Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

6 Rekomendasi Kampus di Bandung dan Sekitarnya

2022-09-06

Daftar isi

    Bagi calon mahasiswa yang mengincar Bandung sebagai tujuan berkuliah, ada beberapa pilihan rekomendasi kampus di Bandung yang bisa dijadikan referensi. Mulai dari kampus negeri, sampai kampus swasta.

    Menentukan jurusan kuliah bisa dianggap menjadi satu diantara berbagai keputusan penting yang ada dalam kehidupan. Sebab, dari keputusan ini akan membantumu untuk lebih termotivasi dalam menjalani proses perkuliahan seperti mengerjakan tugas, menyelesaikan skripsi, juga kesenangan dalam belajar yang akan membawamu pada berbagai prestasi menuju prospek karir terbaik kedepannya.

    Selain itu, sangat penting untuk mempersiapkan dan menentukan jurusan serta universitas yang dituju mulai dari jauh-jauh hari karena akan mempermudahmu untuk mengetahui berapa nilai yang dibutuhkan untuk menggapainya.

    Bandung merupakan ibukota Jawa Barat yang memiliki suasana asri. Tak heran kalau kota yang mendapat julukan Paris van Java ini menjadi pusat tujuan kaum pendatang termasuk para pelajar. Banyak pelajar lulusan SMA/SMK sederajat yang memilih untuk melanjutkan kuliah mereka di Bandung.

    Jika kamu masih bingung memilih kuliah dan jurusan, yuk simak rekomendasi kampus di Bandung di bawah ini!

    Baca juga: 7 Rekomendasi Kampus di Jakarta dan Sekitarnya

    Kenapa Kamu Perlu Kuliah

    Kuliah memang tidak menjamin untuk kita menjadi sukses, namun dengan berkuliah kamu juga dapat memiliki pengetahuan baru yang belum tentu didapatkan ketika duduk di bangku sekolah dasar. Dengan pengetahuan tersebut, bisa menjadi bekal yang sangat berharga sehingga kamu dapat melewati semua masalah yang akan dihadapi nanti di masa mendatang.

    Tujuan dari perkuliahan sendiri adalah untuk membentuk karakter dan mengembangkan potensi minat pada diri mahasiswanya. Dengan begitu, para mahasiswa dapat mengembangkan kelebihan yang dimiliki agar dapat menjadi seorang lulusan yang berkarakter hebat dan memiliki soft skill yang mumpuni. Dari bekal yang sudah didapat, kemudian kamu akan siap ketika akan mulai terjun di dunia kerja maupun lingkungan masyarakat.

    Perguruan tinggi juga memiliki kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Jika semua orang sadar betapa pentingnya kuliah, maka dapat dipastikan kalau negara Indonesia pasti akan menjadi sebuah negara besar karena masyarakatnya memiliki pengetahuan yang tinggi.

    Maka dari itu, sangat diharapkan agar para pelajar yang akan melanjutkan bersekolah hingga jenjang yang lebih tinggi supaya kedepannya dapat memiliki pengetahuan dan kualitas yang lebih baik lagi.

    Kenapa Ambil Kuliah di Bandung

    Wilayah kota Bandung terkenal dengan udaranya yang sejuk dan wisata alamnya yang mempesona. Kebayang nggak kalau kamu kuliah di Bandung? Saat sedang penat dengan tugas kuliah, kamu bisa dengan mudah healing ke berbagai tempat yang indah!

    Terlebih lagi, Bandung masuk dalam daftar kota terbaik untuk para pelajar di dunia. Hal itu berdasarkan survei penilaian dari Quacquarelli Symonds (QS) melalui skema QS Best Student Cities 2023 yang dirilis pada 29 Juni 2022. Dibandingkan dengan kota besar lainnya yang juga masuk dalam daftar ini, Bandung menempati posisi teratas kota terbaik untuk pelajar di Indonesia dengan total skor 39.4.

    Keuntungan Kuliah di Bandung

    Agar kamu semakin yakin kuliah di Bandung, yuk simak keuntungan kuliah di kota Kembang ini!

    1. Banyak Kampus Berkualitas

    Bandung identik dengan ITB, kampus negeri ini merupakan salah satu kampus favorit calon mahasiswa. Bukan cuma pilihan kampus negeri, Bandung juga punya pilihan kampus-kampus swasta yang berkualitas dan tak kalah bagusnya dengan kampus negeri.

    2. Banyak Kampus dengan Biaya yang Murah

    Ada banyak rekomendasi kampus di Bandung yang murah tapi tetap berkualitas. Tidak percaya? Coba saja cari tahu. Kamu bisa mencari tahu biaya UKT untuk universitas, politeknik, sekolah tinggi, maupun akademi.

    Rata-rata, biaya UKT-nya sekitar 1 juta hingga 5 juta per semester untuk jurusan non eksak bila kamu masuk jalur undangan (SBMPTN atau SNMPTN).

    3. Suasana yang Asri dan Udara Sejuk

    Wilayah Bandung terkenal dengan udaranya yang sejuk dan suasananya yang asri. So, kuliah di Bandung bisa membuatmu merasakan kenyamanan tersebut. Tentunya, belajar dan beraktivitas di Bandung akan terasa lebih menyenangkan karena suasana dan udara yang mendukung.

    4. Akses Transportasi yang Beragam dan Mudah

    Sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Bandung memiliki fasilitas publik yang lengkap dan memadai. Saat tinggal di sini, kamu tidak perlu kesulitan atau khawatir lagi untuk menemukan berbagai fasilitas publik, baik itu fasilitas kesehatan, transportasi, pusat pendidikan, atau pusat perbelanjaan.

    Tidak hanya itu, Bandung juga memiliki banyak taman kota. Ruang terbuka ini bisa menjadi lokasi tepat jika kamu ingin bersantai, olahraga, atau belajar. Selain itu, keberadaan taman ini juga membuat udara Kota Bandung menjadi lebih segar.

    5. Terdapat Beragam Pilihan Kuliner Enak dan Murah

    Kota Bandung mirip kota-kota di Eropa yang mana sepanjang jalan banyak berjajar kafe-kafe menarik. Yup, mencari tempat asyik untuk wisata kuliner atau sekedar kerja kelompok bersama teman-teman kuliah itu sangat mudah dilakukan di Bandung.

    Rekomendasi Kampus di Bandung

    Tertarik kuliah di Bandung, tetapi bingung cari tempat kuliah? Inilah rekomendasi kampus di Bandung yang telah dirangkum oleh Danacita. Deretan kampus ini akan membantu kamu untuk menentukan langkah dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di Bandung.

    Pastikan kamu tidak salah memilih dalam menentukan tujuan, berikut rekomendasi kampus di Bandung:

    1. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    Jika kamu mencari rekomendasi kampus di Bandung swasta, nama Universitas Islam Bandung (Unisba) muncul menjadi salah satu yang teratas. Kampus ini didirikan pada 15 November 1958 dan menjadi salah satu universitas yang perkembangannya paling pesat. Salah satunya dari jumlah peminat.

    Dengan visi universitas, Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2025, UNISBA bisa dibilang menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Bandung, karena pencapaiannya yang berhasil menduduki peringkat ke-44 nasional dalam daftar pemeringkatan perguruan tinggi versi Kemenristekdikti.

    Universitas yang ada di Jalan Tamansari Nomor 20 ini memiliki setidaknya 19 program studi, baik untuk bidang Saintek, Soshum, maupun Ilmu Agama.Beberapa yang ditawarkan dan mungkin bisa jadi pilihan untuk kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, yaitu:

    • Syariah-Hukum Ekonomi Syariah
    • Teknik Pertambangan
    • Teknik Industri
    • Kedokteran
    • Ilmu Komunikasi
    • Ekonomi-Manajemen

    2. Universitas Islam Nusantara Bandung (UNINUS)

    Rekomendasi kampus di Bandung selanjutnya adalah Universitas Islam Nusantara Bandung (UNINUS). Kampus ini merupakan perwujudan cita-cita yang diamanatkan para ulama yang berhimpun dalam Keluarga Besar Ahlus Sunnah Wal Jamaah khususnya, dan umat Islam umumnya.

    Berdasarkan BAN-PT 2019 dengan Nomor SK: 173/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 Universitas Islam Nusantara Bandung mendapatkan akreditasi B secara keseluruhan dengan masa kadaluarsa akreditasi pada 9 April 2024.

    Ada beberapa program studi yang ditawarkan oleh Universitas Islam Nusantara Bandung, antara lain:

    • Teknik Elektro
    • Teknik Industri
    • Teknik Informatika
    • Ilmu Hukum
    • Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Perpustakaan
    • Komunikasi dan Penyiaran Islam
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
    • Perbankan Syariah
    • Akuntansi
    • Manajemen

    3. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI (STMIK LIKMI)

    STMIK LIKMI adalah salah satu kampus pertama di Jawa Barat (berdiri pada tahun 1985) yang berfokus di bidang IT dan bisnis, serta Perguruan Tinggi swasta pertama di Jawa Barat dan ke-3 di Indonesia yang berhasil menyelenggarakan pendidikan S2 Sistem Informasi.

    Selain itu, STMIK LIKMI juga satu-satunya perguruan tinggi yang menjalin kerjasama secara akademik dengan universitas ternama bertaraf internasional seperti RMIT Australia, Canning College Australia, Curtin University Australia, Kaplan Business School Australia, Melbourne Institute of Technology (MIT) Australia, Kaplan Singapore, dan Association of Business Executives sejaktahun 2008.

    Ada 3 jurusan yang tersedia di STMIK LIKMI, antara lain:

    • Sistem Informasi
    • Manajemen Informatika
    • Teknik Informatika

    4. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (FKG UNPAD)

    Bagi kamu yang ingin mendaftar ke fakultas kedokteran gigi, FKG UNPAD bisa menjadi pilihan referensi. Sejak tahun 2003, FKG UNPAD memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di Kampus Sekeloa sebagai upaya pengembangan Klinik Kerja Mahasiswa. Tak hanya itu, FKG Unpad pun membuka kelas internasional yang diikuti oleh mahasiswa asing dari berbagai negara.

    Pada saat perkuliahan, metode yang diterapkan adalah student active learning dengan metode problem based learning sehingga kemampuan mahasiswa akan diasah agar bisa bersaing dan berkompetisi di dunia kerja.

    Fakultas Kedokteran Gigi UNPAD menawarkan program spesialis bagi lulusannya yang ingin meneruskan studi. Beberapa program yang ditawarkan di FKG UNPAD adalah berikut.

    • PS Sarjana Kedokteran Gigi
    • PS Pendidikan Profesi Dokter Gigi
    • Program Spesialis Bedah Mulut
    • Program Spesialis Ortodonsia
    • Program Spesialis Periodonsia
    • Program Spesialis Prostodonsia
    • Program Spesialis Konservasi Gigi
    • Program Spesialis Ilmu Kesehatan Gigi Anak
    • Program Spesialis Ilmu Penyakit Mulut
    • Program Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi

    5. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

    Universitas Komputer Indonesia alias UNIKOM merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan di Kota Bandung, Jawa Barat tahun 2000. Kampus yang terkenal dengan motto Quality is Our Tradition ini berulang kali menjuarai kejuaraan tingkat nasional dan internasional dalam bidang teknologi dan informasi, lho!

    UNIKOM mendapatkan akreditasi dengan peringkat “baik sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2020 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 1079/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/XII/2020. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 9 April 2024.

    Berikut deretan fakultas di Universitas Komputer Indonesia yang bisa kamu pilih:

    • Fakultas Teknik & Ilmu Komputer
    • Fakultas Ekonomi & Bisnis
    • Fakultas Hukum
    • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Fakultas Desain & Seni
    • Fakultas Sastra

    6. Politeknik TEDC Bandung

    Rekomendasi kampus di Bandung selanjutnya adalah Politeknik TEDC Bandung. Perguruan tinggi ini berfokus dalam bidang rekayasa dan bisnis yang bernaung dibawah Yayasan Daya Juang Bangsa dengan Akta Notaris Ari Prio Buntoro SH. Pada dasarnya industri yang dibidik oleh Politeknik TEDC Bandung adalah industri dalam bidang bisnis jasa pendidikan Teknik dan Kesehatan.

    Politeknik TEDC Bandung memiliki beberapa jurusan, antara lain:

    • Teknik Komputer
    • Teknik Mesin
    • Mesin Otomotif
    • Akuntansi
    • Teknik Elektro
    • Teknik Kimia
    • Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
    • Komputerisasi Akuntansi
    • Teknik Mekanika
    • Teknik Informatika
    • Teknik Otomasi Industri

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!