Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Alasan Kuliah di AKPARNUS yang Harus Kamu Tahu

2022-10-25

Daftar isi

    Bingung ingin melakukan apa setelah lulus dari bangku SMA/SMK? Kamu bisa memilih kuliah sebagai langkah hidup selanjutnya. Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, kamu akan dibekali kemampuan yang dapat menunjang kebutuhan pekerjaan di masa mendatang.

    Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih jurusan serta perguruan tinggi yang akan kamu tuju. Sebab, kedua hal itu memiliki peranan penting untuk masa depan kamu nanti. Jangan sampai kesalahan memilih jurusan dan perguruan tinggi malah menjadi masalah di kemudian hari.

    Jika kamu tertarik di bidang pariwisata, salah satu jurusan dan perguruan tinggi potensial yang bisa kamu pilih adalah jurusan Pariwisata di Akademi Pariwisata Nusantara (AKPARNUS). Pasti kamu masih penasaran dengan AKPARNUS, kan? Tenang saja, karena berikut ini adalah informasi lengkap mengenai alasan kuliah di Akparnus dan keuntungan kuliah di Akparnus.

    Baca juga: Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang

    Sejarah singkat berdirinya AKPARNUS

    Alasan kuliah di AKPARNUS dan Keuntungan kuliah di Akparnus yang pertama adalah karena AKPARNUS memiliki jejak sejarah yang sangat baik. Akademi Pariwisata Nusantara (AKPARNUS) merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bergerak di bidang Vokasi Unggulan.

    AKPARNUSmulai beroperasi pada tahun 1999 dengan program profesional dan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan mandiri di usia muda. Alasan kuliah di AKPARNUS yaitu AKPARNUS berhasil memperoleh Izin Program Diploma III dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan secara resmi berdiri pada tahun 2006 dengan Nomor 222/D/O/2006 pada tanggal 26 Sepember 2006.

    Keuntungan kuliah di AKPARNUS yaitu karena adanya program Diploma III dengan gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Md. Par) yang mana seluruh mahasiswanya akan difokuskan pada bidang Perhotelan dan Pariwisata. Di sini kamu tidak hanya bisa menjadi tenaga kerja profesional, tetapi juga pebisnis di sektor pariwisata. Saat ini, kampus Akparnus berlokasi di Jalan Tarumanegara No.83 A, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

    AKPARNUS memiliki visi dan misi terdepan

    Alasan kuliah di AKPARNUS dan keuntungan kuliah di AKPARNUS selanjutnya adalah untuk menciptakan lulusan yang profesional di bidangnya, AKPARNUS memiliki visi dan misi terdepan untuk mendukung hal tersebut. Berikut visi dan misinya.

    Visi

    Menjadi perguruan tinggi unggulan yang memenuhi standar mutu internasional dengan orientasi kerja dan wirausaha

    Misi

    1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menyiapkan tenaga profesional yang unggul dengan kompetensi yang berdaya saing global yang berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah nasional baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya
    3. Mengembangkan institusi yang efisien, efektif dan akuntabel melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional, dan internasional.
    4. Memelihara dan meningkatkan kepuasan stakeholders sesuai dengan standar mutu tingkat nasional, regional, dan internasional.

    4 Konsentrasi studi yang menjadi keunggulan AKPARNUS

    Alasan kuliah di Akparnus dan keuntungan kuliah di Akparnus selanjutnya ialah adanya 4 konsentrasi studi yang tersedia di AKPARNUS yang menjadi keunggulannya. Apa saja 4 konsentrasi tersebut? Berikut daftarnya:

    Manajemen Perhotelan

    Sesuai dengan namanya, konsentrasi yang pertama ini berfokus pada manajemen perhotelan serta berbagai program yang ada di Industri Perhotelan mulai dari yang berhubungan dengan Customer Service, Housekeeping, Restoran juga hal-hal yang berkaitan dengan Industri Perhotelan lainnya.

    MICE/Manajemen Event

    Alasan kuliah di AKPARNUS dan keuntungan kuliah di AKPARNUS selanjutnya yaitu adanya konsentrasi MICE atau Meeting, Incentive, Convention, Exhibition adalah salah satu jenis kegiatan yang terdapat dalam industri pariwisata. Ada suatu kelompok atau sekumpulan orang yang memiliki kesamaan tujuan dalam menyelenggarakan suatu acara atau kegiatan tertentu. Mereka akan berfokus merencanakan serta merancang suatu acara.

    Hospitality/Manajemen Pelayanan

    Manajemen Pelayanan juga bisa diartikan sebagai segala macam industri yang mempunyai suatu kegiatan dan berhubungan dengan pelayanan juga hiburan untuk para tamu di bidang pelayanan di berbagai perusahaan seperti Rumah Sakit, Perhotelan, Industri Perbankan, dan Industri lainnya.

    Manajemen Bisnis Pariwisata

    Alasan kuliah di AKPARNUS dan keuntungan kuliah di AKPARNUS selanjutnya yaitu adanya konsentrasi manajemen bisnis pariwisata berfokus pada program bisnis pariwisata yang mengarahkan pada sisi bisnis industri pariwisata. Mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk melihat pariwisata dari segi bisnisnya.

    Prospek kerja yang bisa diambil sebagai lulusan AKPARNUS

    Alasan kuliah di Akparnus dan keuntungan kuliah di Akparnus selanjutnya adalah terbuka luasnya prospek kerja untuk jurusan pariwisata. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang indah. Maka tak heran jika banyak tempat di Indonesia yang bisa dijadikan tempat wisata.

    Hal ini membuat jurusan pariwisata sangat dibutuhkan. Lalu apa saja prospek kerjanya? Berikut daftarnya.

    Sebagai tenaga profesional, kamu bisa berkarir sebagai:

    1. Pegawai hotel
    2. Pegawai kapal pesiar
    3. Seorang event organizer
    4. Pegawai restoran & bar
    5. Konsultan pariwisata
    6. Maskapai penerbangan
    7. Pegawai negeri
    8. Dosen

    Sebagai seorang pebisnis, berikut yang bisa kamu lakukan:

    1. Event organizers
    2. Tour guide
    3. Tour & travel
    4. Usaha kuliner
    5. Usaha souvenir
    6. Pengelola tempat wisata
    7. Konsultan pariwisata
    8. Blogger dan content creator
    9. YouTuber

    Adanya beasiswa untuk lulusan AKPARNUS

    Alasan kuliah di AKPARNUS dan keuntungan kuliah di AKPARNUS berikutnya yaitu tersedianya beasiswa untuk siswa kelas 12 SMA/SMK tahun 2022/2023.

    Beasiswa ini bernama Student Recovery sebagai bentuk dukungan untuk bangkit dari wabah covid-19 yang pernah terjadi. Ini dia kriterianya:

    1. Berprestasi selama sekolah baik secara akademis maupun non-akademis
    2. Ekonomi orang tua siswa terdampak Covid-19
    3. Belum diterima di PTN dan PTS baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN
    4. Anak tenaga pengajar
    5. Siswa yang ingin kuliah sambil kerja
    6. Jenjang karir (khusus untuk guru dan pegawai)

    Kerja sama resmi AKPARNUS dan Danacita

    Itu dia alasan kuliah di AKPARNUS dan keuntungan kuliah di AKPARNUS yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai mimpimu terhambat hanya karena terkendala biaya. AKPARNUS telah bekerja sama dengan Danacita sebagai platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang banyak digunakan mahasiswa di seluruh Indonesia.

    Danacita merupakan solusi cerdas biaya kuliah yang bisa meringankan pelajar agar mereka bisa membayar kuliah lebih ringan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita sangat terpercaya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebani DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya.

    Selain dengan AKPARNUS, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal, sehingga sudah pasti aman dan terpercaya.

    Mari kita wujudkan mimpi bersama-sama. Untuk informasi lebih lanjut, langsung kunjungi web Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Akparnus alasan kuliah di akparnus
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri