Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Berkuliah di Fakultas Hukum Unhas

2022-03-03

BlogBanner-FHUnhas2.jpg

Daftar isi

    Hi Sobat Dacanacita, gimana persiapan kamu menyambut seleksi masuk perguruan tinggi yang tinggal beberapa bulan lagi? Sudah menentukan jurusan mana yang ingin kamu pilih, atau masih menimbang-nimbang? Nah! Di artikel kali ini, kita mau bahas Jurusan Hukum yang ada di Universitas Hasanuddin (Unhas) yang bisa menjadi satu referensi jurusan untuk kamu.

    Sebelum lebih jauh melihat keunggulan Fakultas Hukum di Unhas, kita kenalan dulu yukk dengan jurusan hukum itu sendiri.

    Mengenal Jurusan Hukum

    Jurusan Hukum memang menjadi salah satu jurusan primadona yang banyak dipilih oleh anak SMA yang ingin melanjutkan pendidikan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab bagi banyak orang, berkuliah di jurusan hukum adalah langkah awal menuju karir di sektor hukum yang sering kali diikuti dengan studi dan pelatihan lebih lanjut untuk menjadi seorang pengacara atau bahkan jaksa.

    Namun, ini tentu bukan satu-satunya alasan untuk belajar hukum di universitas. Jurusan hukum memang sangat menantang, dan bagi kebanyakan siswa, daya tariknya terletak pada kombinasi unik dari minat manusia dan stilisasi intelektual yang diberikan.

    Profil Fakultas Hukum Unhas

    Fakultas Hukum Unhas secara resmi didirikan pada tanggal 3 Maret 1952 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3399/Kab, tanggal 30 Januari 1952 dengan nama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Awalnya, Fakultas Hukum menjadi salah satu dari tiga fakultas yang menjadi cikal bakal lahirnya Unhas pada 9 September 1956, bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Kedokteran yang merupakan cabang dari Universitas Indonesia.

    Kenapa Kamu Harus Berkuliah di Fakultas Hukum Unhas?

    Terakreditasi A

    Akreditasi merupakan sebuah penentuan standar mutu dan nilai suatu lembaga pendidikan tinggi oleh pihak di luar lembaga yang independen. Penilaian ini dilaksanakan oleh BAN-PT sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu suatu institusi kampus sesuai dengan mutu yang telah ditetapkan.

    Fakultas Hukum Unhas mendapatkan akreditasi A melalui SK BAN-PT dengan nomor 2858/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017. Bahkan prodi Ilmu Hukum mendapatkan akreditasi ‘unggul’. Artinya, fakultas, atau prodi Ilmu Hukum khususnya memiliki prestasi yang sangat baik dan telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Indonesia.

    Mendapatkan Akreditasi Internasional

    Selain mendapatkan pengakuan kualitas lewat akreditasi dalam negeri, Fakultas Hukum Unhas juga berhasil mendapatkan akreditasi internasional. Akreditasi internasional untuk Fakultas Hukum di Indonesia hanya didapatkan oleh beberapa kampus saja. Hal ini menjadi sebuah prestasi dan pembuktian kualitas dari Fakultas Hukum Unhas.

    Memiliki Program Studi yang Beragam

    Fakultas Hukum Unhas membawahi 8 departemen atau prodi sebagai unsur pelaksana akademik yang bisa kamu pilih, yaitu:

    1. Ilmu Hukum
    2. Hukum Keperdataan
    3. Hukum Pidana
    4. Hukum Tata Negara
    5. Hukum Internasional
    6. Hukum Administrasi Negara
    7. Hukum Acara
    8. Hukum, Masyarakat dan Pembangunan

    Memiliki 40 Guru Besar

    Kualitas sebuah fakultas salah satunya dapat dilihat dari Guru Besar yang ada. Di Fakultas Hukum Unhas, terdapat 40 Guru Besar. Hal ini menjadikan fakultas Hukum Unhas sebagai Fakultas Hukum dengan Guru Besar terbanyak di Indonesia. Sementara secara keseluruhan dosen tercatat ada 109, dimana lebih dari 80% bergelar doktor.


    Baca juga: Informasi terbaru PMB FH UNHAS 2022/2023


    Berbagai Fasilitas yang Lengkap

    Fakultas Hukum Unhas memiliki berbagai macam fasilitas dan peralatan yang lengkap untuk mendukung aktivitas kamu selama berkuliah di sini.

    Mulai dari ruang untuk proses belajar mengajar dengan peralatan yang sangat menunjang seperti ruang kelas, seminar, ruang senat, ruang diskusi hingga ruang konsultasi. Kemudian ada ruang penelitian dan lab seperti ruang pusat kajian kejaksaan, hingga perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai macam bahan bacaan.

    Untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari aktivitas kuliah, terdapat juga ruang santai dan gazebo dengan suasana yang asri dan sejuk.

    Terdapat Pilihan UKM dan Organisasi Kemahasiswaan

    Untuk kamu yang cukup aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, gak perlu khawatir. Karena di Fakultas Hukum Unhas terdapat berbagai pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat kamu.

    Mulai dari UKM penelitian, debat, pers, olahraga, seni, hingga pecinta alam. Bahkan kamu bisa mengikuti organisasi mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa hukum Indonesia bernama ALSA, yang tentunya akan menambah relasi kamu sesama mahasiswa hukum.

    Prose Belajar yang Intens

    Proses belajar yang dilakukan di Fakultas Hukum Unhas didesain sedemikian rupa untuk mencetak lulusan-lulusan terbaik menggunakan kurikulum LSP. kurikulum ini dirancang untuk menyelaraskan program sarjana hukum untuk belajar selama 4 tahun atau total 144 jam kredit secara penuh waktu. LSP memberikan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan profesi hukum dari awal sampai akhir program.

    Di tahun pertama dan kedua, kamu akan lebih banyak mempelajari terkait dasar-dasar ilmu hukum, prinsip-prinsip nya dan beberapa keterampilan-keterampilan khusus. Setelah itu barulah kamu akan mulai belajar pada satu bidang untuk kamu bekerja dengan sumber daya hukum primer, hingga penelitian hukum untuk menetapkan kesimpulan hukum.

    Nah, pada tahap ini, kamu akan memiliki kesempatan lebih besar untuk fokus pada bidang hukum yang paling menarik minat kamu, seperti hukum pidana tingkat lanjut, hukum publik tingkat lanjut, hukum bisnis, dan hukum internasional.


    Baca juga: Biaya terbaru kursus PKPA IGP Education


    Terdapat Spesifikasi Kursus Tambahan

    Masih berhubungan dengan kurikulum LPS yang memandang jika spesifikasi mata kuliah merupakan bagian penting dari akuntabilitas staf akademik kepada mahasiswa. Untuk itu, setiap staf akademik memiliki tanggung jawab untuk menyediakan dan menginformasikan kepada mahasiswa mengenai spesifikasi program studinya masing-masing.

    Secara umum, spesifikasi mata kuliah diperbarui setiap tahun melalui rapat staf akademik untuk menyesuaikan mata kuliah dengan alasan perkembangan masalah hukum. Salah satu contoh Spesifikasi Mata Kuliah adalah Hukum Tata Usaha Negara.

    Jadi selain mendapatkan mata kuliah yang sudah tercantum, kamu juga akan dibekali dengan spesifikasi kursus tambahan yang akan sangat berguna sebagai bekal kamu menjadi seorang yang ahli dalam hukum.

    Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Fakultas Hukum Unhas, tentu kamu semakin tertarik kan untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di sini. Jadi yukk, tentukan pilihanmu untuk berkuliah di Fakultas Hukum Unhas

    [SEO]

    📞Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo