Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Rekomendasi Youtube Belajar Data Science Mudah

2023-02-21

rekomendasi-youtube-belajar-data-science

Daftar isi

    Data science merupakan bagian yang sangat penting dari banyak industri saat ini. Hal ini tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi yang menghasilkan banyak data.

    Popularitas data science semakin tahun semakin meningkat seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai menerapkan teknis data science untuk mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

    Untuk kamu yang ingin mendalami data science dan menjadi seorang data scientist yang banyak dicari perusahaan tidak perlu bingung ingin memulai dari mana. Karena saat ini sumber belajar sangat mudah ditemukan, salah satunya melalui Youtube.

    Di artikel ini, kita akan mempelajari apa itu data science dan bagaimana kamu bisa menjadi seorang data scientists yang handal dengan rekomendasi youtube belajar data science.

    Apa itu Data Science dan Data Scientist?

    Data science adalah sebuah studi tentang data untuk mengekstrak berbagai insight yang berarti bagi bisnis. Dalam prosesnya, data science menggabungkan berbagai ilmu, mulai dari ilmu matematika dan statistik, pemrograman khusus, analitik lanjutan, kecerdasan buatan (AI), dan pembelajaran mesin dengan keahlian materi pelajaran khusus untuk mengungkap insight yang dapat ditindaklanjuti yang tersembunyi dalam data organisasi.

    Insight ini nantinya dapat digunakan untuk memandu pengambilan keputusan dan perencanaan strategis.

    Proses dan cara kerja dari data science melibatkan berbagai peran, alat, dan proses, yang memungkinkan analis memperoleh insight yang dapat ditindaklanjuti. Orang yang melakukan proses dari data science disebut sebagai data scientist.

    Baca juga: Berkarir Menjadi Seorang Data Scientist: Pengertian hingga Gaji Data Science 2022

    Rekomendasi Youtube Belajar Data Science

    Untuk kamu yang ingin mempelajari secara mendalam seputar data science dengan gratis, berikut rekomendasi Youtube belajar data science untuk kamu:

    1. Data Science Salon

    Rekomendasi Youtube belajar data science pertama datang dari channel yang telah memiliki lebih dari 1,2k subscribers, yaitu Data Science Salon (DSS). DSS merupakan sebuah channel konferensi data science yang unik dan tumbuh menjadi komunitas beragam, mulai dari data science, machine learning dan spesialis teknik lainnya.

    Channel ini menampilkan berbagai video yang berisi tentang wawasan terpilih untuk praktisi dan manajer data science yang ingin memperoleh keterampilan baru secara santai. Di sini Kamu akan mempelajari banyak video yang menarik dengan best practices dan trik-trik khusus untuk belajar data science.

    2. DataCamp

    DataCamp merupakan channel rekomendasi youtube belajar data science selanjutnya yang membantu kamu untuk mempelajari berbagai pengetahuan terkait bidang ini. Lewat channel ini, kamu bisa belajar banyak konten-konten video seputar data science yang disediakan. Mulai dari Python, R, SQL, Power BI, Spreadsheet atau Excel, Tableau dan lain-lain.

    3. Krish Naik

    Krish Naik adalah seorang salah satu pendiri iNeuron dan praktisi data science yang telah memiliki pengalaman lebih dari satu dekade. Tak hanya data science, ia juga mendalami machine learning, deep learning, computer vision. Selain itu ia juga telah berpengalaman menjadi seorang tenaga pengajar dan mentor di bidangnya

    Lewat channel Youtube yang dirintisnya sejak Februari 2012, Krish Naik membagikan pengetahuan mengenai data science machine learning, deep learning hingga computer vision. Tentunya channel ini juga menjadi rekomendasi youtube belajar data science secara individu.

    4. The Coding Train

    The Coding Train Channel ini memiliki beragam video tutorial untuk kamu yang ingin belajar bahasa pemrograman seperti JavaScript, machine learning, data science, simulation, dan masih banyak lagi. Rekomendasi youtube belajar data science ini cocok untuk kamu yang ingin belajar dari dasar. Hingga artikel ini ditulis, The Coding Train telah memiliki subscribers yang mencapai 1,5 juta subscribers.

    5. 365 Data Science

    365 Data Science adalah salah satu channel Youtube yang menyediakan konten seputar data science berkualitas baik bagi pemula maupun profesional. Channel ini dirancang untuk membangun keahlian data science kamu dari pemula hingga siap kerja, terlepas dari level, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kamu saat ini.

    Di rekomendasi youtube belajar data science ini kamu akan menemui banyak konten-konten menarik dan juga studi kasus yang berkaitan seputar data science. Ini membuat kamu jadi lebih cepat memahami data science.

    Belajar Data Science dengan Ikut Bootcamp

    Selain belajar dari rekomendasi Youtube belajar data science yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa belajar lewat bootcamp data science. Bootcamp data science tidak hanya membantu kamu untuk mendalami pengetahuan dan keahlian seputar data science saja.

    Lewat bootcamp data science kamu juga akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana memulai karir kamu sebagai seorang data scientist yang handal.

    Berikut rekomendasi bootcamp data science terbaik untuk kamu:

    1. Pacmann

    Bootcamp data science Pacmann program belajar intesmif selama 6-12 bulan untuk memperdalam pengetahuan kamu mengenai konsep dalam data science dari data analysis hingga machine learning, serta penerapannya dalam aplikasi bisnis.

    Kurikulum Pacmann dibuat secara mendalam, end-to-end, namun ramah untuk dipelajari. Kurikulumnya dibuat oleh industry experts maupun akademisi dan telah melewati berbagai iterasi yang melibatkan masukkan dari siswa Pacmann.

    Beberapa materi yang akan kamu pelajari dari bootcamp data science Pacmann adalah:

    • Introduction to Data and Visualization
    • Probability
    • Python
    • Machine Learning PRocess
    • People Analytics
    • dan masih banyak lagi

    Informasi lengkap seputar bootcamp data science Pacmann, klik di sini.

    2. Algoritma

    Algoritma menyediakan dua kelas data science yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Kelas pertama adalah Data Science Lifetime. Kelas ini kelas intensif dimana kamu akan mendapatkan akses penuh ke semua workshop Algoritma, baik yang sudah dilakukan, sedang ataupun yang akan dilakukan. Durasi kelas ini sekitar 3 hingga 4 bulan.

    Kemudian kelas yang kedua adalah Data Science Specialization. Kelas ini dibuat untuk kamu yang ingin fokus secara mendalam pada spesialisasi data science, seperti Data Analytics Specialization, Data Visualization Specialization, dan Machine Learning Specialization.

    Informasi lengkap seputar bootcamp data science Algotima, klik di sini.

    3. Hacktiv8

    Bootcamp data science Hacktiv8 adalah sebuah bootcamp online intensif yang akan mempersiapkan kamu menjadi Data Analyst atau Data Scientist dalam 12 minggu. Di bootcamp ini kamu akan mendapatkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri, 1-on-1 mentoring, bhingga project portfolio dan pelatihan karir.

    Berikut beberapa materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp data science Hacktiv8:

    • Fundamental Python
    • Deployment Machine Learning
    • Deep Learning & Big Data

    Informasi lengkap seputar bootcamp data science Hacktiv8, klik di sini.

    Handal Data Science Bersama Danancita

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai rekomendasi youtube belajar data science hingga bootcampnya. Kabar gembira untuk kamu yang ingin mengikuti bootcamp data science di salah satu lembaga belajar di atas.

    Danacita telah bekerjasama dengan Pacmann, Algotima, dan Hacktiv8 untuk mewujudkan kamu belajar data science dan menjadi data scientist yang handal dengan bantuan biaya yang terjangkau.

    Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia. Terdapat pilihan cicilan 6 bulan hingga 24 bulan yang bisa kamu pilih.

    Untuk dapat mengajukan cicilan, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung. Mulai dari KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta telah tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!