Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Untuk Investasi Pendidikan

2022-09-22

Daftar isi

    Saat berbicara tentang investasi, sebagian besar orang pasti langsung terpikirkan pada berbagai jenis investasi yang berjenis materi. Padahal sebenarnya, ada jenis investasi selain materi dan juga tak kalah penting, yaitu investasi diri melalui pendidikan.

    Investasi pendidikan bisa dilakukan bukan hanya pada pendidikan formal saja, tetapi juga bisa dalam bentuk lain seperti kelas pelatihan khusus. Maka dari itu, salah satu alasan investasi pendidikan harus mulai difokuskan karena akan sangat berguna bagi individu yang memprioritaskannya.

    Memang tidak ada salahnya untuk berinvestasi harta sebagai bentuk tabungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tetapi harus diingat bahwa baik itu investasi harta dan pendidikan sama-sama penting untuk seseorang bisa menjalani kehidupan yang lebih baik. Berikut ini alasan investasi pendidikan harus mulai kamu fokuskan.

    Investasi Pendidikan Lebih Penting daripada Harta

    Alasan investasi pendidikan harus mulai difokuskan yang utama yaitu karena investasi pendidikan lebih penting daripada harta. Masih banyak orang tua yang fokus memberikan uang atau barang berharga kepada anaknya sebagai bentuk investasi. Padahal, tidak ada salahnya untuk memberikan pendidikan layak yang tidak kalah pentingnya pada anak mereka.

    Dengan begitu, si anak akan memiliki bekal ilmu yang cukup untuk ke depannya. Bila seseorang memiliki banyak harta tetapi kurang ilmu, maka bisa saja harta yang dimilikinya akan tidak dimanfaatkan dengan baik. Lain halnya jika seseorang sudah berinvestasi pendidikan, maka ilmu yang dipelajari akan membantunya untuk bisa bijak mengatur harta yang dimiliki.

    Baca juga: Cicilan Pendidikan Sebagai Jembatan Investasi Diri di Masa Depan

    Investasi Pendidikan Tidak Memiliki Jangka Waktu

    Source: Unsplash.com/Javier Trueba

    Berbeda dengan investasi materi yang memiliki jangka waktu, investasi pendidikan merupakan investasi dengan jangka sepanjang masa untuk seseorang. Seseorang yang sudah berinvestasi pendidikan, maka akan terbentuk karakter dan pola pikir yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak berinvestasi pendidikan. Investasi pendidikan juga akan mendukung seseorang untuk memiliki perkembangan lebih bagus. Hal ini kemudian menjadi alasan investasi pendidikan yang tak kalah penting dan harus mulai dipertimbangkan.

    Selain itu, investasi pendidikan juga bisa bertahan hingga kamu memasuki usia tua. Dengan ilmu yang sudah kamu pelajari di masa muda akan membantumu dalam mengatur perencanaan hidup yang layak di masa tua sehingga sudah pasti masa tuamu akan terjamin. Hal ini juga bisa dibantu dengan investasi harta yang juga dilakukan sebagai persiapan sejak dini.

    Investasi Pendidikan Dapat Membantu Berbagai Bidang

    Alasan investasi pendidikan selanjutnya yaitu dapat membantu memperbaiki berbagai bidang. Seperti yang sudah diketahui, pendidikan merupakan awal yang bisa dijadikan fondasi untuk membantu atau memperbaiki berbagai bidang yang ada di masyarakat, mulai dari bidang politik, ekonomi, sosial dan bidang lainnya. Dengan pendidikan yang memadai, maka seseorang akan bisa menjadikan ilmu yang dimiliki menjadi alat untuk memperbaiki berbagai bidang tersebut.

    Bila semakin banyak individu atau orang tua yang menilai bahwa investasi pendidikan itu penting, maka secara tidak langsung mereka berpartisipasi dalam memajukan Indonesia. Hal ini dikarenakan salah satu alasan investasi pendidikan penting dilakukan karena akan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia yang akan mendatangkan masa depan cerah untuk Indonesia.

    Realisasi Investasi Pendidikan Melalui Pembiayaan Pendidikan

    Setelah mengetahui beberapa alasan investasi pendidikan yang penting untuk mulai difokuskan, hal lain yang juga tak kalah penting diketahui adalah persiapan dana. Biaya pendidikan formal di Indonesia dari mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, biaya berkuliah juga selalu mengalami kenaikan pada setiap tahunnya. Belum lagi ditambah biaya lainnya seperti partisipasi kursus yang juga membutuhkan biaya yang tergolong mahal.

    Saat memiliki kendala dalam hal biaya, memang terasa sulit untuk bisa berinvestasi pendidikan. Hal ini dikarenakan pendapatan yang dimiliki pasti difokuskan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu, sehingga untuk pendidikan yang memadai malah dikesampingkan. Dalam kondisi seperti ini, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk memikirkan pengajuan pembiayaan pendidikan untuk bisa terus mewujudkan investasi pendidikanmu. Selain bisa membantu mencapai pendidikan yang diinginkan, kamu juga akan diringankan dalam hal biaya.

    Cek juga artikel berikut: Peran Pilihan Cicilan Biaya Kuliah Bagi Mahasiswa, Pemerintah dan Perguruan Tinggi

    Kalau kamu tertarik untuk mengajukan pembiayaan pendidikan agar investasi pendidikanmu terus bisa berjalan, pastikan lembaga yang kamu ajukan sudah pasti aman, terpercaya dan tidak akan mempersulit kamu dalam masa pelunasannya. Salah satu platform yang bisa kamu ajukan permintaan adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam investasi pendidikan dan menggapai cita-citamu yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!