Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan dan Keunggulan Kuliah di ATMI Cikarang

2023-02-03

Daftar isi

    Untuk kamu calon mahasiswa baru yang masih bingung menentukan kampus tujuan dalam melanjutkan akademik, Politeknik ATMI Cikarang bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa alasan dan keunggulan untuk berkuliah di sini. Kamu penasaran? Simak artikel berikut yang akan membahas alasan kuliah di ATMI Cikarang.

    Tentang Politeknik ATMI Cikarang

    Sebelum membahas alasan kuliah di ATMI Cikarang, kamu harus mengenal dulu seperti apa kampus ini. Politeknik ATMI Cikarang adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kampus ini berfokus pada pendidikan vokasi, khususnya di bidang manufaktur khususnya mesin industri dengan tiga program studi unggulan yaitu Mesin Industri, Teknik Rekayasa Mekatronika, dan Manajemen Industri.

    Kampus ini merupakan kampus yang lahir dari dorongan & prakarsa kalangan industri dan alumni Politeknik ATMI Surakarta yang bekerja di sekitar Jabodetabek. Mereka merasa tenaga-tenaga profesional industri yang mampu memacu proses industrialisasi di Indonesia masih belum mencukupi.

    Untuk itu, sebagai salah satu kampus vokasi, Politeknik ATMI Cikarang bertujuan untuk menunjang kebutuhan industri Indonesia agar dapat lebih mempererat hubungan dengan dunia industri serta mampu menanggapi kebutuhan industri secara tepat.

    Visi dan Misi Politeknik ATMI Cikarang yang Berkualitas

    Salah satu hal yang perlu diketahui jika membahas alasan kuliah di ATMI Cikarang adalah visi dan misinya yang berkualitas.

    Visi Politeknik ATMI Cikarang

    Membangun sumber daya manusia berkarakter unggul melalui pendidikan vokasi sebagai tulang punggung masyarakat industri yang menghormati martabat manusia dan lingkungan hidup.

    Misi Politeknik ATMI Cikarang

    Mendidik kaum muda menjadi tenaga profesional yang memiliki kemampuan teknis dan tanggung jawab moral yang dirumuskan dalam 4 C : Competentia, Conscientia, Compassion dan Commitment:

    • Competentia – Competence

    (memiliki kedisiplinan, kehati-hatian dan konsistensi dalam kualitas)

    • Conscientia – Conscience

    (memiliki tanggung jawab moral)

    • Compassion – Compassion

    (memiliki kesadaran sosial, cinta kasih, dan mudah bergaul)

    • Commitment
    • (memiliki komitmen, setia pada tanggung jawab)

    Program Pendidikan Politeknik ATMI Cikarang yang Bervariasi

    Selain visi dan misinya, program pendidikannya juga menjadi alasan kuliah di ATMI Cikarang. Politeknik Industri ATMI mulai menyelenggarakan pendidikan diploma (D-III) dengan program studi mesin industri pada tanggal September 2003.

    Seiring berjalannya waktu, Politeknik ATMI Cikarang menawarkan prodi Teknik Mekatronika yang dimulai pada Tahun Ajaran 2012/2013. Kemudian Prodi Manajemen Industri mulai aktif beroperasi menerima mahasiswa baru di semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021.

    Berikut penjelasannya.

    1. D3 Mesin Industri

    Prodi D3 Mesin Industri merupakan cikal bakal dari lahirnya Politeknik ATMI CIkarang. Prodi ini pertama kali menyelenggarakan pendidikan pada tanggal 1 September 2003 dengan 36 mahasiswa. Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan ahli teknik Diploma 3 yang terampil. profesional, dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Tak heran jika, di prodi ini, kamu diharapkan dapat memiliki kemampuan:

    • Mampu mengerjakan proses manufaktur mekanik (dengan mesin-mesin konvensional dan CNC) serta mempunyai pengetahuan yang mencukupi untuk berbagai macam proses manufaktur di bidang mekanik, peralatan perkakas presisi, membuat rancangan untuk komponen maupun unit mesin, secara manual, maupun dengan bantuan CAD dan CAM.
    • Mempunyai keahlian praktis dan teoritis di bidang teknik manufaktur dengan berpedoman pada Mutu (Quality), keefektifan biaya (Cost effectiveness) dan ketepatan penyelesaian serta penyerahan hasil kerja (Delivery) dan juga mengetahui metode pemeliharaan dan perbaikan (Maintenance).
    • Memahami etika profesi dan makna kerjasama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan kesehatan kerja.

    2. D4 Teknik Rekayasa Mesin Mekatronika

    Prodi Teknik Mekatronika dimulai pada Tahun Ajaran 2012/2013, Prodi ini merupakan konsentrasi dari Prodi D3 Mesin Industri. Tujuan dari prodi ini yaitu untuk menghasilkan lulusan ahli teknik mekatronika dan otomasi yang terampil, profesional, dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Berikut kompetensi yang akan kamu dapatkan di prodi ini:

    • Mampu mengembangkan sistem proses otomasi yang berhubungan dengan komponen elektronik.
    • Mampu mengembangkan real-time system yang dapat diaplikasikan pada proses manufaktur.
    • Memiliki keahlian di bidang maintenance dan quality control.
    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    3. D3 Manajemen Industri

    Untuk membuka kesempatan yang lebih luas untuk calon mahasiswa, Politeknik ATMI Cikarang kemudian membuka prodi Manajemen Industri pada Tahun Ajaran 2020/2021 dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan berkualitas Diploma yang terampil, profesional, dan beriman kepada Tuhan Yang Mahas Esa.

    Setelah lulus dari prodi ini, kamu diharapkan memiliki kemampuan untuk:

    • Dapat menerapkan keahlian secara praktis dan teoritis dalam bidang pengelolaan industri
    • Cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi industri
    • Mampu bertindak secara bertanggungjawab terhadap hasil karya keilmuannya dengan etika yang berlaku
    • Dapat berpartisipasi dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manufaktur bagi masyarakat dalam rangka memajukan pembangunan masyarakat Indonesia
    • Mampu memiliki wawasan kewirausahaan untuk dapat menciptakan lapangan kerja dalam bidang industri manufaktur
    • Dapat menghasilkan karya inovatif yang tepat guna dalam bidang teknik.

    Kenapa Kamu Harus Berkuliah di Politeknik ATMI Cikarang?

    Jika kamu sudah yakin masuk ke kampus ini, berikut alasan kuliah di ATMI Cikarang.

    1. Sistem Pendidikan dan Kurikulum yang Tepat

    Sistem pendidikan Politeknik ATMI Cikarang menggunakan hybrid system yang menggabungkan antara PBET (Production Based Education and Training) dan Dual system. PBET sendiri diselenggarakan dengan 67% praktik dan 33% teori. Sementara untuk dual system nya dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa untuk merasakan pengalaman industri secara langsung melalui proyek akhir.

    2. Terdapat Training Centre

    Training Centre ini merupakan sebuah program pelatihan yang dirancang bagi peserta dari kalangan perusahaan maupun individu untuk meningkatkan kemampuan teknis peserta terhadap kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia Industri. Jadi kamu akan memiliki pengalaman tambahan untuk bekerja di industri.

    3. Fasilitas yang Lengkap

    Politeknik ATMI Cikarang menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang perkuliahan kamu. Fasilitas-fasilitas ini termasuk berbagai lab praktek seperti lab digital teknik, lab CAD/ CAM, lab gambar konstruksi, dan masih banyak lagi. Terdapat juga fasilitas pendukung lainnya seperti perpustakaan dan lapangan olahraga.

    1. Kesempatan Pertukaran Keluar Negeri

    Politeknik ATMI Cikarang membuka peluang untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman pertukaran pelajar ke luar negeri. Melalui KUI (Kantor Urusan Internasional), Politeknik ATMI Cikarang menjaga kerjasama dengan berbagai mitra di luar negeri. Salah satu tujuannya untuk membuka kesempatan mahasiswanya dapat merasakan pertukaran pelajar ke luar negeri.

    Kerjasama ATMI Cikarang dan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar alasan kuliah di ATMI Cikarang. Kabar gembira untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Politeknik ATMI Cikarang. Saat ini Politeknik ATMI Cikarang telah bekerjasama dengan Danacita untuk membantu kamu meringankan biaya pendidikan melalui cicilan biaya pendidikan mulai 6 hingga 24 bulan.

    Danacita sendiri adalah perusahaan penyedia pembiayaan pendidikan terjangkau untuk para pelajar yang mengejar perguruan tinggi dan pelatihan vokasi di Indonesia serta sudah berizin dan diawasi OJK, sehingga dijamin aman.

    Selain itu, persyaratan untuk melakukan cicilan juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen. Mulai dari KTP atau identitas diri, foto diri kamu, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    alasan kuliah di ATMI Cikarang Politeknik ATMI Cikarang
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri