Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

5 Rekomendasi Channel Youtube Programming Terbaik

2022-11-03

Blog-Rekomendasi-Youtube-Belajar-Coding-Danacita

Daftar isi

    Pemrograman adalah sebuah aktivitas menulis kode, atau instruksi, yang membentuk program yang digunakan komputer untuk melakukan tugas dan memecahkan masalah. Menulis kode komputer yang sukses membutuhkan pemahaman dan penggunaan bahasa pemrograman, yang dapat dipahami oleh komputer. Pemrograman juga dapat mencakup pengujian kode tertulis dan mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi.

    Dengan kemampuannya ini seorang programmer saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk belajar programming. Apakah kamu salah satunya?

    Di artikel ini kita akan membahas rekomendasi channel Youtube untuk kamu yang ingin belajar programming. Namun sebelum itu, kita bahas dulu kenapa kamu harus belajar programming.

    Kenapa Kamu Harus Belajar Programming?

    Saat ini kita dikelilingi oleh semua jenis perangkat: komputer desktop, laptop, tablet, ponsel, dan kita selalu menggunakan program dan aplikasi di perangkat tersebut. Aplikasi-aplikasi yang ada dalam perangkat tersebut dibuat oleh seorang programmer. Hal ini membuat seorang programmer mendapatkan peluang kerja yang sangat luas.

    Pengetahuan pemrograman tidak hanya bermanfaat bagi seseorang yang bekerja di bidang ilmu komputer atau bidang terkait saja. Namun juga bermanfaat untuk orang yang bekerja di bidang pemasaran, desain, penjualan, dan hubungan pelanggan untuk produk teknologi.

    Menjadi seorang programmer juga menawarkan kamu income yang besar. Bahkan kamu bisa bekerja dimana saja ketika menjadi seorang programmer. Karena saat ini sudah banyak perusahaan teknologi yang menerapkan work from anywhere.

    Dengan berbagai manfaat belajar programming dan menjadi programmer di atas, tentu ini menjadi kesempatan yang sangat besar. Apalagi saat ini kamu bisa memulai belajar programming lewat banyak sumber, salah satunya Youtube.

    Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Programing

    1. Web Programming UNPAS

    Rekomendasi pertama datang dari channel Youtube bernama Web Programming Unpas. Channel yang sudah ada sejak 2015 ini dikelola secara khusus oleh Bapak Sandhika Galih yang merupakan salah satu staf pengajar di Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung.

    Channel ini khusus membahas mengenai teknologi internet web development, khususnya untuk mahasiswa teknik informatika di Unpas Bandung dan umumnya untuk siapa saja yang tertarik. Di channel ini kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan, mulai dari bahasa pemrograman, HTML dasar, hingga membuat aplikasi, dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Programmer: Pilihan Career Shifting di Masa Depan

    2. Yuk Coding Media

    Youk Coding Media merupakan channel Youtube yang berisi berbagi tutorial pemrograman gratis dan tips trik menarik seputar dunia IT. Channel ini cocok untuk kamu yang ingin belajar membuat berbagai aplikasi android atau mobile development menggunakan flutter.

    Selain membuat aplikasi, di channel ini kamu juga bisa mempelajari tentang web development dari awal membuat sampai menjadi web yang profesional, wordpress, hingga pembuatan cloud server.

    3. FreeCodeCamp.org

    Channel FreeCodeCamp.org bersifat open source dan tidak mengambil keuntungan dari setiap video yang dipublikasikan. Channel ini berisi beragam tutorial bahasa pemrograman dengan berbagai fungsi penerapannya. Mulai dari web development hingga game development. Selain materi seputar programming, di channel ini kamu juga bisa belajar tentang data science dan data analysis menggunakan Python

    Channel Youtube ini juga berisi tutorial yang komprehensif dan mudah dimengerti karena dibuat oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

    4. LearnCode.academy

    Rekomendasi selanjutnya datang dari channel Youtube yang bernama LearnCode.academy. Channel Youtube ini bersifat 100% gratis. Di sini kamu bisa belajar tutorial Web Development, tutorial desain situs web dan banyak lagi.

    Tutorial bahasa pemrograman yang dibahas pada channel ini pun semuanya berhubungan dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website, seperti HTML, CSS, JavaScript, CSS Layouts, Responsive Design, React.js, Node.js, Angular.js, Docker, Dev Ops, Server Administration, Deployment Strategies, dan yang lainnya.

    5. Thenewboston

    Untuk kamu yang ingin belajar beragam bahasa pemrograman, kamu bisa belajar melalui channel youtube ini. Channel Youtube ini sudah ada sejak 2008 dan telah memiliki ribuan video.

    Channel ini tutorial berbagai macam bahasa pemrograman. Tutorial yang ada pada channel ini pun beragam, mulai dari dasar atau basic hingga tutorial level advanced. Channel Ini cocok bagi kamu yang masih pemula maupun untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman tingkat lanjut.

    Mau Belajar Langsung Praktek? Yuk Ikut Bootcamp Programming Berikut

    1. Hacktiv8

    Bootcamp Web Developer Hacktiv8 memberikan kamu pengetahuan dan keterampilan dasar programing agar dapat menjadi seorang programmer yang handal. Kurikulumnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan di industri terkini dengan menggabungkan skill teknis dan pengembangan pola pikir desain.

    Materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini antara lain:

    • Basic Website & Algoritma
    • Fetch API - DOM & Regular Expression
    • JavaScript Basic Programming
    • JavaScript Logic

    Informasi selengkapnya klik di sini

    2. Purwadhika

    Bootcamp Full Stack Web Development Purwadhika menyiapkan kamu menjadi professional Software Developer dan Programming dalam 12 minggu agar kamu dapat meraih karir di perusahaan hiring partner Purwadhika yang tersebar di Asia. Program training intensif ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin shifting ke dunia Teknologi tanpa background IT sekalipun.

    Di sini kamu akan mendapatkan pengalaman belajar langsung dari para instruktur dan mentor di bidang Web Development yang telah berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan multinasional terkemuka.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp ini antara lain:

    • Programming Fundamental & Data Structure and Algorithm
    • Front End Web Development
    • Back End Web Development
    • Project Management with Agile Software Development

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    3. Course Net

    Course-Net merupakan tempat pelatihan IT satu-satunya di Indonesia yang memenangkan 3 penghargaan Internasional dalam 3 Tahun berturut-turut. Ketiga penghargaan Internasional tersebut yaitu ECC Global Award Atlanta USA,tahun 2019, The Most Impactful IT Coaching 2020 dan EC-Council ATC Circle of Excellence 2021.

    Course Net menyediakan beragam bootcamp pemrograman yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat kamu. Bootcamp programing tersebut yaitu:

    • Web design
    • Laravel
    • Golang
    • Java Spring
    • Fullstack Javascript
    • Flutter

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    4. Binar Academy

    Bootcamp programming di Binar Academy akan memberikan kamu pengalaman yang melatih skills digital yang berbeda. Kurikulum yang dirancang sesuai kebutuhan industri sehingga kamu bisa langsung menerapkannya setelah lulus bootcamp. Selain mendapatkan materi, kamu juga bisa langsung belajar bersama fasilitator dan teman peserta lainnya.

    Bootcamp programming yang ada di Binar Academy antara lain:

    • DevOps Engineering
    • Front End Engineering
    • Backend Engineering
    • Mobile Development (Android)
    • Full Stack Web Development

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    5. Digital Skola

    Bootcamp programming Digital Skola menyiapkan kamu untuk menjadi seorang Full Stack Web Developer dalam 3 bulan. Kamu akan diajar langsung tutor yang merupakan praktisi berpengalaman di bidangnya.

    Materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini, yaitu:

    • Web development
    • Bootstrap
    • Git & Github
    • JavaScript
    • Database
    • Introduction to Node.js & Express
    • Advanced Database
    • Advanced Node.js & Express
    • ReactJS
    • Security

    Menjadi Programer Handal Bersama Danacita

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan bootcamp programing di Hacktiv8, Purwadhika, Course Net, Binar Academy, dan Digital Skola.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!