Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

A/B Testing: Solusi Digital Marketing

2022-11-04

Blog-Danacita-AB-Testing-Senjata-Utama-Digital-Marketer

Daftar isi

    Bagaimana cara menentukan suatu produk lebih baik dari produk lainnya? Tentu saja hal itu bisa dibuktikan dengan melakukan pengujian antara keduanya.

    Hal itu mirip dengan AB Testing. AB Testing adalah suatu proses pengujian dua versi aset digital dengan membedakan satu variabel dari salah satunya untuk membandingkan performa mana yang lebih baik.

    Tertarik dengan penjelasan lebih jauh mengenai AB Testing? Bagaimana konsepnya? Seperti apa penerapan AB Testing dalam Digital Marketing? Simak artikel ini sampai habis agar kamu paham.

    Apa itu A/B Testing dan Bagaimana Konsepnya

    Secara pengertian sederhana, AB Testing adalah proses pengujian terhadap dua versi aset digital untuk membandingkan mana yang memiliki performa lebih baik. Dari kedua versi tersebut nantinya kamu bisa mengetahui pelanggan lebih suka yang mana. Apakah versi A atau versi B.

    Secara konsep, AB Testing adalah proses pengujian yang tidak jauh berbeda dengan pengujian tanaman pada pelajaran IPA saat masih sekolah dulu.

    Sebagai contoh, terdapat dua tanaman. Keduanya harus mendapatkan perlakuan yang sama kecuali satu aspek atau variabel yang memang secara sengaja dibedakan. Misalnya tanaman A lebih sering terkena sinar matahari di banding tanaman B. Pada akhirnya, kita bisa mengetahui tanaman mana yang akan tumbuh lebih baik.

    AB Testing adalah salah satu teknik pengujian ilmiah pada tanaman tersebut namun diterapkan dalam dunia digital marketing.

    Kenapa A/B Testing itu Penting

    AB Testing adalah suatu hal yang sangat penting sebab AB testing memberikan marketer data yang dibutuhkan untuk memaksimalkan budget marketing.

    Data itu sendiri akan berguna untuk membantu dalam mengetahui dan memproduksi aset digital yang sesuai dengan selera konsumen. Dengan begitu, terciptalah customer experience yang positif. Hal ini diharapkan juga meningkatkan jumlah conversion.

    Selain itu, hasil AB testing juga menunjukkan bahwa dengan perubahan kecil, dapat menunjukkan kemajuan yang cukup besar. Misalnya hanya dengan mengganti judul meta description, dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk meng-klik dan melakukan pembelian produk yang dijual.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Digital Marketing untuk Kamu

    A/B Testing Dalam Digital Marketing

    Kembali ke AB Testing dalam Digital Marketing. AB Testing adalah proses pengujian yang dilakukan pada aset digital seperti:

    • Online Advertising
    • Desain Website/Landing Page
    • Post Media Sosial
    • Email Campaign

    AB Testing adalah proses pengujian yang bisa dilakukan dengan cara melihat insight dan respon yang diberikan oleh audiens. Sebagai contoh, kamu bisa lakukan pengujian dengan dua post media sosial.

    Buat dua post tersebut dengan topik yang sama namun dengan desain yang berbeda. Dengan begitu kamu bisa menarik kesimpulan desain mana yang disukai oleh audiens dan mampu menarik insight lebih.

    Apa saja yang bisa di A/B Testing

    AB Testing adalah proses pengujian pada aset digital dengan beberapa variabel yang bisa diuji. Sebagai contoh, kamu bisa memilih beberapa contoh variabel yang akan dilakukan pengujian dalam pembuatan website seperti:

    • Tipe Gambar
    • Warna
    • Layout
    • Penawaran Spesial
    • Harga Produk
    • Judul dan sub-judul
    • Tombol call-to-action

    Memang secara umum, hampir semua konten yang berhubungan dengan costumer dapat diuji. Keberhasilan bisa dilihat dari data click-through-rate dan conversion.

    Belajar membuat strategi A/B Testing Digital Marketing bersama RevoU

    RevoU adalah lembaga kursus dan pelatihan yang membekali para murid dengan keterampilan digital sesuai dengan permintaan di zaman revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini.

    RevoU membuka program Digital Marketing untuk kamu yang ingin menjadi seorang Digital Marketer yang ahli dalam melakukan AB Testing.

    AB Testing adalah kemampuan teknis yang akan kamu pelajari selama mengikuti kelas digital marketing di RevoU. Selain itu kamu juga akan disiapkan kemampuan pendukung untuk menjadi seorang Digital Marketer yang handal.

    Program ini dilaksanakan selama 6 bulan dengan beberapa keuntungan seperti personal mentor, konsultasi dengan instruktur berpengalaman kapan saja dan di mana saja, serta bekerja sesuai dengan proyek nyata.

    Di RevoU kamu akan mempelajari:

    • Marketing Analytics & Performance Measurement
    • Value Proposition & Landing Page Creation
    • Online Advertising & Performance Marketing
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Content Strategy, Creation, & Distribution
    • Social Media Management
    • CRM & Email Marketing
    • Critical Thinking Frameworks & Effective Communication

    Jadi Ahli Digital Marketing bersama Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai AB Testing yang mana AB Testing adalah suatu kompetensi yang harus kamu kuasai sebagai seorang digital marketer.

    Kamu bisa mengikuti kelas Digital Marketing dari RevoU untuk meraih mimpi menjadi seorang digital marketer handal. Jika kamu tertarik namun terkendala dengan biaya pendidikan, maka Danacita bisa menjadi solusinya.

    Danacita adalah platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Hingga saat ini, Danacita telah tercatat memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 120 mitra pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu
      Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.
    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan
      Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.
    • Persyaratan mudah
      Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.
    • Proses pengajuan mudah berbasis online
      Kamu bisa mulai melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.
    • Bebas biaya pelunasan di awal
      Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Kamu tertarik untuk kursus / bootcamp di RevoU? Yuk, bikin belajarmu di RevoU makin terjangkau bareng Danacita!
    Temukan informasinya disini!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!