Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Situs Rekomendasi Persiapan Interview Sukses Untuk Mahasiswa

2022-03-16

Daftar isi

    Saat menghadapi interview, memang berbagai persiapan harus dilakukan, baik itu kesiapan diri sendiri sampai persiapan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Mengapa? Karena di tahapan ini merupakan tahap yang krusial dan menjadi penentuan apakah kamu bisa diterima di posisi dan perusahaan yang kamu lamar atau tidak.

    Sesi interview masih menjadi sesi yang menantang dan menakutkan bagi banyak pencari kerja, terutama mereka yang masih belum memiliki pengalaman seperti mahasiswa atau fresh graduate. Dalam mempersiapkan diri saat ingin interview, banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari melakukan riset sampai latihan interview. Dalam melakukan latihan, kini sudah banyak situs yang menawarkan bantuan persiapan sebelum interview. Bagi kamu yang masih minim pengalaman bisa mencoba situs-situs berikut agar kamu bisa lebih percaya diri saat ingin menghadapi interview.

    Pramp

    Bagi kamu pelamar kerja di bidang teknik seperti programmer, kamu bisa memanfaatkan situs Pramp yang memberikan layanan interview gratis yang berbasis peer-interview. Untuk menggunakannya, kamu diharuskan untuk sign up terlebih dahulu supaya kamu bisa melakukan latihan interview bersama peer atau rekan lainnya. Kamu bisa saling memberikan pertanyaan beserta feedback untuk membantu satu dan yang lainnya dan durasinya yaitu selama 30 sampai 45 menit.

    Kamu bisa melakukan interview sebanyak yang kamu butuhkan dan situs ini bisa diatur atau custom sesi khusus di bagian yang ingin kamu improve atau perbaiki. Dalam situs ini, terdapat beberapa jenis interview seperti bidang data science, data structure, front end, product management, system design, behavioral, juga algoritma.

    Kamu bisa baca juga: List Pertanyaan Cerdas yang Bisa Dipersiapkan Sebelum Job Interview Pertama Kamu

    InterviewBit

    Situs lain yang bisa digunakan bagi kamu yang ingin melamar kerja di bidang teknik adalah InterviewBit. Situs ini merupakan platform gratis yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri dengan berbagai hal yang dibutuhkan di bidang teknologi untuk para lulusan perguruan tinggi juga para profesional. Selain itu, situs ini juga menghubungkan kamu dengan perusahaan yang cocok denganmu dari seluruh dunia sesuai dengan keahlian dan preferensi kamu sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan.

    Feature lain yang ditawarkan situs ini adalah kamu bisa mendapatkan plan untuk mempelajari pertanyaan-pertanyaan interview yang sudah diurutkan berdasar tingkat kesulitan. Kamu juga bisa mendapat akses pertanyaan-pertanyaan dari tech companies yang sebelumnya sudah diberikan pada kandidat-kandidat sebelumnya.

    Interviewing.io

    Situs yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan interview di bidang teknik selanjutnya adalah Interviewing.io. Situs ini memberikan layanan latihan interview secara anonim dengan para engineer ternama yang bekerja di perusahaan seperti Google, Facebook, Microsoft dan masih banyak lainnya. Selain bisa latihan interview, kamu juga bisa mendapat kesempatan untuk membangun relasi dengan para profesional tersebut.

    Dari situs ini, kamu hanya bisa melakukan interview hanya dengan pilihan suara saja tanpa video, tetapi kamu tetap akan mendapat feedback juga saran agar interview kamu bisa semakin membaik. Jika interview secara anonim yang kamu lakukan tersebut berlangsung dengan lancar, kemungkinan kamu untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pewawancara menggunakan identitas asli dan mendapat tawaran pekerjaan bisa semakin tinggi.

    InterviewBuddy

    Selanjutnya, untuk mempersiapkan diri sebelum interview, kamu bisa menggunakan situs InterviewBuddy yang memberikan layanan latihan interview tatap muka secara virtual. Kamu akan melakukan latihan langsung dengan HR yang sudah expert di bidang tersebut dan tidak perlu mendownload software apapun. Kamu bisa memilih waktu interview dan mendapatkan materi untuk persiapannya.

    Latihan interview yang kamu lakukan akan direkam sehingga kamu bisa mengevaluasi performa kamu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan scorecard yang berdasar pada matriks performa juga feedback yang berdasar pada kekurangan dan kelebihanmu. Kamu bisa memanfaatkan situs ini dengan harga yang ditawarkan mulai dari $18.99 yang setara dengan 270 ribu.

    Gainlo

    Gainlo juga merupakan situs lain yang bisa digunakan untuk persiapan interview, terutama untuk pelajar di bidang teknik. Kamu akan melakukan latihan dengan pewawancara yang sudah profesional melalui aplikasi Skype. Selain itu, kamu juga akan mendapat feedback langsung di akhir sesi interview dan bertanya hal-hal yang berkaitan dengan interview yang ingin kamu tanyakan. Untuk menggunakan situs ini, kamu harus membayar per sesi interview dan tergantung pada pewawancaranya.

    Kamu bisa baca juga: Inilah Alasan Kenapa CV Kamu Tidak Bisa Lolos ke Tahap Interview

    Jika kamu tertarik untuk berkarir di bidang tech, selain persiapan interview, tentunya kamu juga harus memiliki skill bagus yang bisa ditawarkan. Untuk menambah skill kamu di bidang tech, kamu bisa mengikuti kursus atau kelas pelatihan dan salah platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Teknologi Informasi

    Course-net Indonesia adalah salah satu lembaga yang bisa membimbing kamu di bidang IT langsung oleh coach ahli yang berpengalaman di bidangnya loh. Kamu bisa belajar tentang networking, cyber security, website dan masih banyak pilihan lainnya. Kamu bisa cek infonya di sini ya.

    Data Science

    Algoritma adalah institusi pendidikan yang berfokus pada pelatihan di bidang data science di Indonesia yang sudah didukung dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri serta memiliki instruktur yang memiliki pengalaman di berbagai bidang. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini ya.

    Full Stack Developer

    Digital Skola adalah lembaga pelatihan dan peningkatan skill digital lewat kursus untuk menghasilkan talent digital yang bisa berkontribusi pada perkembangan industri juga bersaing di dunia nasional maupun internasional. Info selengkapnya bisa kamu baca di sini ya.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan pembiayaan pendidikan berupa cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, kita persiapan interview sambil terus upgrade skill supaya CV dan interview kamu bisa semakin bersaing!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri