Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Keuntungan Berkarir di Bidang yang Berbeda Dari Jurusan Kuliah yang Diambil

2022-09-22

Daftar isi

    Setelah berhasil lulus berkuliah selama empat tahun, sebagian mahasiswa memutuskan untuk langsung berkarir. Pertanyaan yang sering muncul yaitu “apakah ia akan berkarir di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliah sebelumnya? Atau bahkan ia akan berkarir beda dengan jurusan kuliahnya?”. Jawabannya belum tentu seperti itu. Memang, idealnya kamu bisa berkarir di bidang seperti jurusan yang sudah kamu pelajari saat berkuliah. Tapi, kenyataannya tidak bisa seperti itu karena ada beberapa faktor yang turut berperan dalam mengambil keputusan berkarir.

    Sebenarnya untuk berkarir beda dengan jurusan kuliah sudah tidak asing lagi. Banyak sekali orang yang membuat keputusan seperti ini. Lalu muncul anggapan bahwa ilmu yang sudah dipelajari selama bertahun-tahun saat berkuliah itu akan sia-sia karena memutuskan untuk berkarir di bidang baru karena beda dari jurusan. Padahal jika dilihat dari sudut pandang lain, sebenarnya ada keuntungan sendiri yang didapat jika mengambil keputusan untuk berkarir beda dengan jurusan kuliah, berikut penjelasannya.

    Baca juga: Pentingnya Personal Branding Bagi Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Profesional Beserta Tips Mudahnya

    Menggali potensi baru

    Keputusan berkarir beda dengan jurusan kuliah yang diambil sama saja seperti kamu berusaha keluar dari zona nyaman. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri untukmu. Kamu dituntut untuk mempelajari hal baru yang mungkin saja belum pernah dipelajari sebelumnya dan menggali potensi baru. Meskipun beda jurusan kuliah dan karir yang dijalani, kamu pun akan mempelajari hal baru, pengetahuanmu akan semakin bertambah. Ini bisa menjadi tambahan catatan pencapaian dalam hidupmu yang berhasil diraih.

    Menemukan kemampuan baru yang ternyata kamu sukai

    Kemampuan yang sudah dimiliki dan diasah sejak kuliah bisa saja masih kurang ‘klik’ untukmu. Dengan berkarir beda dengan jurusan kuliah, maka akan ada kemungkinan kamu akan menemukan kemampuan baru yang ternyata kamu sukai. Di awal-awal berkarir beda jurusan mungkin saja kamu akan merasa tidak cocok dengan bidang baru tersebut karena semuanya masih terasa asing. Tapi, bisa saja seiring berjalannya waktu kamu dapat menjadi lebih paham dan menguasai lalu muncul rasa suka pada pekerjaan tersebut.

    Memiliki kemampuan beradaptasi yang baik

    Source: Pixabay.com/StartupStockPhotos

    Keuntungan berkarir beda dengan jurusan kuliah selanjutnya yaitu memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Perlu diketahui bahwa lingkungan kuliah dan lingkungan kerja sangat berbeda. Maka dari itu memang saat masa transisi untuk masuk ke lingkungan kerja ini bisa menjadi sulit bagi sebagian orang. Ditambah lagi bila kamu berkarir di bidang yang beda dari jurusan kuliah. Tapi dari kesulitan ini akan membentuk kemampuan beradaptasi yang baik dalam dirimu. Lalu jika di kemudian hari muncul pikiran untuk switch karir, maka kamu tidak perlu takut lagi karena sudah terbukti kemampuan adaptasimu.

    Baca juga: 6 Situs Job Portal yang Wajib Dicek Untuk Magang atau Pekerjaan Pertama

    Menambah networking di bidang yang berbeda

    Tentunya saat memasuki dunia profesional kamu akan bertemu dengan berbagai rekan kerja yang memiliki latar belakang yang masing-masing berbeda. Rekan kerjamu ini kemudian membuat networking-mu semakin bertambah. Mungkin saja rekan kerjamu ini akan membantumu sharing ilmu yang membantu perjalanan karirmu ke depannya. Selain itu, kamu dapat melihat sesuatu dari berbagai perspektif karena saling sharing dengan mereka sehingga kamu dapat terus belajar. Hal ini menjadi keuntungan lain jika kamu berkarir beda dengan jurusan kuliah yang tak boleh dilupakan.

    Memiliki pengalaman berkarir yang lebih menarik

    Berkarir beda dengan jurusan kuliah yang diambil juga bisa membuatmu memiliki pengalaman berkarir yang menarik. Karena nantinya di CV-mu akan terlihat apa saja yang sudah kamu jalani. Dengan jurusan kuliah yang sudah diambil, ditambah karir yang berbeda dari jurusan tersebut, maka sama saja kamu sudah mengantongi dua skill yang berbeda. Lalu ketika nanti kamu ingin melanjutkan karir di perusahaan lain, HRD akan melihat bahwa kamu merupakan orang yang versatile atau serba bisa. Ini bisa menjadi kelebihanmu dari banyaknya pesaing lainnya.

    Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika kamu berkarir beda dengan jurusan kuliah yang diambil. Memang prosesnya tidak akan mudah dan kamu akan menghadapi berbagai macam hambatan. Selain itu, tidak bisa dengan mudah untuk bisa melakukan hal ini karena ada beberapa perusahaan yang strict dan hanya menyeleksi calon karyawan dengan background yang relevan dengan posisi yang ada. Karena itu kamu perlu menunjukkan kualitasmu dan membuktikan bahwa kamu juga layak.

    Cara untuk Berkarir Beda dengan Jurusan Kuliah

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa berkarir beda dengan jurusan kuliah adalah dengan mengikuti pelatihan atau kursus di bidang yang ingin kamu geluti sebagai karir. Nantinya, kamu bisa mencantumkan pengalaman kursusmu dalam CV. Dengan begitu, akan terlihat bahwa kamu memang bersungguh-sungguh untuk berkarir di bidang itu. Jika kamu tertarik untuk melakukannya, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    1. Data Science

    Algoritma adalah institusi pendidikan yang berfokus pada pelatihan di bidang data science di Indonesia yang sudah didukung dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri serta memiliki instruktur yang memiliki pengalaman di berbagai bidang. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini ya.

    2. Full Stack Developer

    Digital Skola adalah lembaga pelatihan dan peningkatan skill digital lewat kursus untuk menghasilkan talent digital yang bisa berkontribusi pada perkembangan industri juga bersaing di dunia nasional maupun internasional. Info selengkapnya bisa kamu baca di sini ya.

    3. Persiapan Karir Bidang Tech

    Upscale adalah institusi persiapan karir bidang teknologi dengan fasilitas lengkap dan pengajar yang berpengalaman. Upscale juga sudah memiliki beberapa mitra perusahaan bidang teknologi untuk mempersiapkan prospek kerjanya loh. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    berkarir beda dengan jurusan
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri