Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

6 Situs Job Portal yang Wajib Dicek Untuk Magang atau Pekerjaan Pertama

2022-04-05

Daftar isi

    Saat ingin mencoba magang atau bekerja pertama kali, biasanya masih banyak mahasiswa yang masih belum tau bagaimana memulainya atau di mana mencarinya. Tidak seperti zaman dulu yang masih harus mencari atau melamar langsung dari perusahaan yang satu ke perusahaan lainnya, saat ini banyak metode yang bisa dilakukan. Sudah tersedia berbagai situs job portal terpercaya yang bisa digunakan untuk melamar magang atau pekerjaan pertamamu, berikut ini situs yang bisa kamu coba akses.

    LinkedIn

    Salah satu job portal terbesar dan sudah digunakan banyak pengguna adalah LinkedIn. Kelebihan dari LinkedIn adalah pengguna bisa menggunakan layaknya media sosial lainnya tetapi dengan versi profesional dan bisa diakses dari app langsung. Kamu juga bisa membangun koneksi seluas-luasnya, bisa dengan teman-temanmu, rekruter, bahkan karyawan dan tempat kerja yang kamu inginkan. Semakin banyak koneksi kamu di LinkedIn, kamu bisa mendapat peluang kerja yang tidak terduga-duga.

    Menu dan fitur yang terdapat di LinkedIn juga jelas dan mudah digunakan sehingga kamu sebagai pelamar bisa mencari lowongan dengan mudah, salah satunya dengan mengaktifkan fitur Open To Work. Profil di LinkedIn juga hampir mirip seperti CV, sehingga kamu bisa memasukkan pengalaman-pengalaman yang semakin meningkatkan kualitas dirimu dihadapan recruiter.

    Bisa dicek: 5 Situs Rekomendasi Persiapan Interview Sukses Untuk Mahasiswa

    Glints

    Situs selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mencari magang atau pekerjaan pertamamu adalah Glints. Di situs ini, kamu bisa mencari pekerjaan sesuai dengan kategori, misalnya full time, magang, part time, bahkan freelance dan remote. Fitur lainnya yaitu kamu dapat mencari lowongan sesuai tempat tinggal dan bidang pekerjaan yang memang kamu kuasai atau ingin kamu jalani. Terdapat juga komunitas untuk berdiskusi, live chat untuk rekomendasi pengembangan karir, sampai kelas-kelas pelatihan untuk menambah skill.

    Situs Glints juga menyediakan pelatihan atau bootcamp untuk berbagai macam bidang, salah satunya yaitu untuk menjadi programmer expert. Kamu bisa baca informasi lengkapnya di artikel ini dan bila kamu tertarik, kamu bisa mengajukan cicilan biaya kursus kepada Danacita agar lebih terjangkau.

    Jobstreet

    Salah satu situs job portal yang sudah dikenal sejak lama adalah Jobstreet. Situs ini bukan hanya menyediakan lowongan dari Indonesia saja, tetapi juga dari perusahaan-perusahaan yang ada di Asia Tenggara. Fitur yang tersedia juga tergolong user friendly sehingga kamu bisa menggunakannya tanpa takut bingung. Kamu bisa melakukan tes kemampuan di situs ini lalu dari hasil tesnya dapat disesuaikan dengan perusahaan yang cocok. Pengguna pun dapat memiliki akses untuk mengecek proses lamaran, mulai dari saat apply sampai proses-proses selanjutnya.

    Kalibrr

    Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba cari lowongan magang atau pekerjaan pertamamu di situs Kalibrr. Situs ini sering digunakan banyak perusahaan ternama seperti contohnya Gojek IDN Media, Shopee dan masih banyak lainnya saat mereka membuka lowongan. Di situs ini kamu juga bisa melakukan tes untuk menambah skill yang nantinya akan dinilai, sehingga bisa semakin menarik rekruter untuk bisa menerima kamu sebagai karyawan.

    Kamu juga bisa baca: Tips Cerdas Persiapkan Diri Sebelum Interview Kerja Pertama

    Indeed

    Situs terpercaya lainnya yang wajib kamu cek adalah Indeed. Situs ini memiliki fitur yang simpel dan sangat cocok untuk digunakan pelamar yang baru ingin mencari pekerjaan. Kamu bisa mengatur kategori pekerjaan sesuai yang kamu inginkan, lokasi, sampai mengecek review perusahaan yang kamu ingin lamar. Bila kamu menggunakan situs ini, nanti kamu akan diberikan email pemberitahuan setelah kamu melamar pekerjaan dan kamu bisa selalu track status lamaranmu.

    Karir

    Situs job portal yang berasal dari Indonesia dan bisa kamu coba cek adalah Karir. Dalam situs ini, kamu akan langsung bisa melihat pekerjaan-pekerjaan yang paling populer, tapi ada juga lowongan yang disesuaikan dengan profilmu. Dari resume atau CV mu, kemudian akan disesuaikan dengan lowongan dan terdapat pula fitur untuk mengembangkan karir dari ahli psikologi. Fitur lain yang bisa digunakan adalah tes untuk pengembangan diri, tes bahasa Inggris, tes minat dan tes gaya komunikasi yang bisa menguntungkan fresh graduate sebelum memulai karir mereka.

    Itulah situs-situs job portal yang wajib kamu cek saat ingin melamar magang atau pekerjaan pertamamu. Sebelum kamu melamar pekerjaan, pastikan untuk selalu berhati-hati dan mengecek berbagai macam lowongan terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu juga harus membuat CV yang bagus dan bisa menarik perhatian rekruter. Bila kamu masih belum memiliki pengalaman, kamu bisa membuat CV menjadi lebih menarik dengan mengikuti kelas atau kursus dari lembaga pelatihan. Bila kamu tertarik, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Digital Marketing

    Purwadhika adalah salah satu Sekolah Tinggi Teknologi Digital yang menjadi leader pendidikan teknologi digital di Indonesia. Kamu bisa belajar digital marketing dengan instruktur yang ahli di perusahaan top teknologi dan mendapat job connection juga loh. Kamu bisa cek infonya di sini ya.

    Data Science

    Algoritma adalah institusi pendidikan yang berfokus pada pelatihan di bidang data science di Indonesia yang sudah didukung dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri serta memiliki instruktur yang memiliki pengalaman di berbagai bidang. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini ya.

    Coding

    Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan teknologi yang berfokus pada pengembangan talent digital untuk mempersiapkan banyak anak yang berkompeten bisa berkarir di dunia teknologi. Kamu bisa belajar Javascript, data science dan yang lainnya dengan lengkap. Untuk info lengkapnya bisa kamu cek di sini ya.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan layanan cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, kita tambah skill supaya bisa lebih lancar diterima magang atau kerja!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri