Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Adakah Cicilan Pendidikan untuk Mahasiswa?

2023-02-22

cicilan-pendidikan-untuk-mahasiswa

Daftar isi

    Hampir semua orang pasti setuju jika pendidikan adalah yang utama dan harus dikejar. Namun, ada kalanya juga beberapa dari kita mengalami kendala terkait biaya. Untungnya, saat ini sudah banyak solusi alternatif untuk memenuhi biaya pendidikan, salah satunya dengan cicilan pendidikan.

    Sebelum mengenal lebih jauh apa dan bagaimana mendapatkan cicilan pendidikan, kamu harus tahu dulu apa saja biaya yang akan kamu keluarkan selama berkuliah. Berikut penjelasannya!

    Biaya Selama Kuliah yang Harus Kamu Persiapkan

    Selain memilih kampus dan jurusan terbaik, satu hal yang perlu kamu persiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah biaya kuliah. Berbeda dengan jenjang SD-SMA yang biayanya cukup murah bahkan gratis jika kamu bersekolah di sekolah negeri, biaya kuliah, baik di kampus negeri maupun swasta terbilang mahal.

    Biaya selama kuliah terbagi atas biaya pokok dan biaya lain-lain. Berikut penjelasannya:

    1. Biaya Pokok

    Biaya pokok atau bisa juga disebut sebagai biaya wajib merupakan rincian biaya yang mutlak kamu bayarkan selama berkuliah dimanapun jurusan atau kampus kamu. Biaya pokok ini terbagi atas:

    Biaya pendaftaran

    Biaya pendaftaran ini mencakup biaya administrasi ketika kamu mendaftar di suatu kampus. Besaran biayanya berbeda-beda tiap kampus dan jalur yang kamu daftarkan.

    Pendaftaran masuk ke perguruan tinggi negeri dibagi menjadi jalur seleksi nasional (SNMPTN & SBMPTN) dan jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing kampus, baik negeri maupun swasta.

    Terdapat perbedaan biaya antara keduanya, dimana jalur seleksi nasional biasanya cenderung lebih murah dibanding jalur mandiri.

    Uang pangkal

    Setelah melewati proses seleksi dan dinyatakan lulus di salah satu perguruan tinggi, kamu akan mengikuti proses pendaftaran ulang dimana kamu akan membayar sejumlah biaya yang dikenal sebagai uang pangkal.

    Uang pangkal ini dibayarkan hanya satu kali selama kuliah dan biasanya mencakup biaya administrasi pendaftaran ulang, biaya pembangunan, biaya almamater. Biaya UKT atau SPP semester pertama juga terkadang diikutkan pada uang pangkal.

    Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)

    Kamu pasti tidak asing dengan istilah biaya SPP atau Sumbangan Biaya Pembinaan Pendidikan. Biaya ini juga kadang ditemui di beberapa SMA swasta.

    Hampir sama dengan biaya SPP di jenjang SMA, kamu juga akan membayar setiap masuk ke semester baru. Istilah lain yang mengacu pada SPP ini adalah Uang Kuliah tunggal (UKT) yang umumnya ditemui di kampus negeri.

    Skema biaya SPP dan UKT sedikit berbeda. Biaya SPP dibedakan berdasarkan jalur masuk dan jurusannya. Sedangkan biaya UKT dibedakan berdasarkan besaran pendapatan orangtua yang dibagi ke dalam beberapa golongan.

    Biaya Kuliah Kerja Nyata (KKN)

    Salah satu kegiatan yang harus kamu ikuti untuk bisa lulus adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN ini biasanya dilakukan saat menginjak semester 5 atau 6 dan mengharuskan kamu terjun langsung dan mengabdi ke masyarakat.

    Sebelum mengikuti kegiatan ini, kamu harus membayar sejumlah biaya tergantung dari kebijakan masing-masing kampus. Biaya ini biasanya diperuntukkan untuk biaya akomodasi kamu selama KKN, hingga biaya pelaksanaan program kerja kamu.

    Biaya semester akhir atau wisuda

    Biaya pokok terakhir yang harus kamu persiapkan adalah biaya semester akhir atau biaya wisuda. Biaya ini termasuk ketika kamu sudah mulai menyusun skripsi, sidang akhir, yudisium, hingga prosesi wisuda. Biaya wisuda ini biasanya juga sudah termasuk biaya cetak ijazah.

    2. Biaya Lain-lain dan Tak terduga

    Selain biaya pokok atau wajib yang harus kamu bayar, selama kuliah kamu juga akan menemui biaya tak terduga lainnya yang tidak sedikit. Berikut beberapa biaya tak terduga yang harus kamu persiapkan:

    Biaya praktikum

    Biaya ini biasanya dibebankan untuk jurusan pada rumpun IPA dan Kesehatan, dan tak hanya sekali saja. Di beberapa jurusan, kegiatan praktikum dilakukan lebih dari satu kali. Bahkan dalam satu semester kamu bisa melakukan praktikum dua atau tiga kali.

    Biaya penelitian

    Penelitian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Terutama mahasiswa akhir. Untuk menyelesaikan tugas skripsi maka kamu biasanya melakukan penelitian. Tak jarang penelitian ini dilakukan di luar kampus atau bahkan di luar kota dan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

    Biaya buku dan perlengkapan kuliah

    Selama kuliah kamu akan membutuhkan banyak referensi bacaan. Oleh karena itu kau harus mempersiapkan biaya untuk membeli buku atau berlangganan jurnal. Selain itu, biaya perlengkapan kuliah lainnya juga harus kamu pikirkan, seperti biaya saat ngeprint tugas atau fotocopy materi kuliah.

    Biaya hidup selama kuliah

    Tak ketinggalan biaya hidup selama kuliah juga harus kamu persiapkan. Mulai dari uang kost untuk kamu yang merantau, uang makan, transportasi, komunikasi dan lain sebagainya.

    Biaya persiapan kerja

    Selain biaya saat kuliah, kamu juga harus memikirkan biaya persiapan kerja kamu. Biaya persiapan kerja ini termasuk ketika kamu ingin mengikuti magang, bootcamp atau pelatihan skill tertentu, dan lain sebagainya. Dengan mengatur biaya persiapan kerja di awal dengan matang, maka kamu tidak perlu lagi bingung menentukan langkah setelah lulus nanti.

    Baca juga: Peran Pilihan Cicilan Biaya Kuliah Bagi Mahasiswa

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Platform Penyedia Pembiayaan Atau Cicilan Pendidikan Untuk Mahasiswa

    Dengan melihat sejumlah biaya yang harus dipersiapkan saat kuliah di atas, tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Untungnya, biaya saat ini bukanlah sesuatu yang menjadi penghambat kamu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebab, banyak alternatif pembayaran biaya kuliah yang tersedia, salah satunya dengan cicilan pendidikan dari Danacita.

    Danacita adalah sebuah perusahaan teknologi finansial yang menyediakan pembiayaan pendidikan terjangkau untuk siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau mengikuti pelatihan vokasi di Indonesia.

    Danacita hadir untuk menurunkan kendala keuangan berpendidikan tinggi di Indonesia, sesuai dengan misi kamu yaitu untuk memperluas akses bagi semua pelajar menggapai impian pendidikannya.

    Terdapat beragam pilihan cicilan, yaitu:

    1. Cicilan Kuliah

    Cicilan kuliah merupakan program cicilan regular yang dikhususkan untuk kamu yang ingin masuk ke perguruan tinggi.

    • Cicil biaya pendidikan mulai dari 6, 12, hingga 24 bulan
    • Biaya Platform mulai dari 1.3% per bulan
    • Biaya Persetujuan (dikenakan sekali di awal) 3% dari nominal biaya yang disetujui atau minimal Rp 100.000
    • Jumlah cicilan bulanan tetap
    • Persyaratan pengajuan mudah tanpa Agunan dan Surat Jaminan

    2. Cicilan Kursus

    Cicilan kursus Danacita memiliki dua jenis, yaitu:

    • Program Cicilan 0%

    Program cicilan tanpa biaya platform atau biaya administrasi lainnya (0% untuk kamu). Ketersediaan bergantung pada masing-masing institusi pendidikan.

    • Program Study Now, Pay Later (SNPL)

    Program pembiayaan dengan keringanan biaya cicilan selama masa studi kamu. Kamu hanya perlu membayar biaya platform dan persetujuan selama masa studi kamu (grace period). Sementara untuk total tagihan cicilan (biaya platform + cicilan pokok) akan mulai dibayarkan setelah grace period.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    cicilan pendidikan cicilan pendidikan untuk mahasiswa
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri