Default Avatar

Written By

Rudi Patria

4 Kegiatan Bagi Mahasiswa Aktif Selain Belajar

2022-03-18

kegiatan-mahasiswa-aktif.jpg

credit: Stanley Morales

Daftar isi

    Saat kamu sudah melanjutkan pendidikan tinggi di bangku perkuliahan, kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk dapat mengeksplor hal-hal baru yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Hal ini karena kamu memiliki banyak pilihan untuk dapat mengisi waktu perkuliahaanmu untuk dapat mengasah kemampuan kamu diluar ruang kelas. Apalagi status kamu yang sebelumnya adalah seorang siswa berganti menjadi seorang mahasiswa. Dengan status sebagai seorang mahasiswa ini, kamu diharapkan akan menjadi seorang agen perubahan setelah kamu lulus kuliah.

    Nah, dengan status sebagai mahasiswa tentunya kamu nggak hanya akan mengasah kemampuanmu dengan belajar di ruang kelas aja kan? Masa iya sih, dengan banyaknya kesempatan untuk dapat mengeksplor hal-hal baru yang ada dilingkungan kampus nggak kamu manfaatkan untuk mempersiapkan diri sebagai agen perubahan?

    Daripada kamu hanya menjadi seorang mahasiswa yang aktif di dalam ruang kelas, yuk cari tahu disini agar kamu bisa menjadi mahasiswa aktif di dalam ruang kelas dan diluar kelas dengan mengikuti kegiatan positif berikut ini:

    Ikut Organisasi atau Komunitas (UKM) di Kampus

    Lingkungan di kampus umumnya telah menyediakan banyak organisasi atau komunitas agar dapat membantu kamu mengembangan potensi diri di luar ruang kelas, mulai dari bidang olahraga, kesenian, keagamaan hingga kepanitiaan.

    Dengan mengikuti organisasi atau komunitas di kampus, kamu akan banyak belajar hal-hal baru yang nggak kamu pelajari di ruang kelas, seperti belajar public speaking untuk beropini dan berani mengeluarkan pendapat, manajemen waktu, mengambil keputusan hingga membangun relasi dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang yang berbeda.

    Ikut Program Magang

    Program magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan yang didapatkan selama di bangku kuliah ke dunia kerja secara di mana kamu akan belajar untuk memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya. Dengan mengikuti program magang ini kamu akan banyak mendapatkan manfaat dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah nantinya. Manfaat dari program magang bagi mahasiswa diantaranya adalah kamu akan menambah pengalaman kerja di CV, kesempatan untuk eksplorasi karir yang kamu inginkan, mendapatkan mentor dari industri hingga memperluas relasi di dunia profesional.

    Ikut Kompetisi

    Selanjutnya, kamu bisa mengikuti mengikuti kompetisi atau lomba untuk menjadi mahasiswa aktif. Eits, tenang aja, karena umumnya kompetisi nggak hanya terbatas dengan program studi yang kamu aja lho. Dengan mengikuti kompetisi, mahasiswa dapat menambah pencairan pengalaman di CV, memperluas relasi hingga meningkatkan kemampuan untuk bekerjasama dan kolaborasi

    Ikut Program SahabatDanacita

    Program SahabatDanacita adalah program yang diadakan oleh Danacita dan ditujukan untuk mahasiswa dari perguruan-perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan Danacita. Dengan mengikuti program SahabatDanacita ini, mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan akses lebih luas dalam membangun jaringan lintas kampus, mengembangkan skill melalui pelatihan yang diadakan, dan juga penghasilan tambahan lewat program referral.

    Selain itu, SahabatDanacita juga memiliki peran dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada teman satu angkatan bahkan lingkungan kampus mengenai literasi keuangan dan solusi pembiayaan pendidikan melalui pembayaran bertahap.

    Acara-acara yang sudah diadakan dan diikuti oleh SahabatDanacita antara lain SahabatDanacita Competition yang pertama kali diadakan di President University. Acara ini bertujuan untuk menggali skill komunikasi paling kreatif dan efektif dalam merekomendasi opsi pembayaran bertahap untuk biaya kuliahnya dengan Danacita. Pemenang dari kompetisi tersebut mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan sertifikat partisipasi.


    Baca juga: Danacita hadirkan program Campus Ambassador untuk perkuat literasi keuangan di lingkungan kampus


    Nah, itu dia 4 kegiatan bagi mahasiswa aktif selain belajar di ruang kelas yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan diatas, kamu akan mendapatkan kamu banyak manfaat seperti pengalaman, teman baru, ilmu baru dan sebagainya. Dengan memiliki pengalaman yang banyak, tentunya akan menjadi bekal yang sangat berguna setelah kamu lulus kuliah nantinya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria