content marketing, dan analisis data.
Digital Skola menghadirkan instruktur yang berpengalaman di industri digital marketing dan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan para profesional di bidang ini.
Baca juga: Biaya Kursus Digital Skola Dengan Cicilan Terbaru!
Memahami Istilah Digital Marketing Menggunakan Danacita
Demikian penjelasan mengenai istilah digital marketing hingga rekomendasi bootcampnya. Mulai tertarik bootcamp Digital Marketing di RevoU, Purwadhika, dan Digital Skola , namun biayanya dirasa memberatkan?
Tenang saja, kamu bisa menggunakan Danacita sebagai alternatif pembiayaan pendidikanmu.
Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Diantaranya yaitu:
- Partner resmi RevoU, Purwadhika, dan Digital Skola
- Dapat membayar kursus secara cicilan mulai 6 hingga 12 bulan
- Sudah berizin dan diawasi OJK
- Proses pengajuan mudah berbasis online
- Pencairan langsung ke rekening kursus dengan maksimal 2 hari kerja
- Persyaratan mudah tidak perlu DP atau jaminan
- Bebas biaya pelunasan di awal
Itulah sederet keuntungan yang diberikan oleh Danacita. Segera permudah biaya kursus dengan menggunakan Danacita.