Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Jangan Terlewat, Ini 5 Rekomendasi Kampus Di Yogyakarta

2022-09-09

Blog-Rekomendasi-Universitas-Yogyakarta-Pilihan-Banner.jpg

Kota Yogyakarta merupakan kota yang dijuluki sebagai kota pelajar. Julukan ini tidak lepas dari banyaknya pusat pendidikan yang ada di Yogyakarta. Alasan diberinya Yogyakarta julukan kota pelajar bukan hanya karena ada seratusan lebih perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, tetapi akar sejarahnya juga sangat kuat hingga julukan tersebut melekat.

Untuk kamu yang memiliki cita-cita untuk berkuliah di Yogyakarta, kami telah merangkum rekomendasi kampus di Yogyakarta yang bisa kamu pilih. Tapi sebelum membahas lebih detail tentang rekomendasi kampus di Yogyakarta, kita cari tahu dulu yuk, alasan kenapa kamu harus kuliah di Yogyakarta.

Kenapa Kamu Harus Kuliah di Yogyakarta?

1. Ada Banyak Rekomendasi Kampus di Yogyakarta

Alasan utama kenapa kamu harus kuliah di Yogyakarta, karena terdapat banyak sekali rekomendasi kampus di Yogyakarta yang bisa kamu pilih. Terdapat sekitar 60 kampus yang tersebar di setiap sudut kota. Mulai dari kampus negeri, swasta, institut, akademi kesehatan, dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan jika Yogyakarta adalah kota dengan kampus terbanyak di Indonesia. Kamu akan sangat mudah untuk menjumpai kampus di kota ini dengan jarak yang tidak begitu jauh antara satu kampus dengan kampus lainnya. Kamu bahkan bisa menjangkaunya hanya dengan berjalan kaki saja.

2. Banyak Tempat Kursus dan Komunitas

Selain terdapat banyak kampus, di Yogyakarta juga akan banyak kamu temui tempat kursus atau bimbingan belajar. Tempat kursus dan bimbingan belajar sangat beragam, mulai dari bahasa, akting, vokal dan lain sebagainya. Setiap tempat kursus ini memberikan kesempatan lebih untuk kamu memperdalam bidang tertentu yang menjadi favoritmu, dan pasti harganya sangat terjangkau.

Selain tempat kursus, kamu juga akan menemui banyak sekali komunitas-komunitas pemuda yang akan menjadi wadah untuk kamu menyalurkan bakat dan keterampilan kamu.

3. Biaya Hidup yang Murah

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya hidup di kota Yogyakarta murah dan sangat bersahabat untuk kantong mahasiswa dibanding kota lainnya. Biaya hidup ini mencakup tempat tinggal atau kost-kostan yang bisa kamu dapatkan dengan harga 200-an hingga 500-an perbulannya. Selain itu untuk biaya makan, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu untuk menikmati makanan yang akan membuat kamu kenyang. Banyak sekali warteg, warmindo, warung burjo yang memang dikhususkan untuk mahasiswa yang tersedia di sekitaran kampus.

4. Transportasi Beragam dan Mudah

Kota Jogja ini terbilang salah satu kota yang tidak begitu besar. Jarak dari tempat satu ke tempat lainnya cukup dekat. Karena wilayahnya yang tidak berjauhan, sehingga transportasi juga cukup mudah untuk ditemui. Kamu tidak harus membawa sepeda motor atau mobil sendiri ketika kuliah di Yogyakarta nanti. Kamu bisa memanfaatkan transportasi umum yang beragam, dan pastinya murah di kantong mahasiswa. Kamu juga masih bisa berjalan kaki ataupun bersepeda jika jaraknya sangat dekat.

5. Banyak Pilihan Tempat Wisata

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal dengan beragamnya pilihan tempat wisata. Tempat wisata yang ditawarkan mulai dari wisata budaya, wisata alam ataupun yang lainnya. Misalnya ketika sedang jenuh dengan kuliah dan ingin liburan untuk healing, kamu bisa mengunjungi Pantai Parangtritis di laut selatan yang begitu menggoda, menikmati seafood di pantai Depok, melihat indahnya pantai sundak, merasakan sejuknya hamparan pohon cemara di sepanjang bibir pantai Goa Cemara, atau ademnya suasana Kaliurang.

Rekomendasi Kampus di Yogyakarta

1. FEB UGM

Tidak bisa dipungkiri jika Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu ikon kampus Yogyakarta, bahkan Indonesia. Jadi tak heran, jika UGM selalu masuk rekomendasi kampus di Yogyakarta. Salah satu fakultas yang paling terkenal dan banyak diminati di UGM adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). FEB UGM didirikan pada tahun 1955 sebagai hasil dari organisasi Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Politik Sosial.

Program studi yang ditawarkan FEB UGM antara lain Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Semua program studi yang ada di FEB UGM telah terakreditasi “A” dan secara luas telah diakui sebagai yang terbaik di negara ini untuk profilnya, sumber daya akademik, sistem, dan proses yang kuat.


Baca juga: Mau Kuliah Di FEB UGM? Pelajari Fakultas dan Jurusannya


2. UIN Sunan Kalijaga

Rekomendasi kampus Yogyakarta berikutnya adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. UIN Sunan Kalijaga merupakan sebuah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berlokasi di Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia 55281. Kampus ini merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam tertua di tanah air.

UIN Sunan Kalijaga telah mendapat akreditasi Unggul dari BAN-PT. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Tahun 2022 membuka dan menerima calon mahasiswa baru pada 8 (delapan) fakultas dengan 41 program studi sarjana.

Berikut fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga:

  • Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  • Fakultas Syari'ah dan Hukum
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
  • Fakultas Sains dan Teknologi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

3. STIE YKPN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada 12 September 1980 di Yogyakarta. Tujuan pendirian STIE YKPN Yogyakarta adalah untuk menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas pribadi yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang ekonomi.

Saat ini, STIE YKPN Yogyakarta menyelenggarakan program pendidikan strata satu (S-1) ilmu ekonomi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen, serta Program Pascasarjana, yaitu: Program Magister Akuntansi (MAKSI), Magister Manajemen (MM), dan Pendidikan Program Profesi Akuntan (PPAk).


Baca juga: Danacita Hadir di STIE YKPN dengan Solusi Cerdas Ringankan Biaya Kuliah


4. ITN Yogyakarta

Kamu ingin belajar mengenai dunia teknologi? ITN Yogyakarta bisa menjadi pilihan. Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) merupakan sebuah institusi pendidikan yang mengusung visi untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang teknologi dan technopreneurship, khususnya dalam pengelolaan energi dan lingkungan berkelanjutan.

ITNY berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, tangguh, dan kreatif. Untuk mendukung terciptanya iklim akademik yang kondusif bagi seluruh civitas akademika, Kampus ITNY dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, mulai dari laboratorium, studio, fasilitas olahraga, workshop, dan lain sebagianya.

Fakultas yang ada di ITNY antara lain:

  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Teknologi Mineral
  • Fakultas Vokasi

Baca juga: Informasi Terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru ITNY 2022/2023


5. Mercu Buana Yogyakarta

Universitas Mercu Buana Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka yang berlokasi di Jalan Raya Wates, Bantul, Yogyakarta. Universitas swasta ini dahulu merupakan Institut Pertanian Wangsa Manggala yang berdiri pada tahun 1984. Kemudian di tahun 1986, institut tersebut berganti status menjadi Universitas Wangsa Manggala. Pada tahun 2008, Yayasan Wangsa Manggala mengganti nama Universitas Wangsa Manggala menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Program studi yang ada di Mercu Buana Yogyakarta antara lain:

  • Program Studi Teknik Informatika,
  • Program Studi Sistem Informasi,
  • Program Studi Ilmu Komunikasi,
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,
  • Program Studi Pendidikan Matematika,
  • Program Studi Psikologi,
  • Program Studi Manajemen,
  • Program Studi Akuntansi,
  • Program Studi Agroteknologi,
  • Program Studi Industri Peternakan, dan
  • Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

Itu dia beberapa rekomendasi kampus di Yogyakarta yang bisa kamu pilih beserta alasannya kenapa kamu harus kuliah di Yogyakarta. Apapun pilihan jurusan yang akan kamu ambil nantinya, kuliahnya tetap harus milih Yogyakarta, kan?

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!