Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Ahli Kecantikan: Info, Gaji, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-30

Daftar isi

    Saat ini jenis pekerjaan semakin banyak dan beragam, tak terkecuali pekerjaan dalam industri kecantikan. Boleh dibilang, ahli kecantikan atau beauty aesthetician adalah salah satu industri yang tak akan pernah mati, malahan semakin berkembang pesat. Lihat saja, generasi saat ini banyak yang berminat berkarir di sana.

    Sebab, ahli kecantikan tak hanya bisa menyalurkan passion tetapi juga punya karir yang menjanjikan. Jika kamu tertarik dengan profesi ahli kecantikan atau beauty aesthetician, simak artikel di bawah ini karena akan dijelaskan lengkap hingga gaji ahli kecantikan dan prospek kerja ahli kecantikan.

    Apa Itu Ahli Kecantikan?

    Sebelum masuk ke pembahasan gaji ahli kecantikan atau prospek kerja ahli kecantikan, kamu perlu tahu dulu pengertiannya. Beauty aesthetician atau ahli kecantikan adalah suatu profesi yang mengharuskan seseorang untuk terampil dalam melakukan treatment kecantikan.

    Seorang beauty aesthetician juga harus mampu memberi konseling serta menyediakan program yang sesuai dengan kondisi dari klien. Semisal, saat klien memiliki masalah dengan jerawat, warna kulit tidak merata, selulit, hingga kelebihan lemak, maka ahli kecantikan harus memberikan solusi yang tepat. Seorang beauty aesthetician juga harus dapat menangani klien yang datang untuk tujuan relaksasi.

    Pekerjaan ini dibutuhkan untuk klinik kecantikan, perusahaan kosmetik, hingga pusat pelayanan kesehatan. Orang yang bekerja pada bidang kecantikan ini belum tentu seorang dokter. Meskipun dia sudah terampil dalam melakukan peeling, laser, botox, dan masih banyak lagi.

    Tanpa titel dokter, seseorang tetap bisa menjadi ahli kecantikan. Caranya, ikuti kursus kecantikan sekaligus menekuni dunia kecantikan dengan baik. Seorang ahli kecantikan harus memiliki kemampuan berpikir kritis, observasi, menganalisis masalah, berkomunikasi, melayani, dan paham masalah dermatologi.

    Ahli kecantikan lebih fokus pada perawatan agar penampilan klien bisa meningkat. Selain itu, tugas beauty aesthetician juga meningkatkan tekstur kulit lebih baik lagi.

    Day to Day dan Skill yang Harus Dimiliki Ahli Kecantikan

    Nah, setelah paham pengertiannya dan sebelum membahas gaji ahli kecantikan atau prospek kerja ahli kecantikan, kamu juga harus paham keseharian serta skill yang harus dimiliki.

    Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang ahli kecantikan adalah sebagai berikut:

    • Membantu dan memberikan pelayanan kepada pasien sesuai dengan keahliannya
    • Melakukan tindakan perawatan sesuai dengan resep dan kebutuhan pasien
    • Melakukan serangkaian tugas dan kegiatan menjadi seorang beauty aesthetician
    • Melakukan tindakan treatment (facial dan program pelangsingan)
    • Menjaga kebersihan tempat kerja dan kestabilan alat-alat
    • Membantu meningkatkan pendapatan atau profit perusahaan
    • Memberikan pelayanan jasa perawatan kecantikan kepada pasien
    • Mempromosikan dan merekomendasikan perawatan kepada pasien
    • Membersihkan dan menyiapkan ruangan treatment sebelum perawatan dilakukan
    • Melakukan tindakan kecantikan dengan menggunakan mesin teknologi terbaru yang dapat mengencangkan kulit pada area wajah, lengan, perut dan paha
    • Melakukan komunikasi dengan klien dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan mereka, pelayanan apa yang mereka butuhkan, serta memberikan mereka informasi seputar kecantikan dan perawatan kulit, tipe rambut dan lain sebagainya
    • Menginformasikan produk perawatan kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan pasien dan menjelaskan kepada mereka manfaatnya
    • Bertugas untuk memberikan perawatan kecantikan seperti waxing, pijat, manicure-pedicure, serta jenis perawatan lainnya
    • Menjaga kenyamanan pasien saat mereka sedang melakukan perawatan
    • Memberikan sambutan yang hangat kepada setiap pasien yang datang
    • Bertanggung jawab untuk mempersiapkan treatment dan pelayanan kepada pasien sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku di perusahaan
    • Memberikan informasi terkait dengan treatment sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku di perusahaan
    • Bertanggung jawab untuk memberikan kepuasan kepada pasien

    Tak hanya keterampilan teknis, ahli kecantikan harus menguasai berbagai keterampilan lainnya. Umumnya, mereka telah menguasainya ketika masih menempuh pendidikan. Keterampilan mereka akan semakin terasah saat mereka bekerja di industri kecantikan.

    Kualifikasi dan syarat yang harus dipunyai ahli kecantikan yaitu:

    • Keterampilan teknis untuk menjalankan perawatan kecantikan dengan standar tertinggi
    • Layanan pelanggan yang membuat mereka merasa nyaman
    • Komunikasi verbal termasuk mendengarkan kebutuhan klien
    • Kemampuan mengoperasikan komputer dasar dan sistem elektronik
    • Kemauan untuk terus belajar teknik-teknik baru perawatan kecantikan
    • Mengikuti tren kecantikan terkini

    Gaji Ahli Kecantikan

    Semakin tertarik menjadi ahli kecantikan? Kalau iya, kamu juga harus tahu berapa kisaran gaji ahli kecantikan. Dengan tanggung jawab dan keahlian yang harus dimiliki, maka rata-rata gaji ahli kecantikan di Indonesia saat ini berkisar Rp 3 juta sampai Rp 8 juta perbulan untuk tahap awal. Namun, jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman, tentu penghasilan akan lebih besar.

    banner-3-old

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Prospek Kerja Ahli Kecantikan

    Setelah tahu gaji ahli kecantikan, berikut ini juga akan dipaparkan mengenai prospek kerja ahli kecantikan. Biasanya ahli kecantikan dengan latar pendidikan dokter meniti karir sebagai dokter umum dan melanjutkan pendidikan spesialis kesehatan dan kelamin.

    Namun, prospek kerja ahli kecantikan lainnya yaitu bisa menempuh pendidikan khusus di bidang kecantikan melalui pendidikan spesialis. Nantinya, dokter di bidang kecantikan ini akan menjadi staf medis di klinik kecantikan, rumah sakit, atau pusat pelayanan kesehatan sekunder dan tersier lainnya.

    Namun, ada juga ahli kecantikan yang bukan merupakan dokter dan bekerja di spa, salon, maupun klinik estetika yang dipimpin dokter kulit atau dokter pakar kecantikan. Gimana? Prospek kerja ahli kecantikan semakin membuatmu tertarik?

    Menjadi Ahli Kecantikan dengan Ikut Program Puspita Martha International Beauty School

    Jika tertarik bekerja menjadi ahli kecantikan, kamu dapat mendaftar di tempat-tempat kursus kecantikan yang ada di Indonesia, salah satunya Puspita Martha International Beauty School. Puspita Martha International Beauty School merupakan pioneer sekolah kecantikan bertaraf internasional di Indonesia.

    Puspita memiliki 3 program utama yaitu, School Beauty Aesthetic & Spa, School of Make-up dan School of Hairdressing, dimana seluruh program tersebut memiliki akreditasi internasional. Selain 3 program itu ada juga kelas Self Image Program bagi kamu yang tertarik untuk mengembangkan diri.

    Info selengkapnya di sini.

    Belajar Ahli Kecantikan di Puspita Martha International Beauty School dengan Danacita

    Itu dia informasi tentang ahli kecantikan mulai dari pengertian, gaji ahli kecantikan hingga prospek kerja ahli kecantikan. Kamu ingin kursus kecantikan tapi terkendala biaya? Gak usah khawatir, karena Danacita siap mewujudkan impian kamu.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan banyak lembaga pendidikan, termasuk dengan Puspita Martha International Beauty School. Kerjasama yang dilakukan adalah dengan memberikan solusi program cicilan. Melalui program pembiayaan dari Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh kursus menjadi ahli kecantikan kamu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran.

    Terlebih syarat untuk mengajukan juga sangat mudah. kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-CTA-centered

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!